Komponen starter mobil atau yang biasa disebut dengan istilah dinamo starter mobil bekerja untuk menghidupkan mesin mobil dengan cara sederhana. Menariknya, sistem kerja komponen starter mobil ini berkembang semakin canggih mengikuti perkembangan teknologi mobil-mobil masa kini.

Hal umum yang perlu OtoFriends ketahui, saat menghidupkan mesin mobil, khususnya pada mobil manual OtoFriends dianjurkan untuk menginjak pedal kopling sebelum melakukan starter. Hal ini berfungsi untuk menjaga keselamatan agar OtoFriends sebagai pengendara tidak lupa untuk memasukkan gigi persneling ke kondisi normal.

Baca juga: 44 Komponen Mesin Mobil, Lengkap Fungsi dan Bagiannya

Tidak hanya itu, ada berbagai macam komponen starter mobil lainnya yang tentu memiliki fungsinya masing-masing. Lantas ada komponen starter mobil apa saja, seperti apa fungsi dari masing-masing komponen dan bagaimana cara kerja serta perawatannya? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Mengenal Sistem Starter Mobil, Cara Kerja, Jenis dan Pengoperasiannya

Secara sederhana, sistem starter mobil bekerja memanfaatkan komponen starter mobil untuk menyalakan mobil. Sistem tersebut sudah mulai bekerja pada saat OtoFriends memasukkan kunci ke saklar. Komponen tersebut akan menghasilkan energi listrik yang kemudian diteruskan ke komutator dengan cara membuat putaran kencang.

Listrik akan disalurkan ke armatur dan kemudian diubah menjadi energi mekanik dan masuk ke dalam kumparan sistem starter. Kumpuran tersebut kemudian akan menghasilkan medan magnet dan menggerakkan lilitan kabel. Ketika energi mekanik tersebut disalurkan ke gigi pinion, tuas penggerak akan mendorong gear untuk mengaktifkan tombol dinamo. 

Selanjutnya OtoFriends hanya perlu menunggu beberapa saat agar gear bisa terlepas dari posisinya, dan kemudian mobil akan menyala.

15 Komponen Starter Mobil dan Fungsinya

Dinamo starter mobil memiliki banyak komponen starter mobil dengan beragam fungsi dan peran, berikut 15 komponen starter mobil beserta fungsinya yang harus OtoFriends ketahui:

  • Magnetic Switch

Magnetic Switch berfungsi sebagai saklar untuk menghubungkan sistem starter dengan aki kendaraan. Magnetic switch juga berperan untuk menutup sambungan listrik. Magnetic switch ini biasa disebut juga dengan istilah solenoid.

  • Armature Coil

Armature coil memiliki peran penting untuk membangkitkan medan magnet. Komponen ini berupa kumparan yang berada di sekitar poros motorik. Terdapat liltan tembaga dengan diameter besar di sekitarnya.  

Baca juga: Mari Mengenal Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

  • Commutator

Commutator berperan untuk menghantarkan arus listrik dari brush ke armature. Komponen ini juga berperan mencegah terjadinya hubungan arus pendek dalam sistem komponen starter mobil.

  • Motor Housing

Motor housing berperan sebagai rumah komponen, berbentuk tabung berbahan logam dan berfungsi untuk melindungi berbagai komponen yang ada di dalamnya.

  • Driven Pinion

Terdapat dua macam drive pinion dalam komponen starter mobil, drive pinion gear dan drive pinion clutch. Fungsi keduanya juga berbeda. Drive pinion gear berfungsi untuk mengaitkan putaran dari motor listrik ke poros engkol melalui flywheel, sedangkan drive pinion clutch berperan sebagai pemutus dan penghubung putaran dari starter ke flywheel.

  • Plunger

Plunger berfungsi sebagai pengendali gerakan linear. Biasanya terletak di dalam motor listrik. Plunger ini terbuat dari logam  dan berbentuk seperti batang dan bergerak maju mundur.

  • Caps

Caps berperan untuk menutup dan melindungi bagian dalam motor dari kotoran dan debu. Risiko motor kemasukan bahan kimia juga bisa terjadi. Oleh sebab itu, caps didesain khusus dengan bahan logam atau sintesis dan berbentuk seperti pelindung.

  • Drive Lever

Drive lever merupakan komponen starter mobil yang kuat dari logam. Berfungsi untuk menghubungkan sistem penggerak ke bagian yang harus di aktifkan. Drive lever bekerja maju mundur. Berbentuk seperti batang dan bekerja dengan bantuan piston.

  • Overrunning Clutch

Overrunning clutch bekerja untuk memastikan bahwa roda terus berputar ketika mesin tidak berputar. Overrunning clutch terletak pada transmisi manual kendaraan bermotor. Bekerja dengan beberapa bagian seperti inner race, outer race, rollers, dan spring, membantu komponen starter mobil overrunning clutch ini bekerja dengan cepat untuk mengalirkan tenaga yang dibutuhkan.

  • Yoke

Yoke berperan untuk mengalirkan daya dari motor starter ke roda gigi mesin. Yoke biasanya terbuat dari baja atau besi dan terhubung langsung ke bagian roda gigi mesin. 

  • Pole

Pole merupakan bagian yang langsung terhubung ke baterai. Pole berfungsi sebagai tempat pemasangan kawat tempat penghantar arus listrik ke motor starter. 

  • Rotor & Gear

Rotor dan gear merupakan dua komponen starter mobil yang berfungsi untuk menggerakkan flywheel. 

  • Flywheel

Flywheel terletak di bagian belakang starter motor dan berperan untuk menyimpan energi kinetik pada mesin.

  • Penggerak Motor

Penggerak motor merupakan komponen starter mobil yang memiliki peranan penting untuk menggerakkan rotor.

  • Baterai

Baterai jadi sumber daya penyedia arus listrik untuk menggerakan komponen starter mobil dan mengoperasikannya.

Perawatan Komponen Starter Mobil

Terdiri atas banyak komponen, wajar jika ada berbagai sebab mengapa masalah mobil susah distarter bisa terjadi. Sebagai contoh, gear dan rotor merupakan komponen penting yang apabila mengalami kerusakan atau gangguan akan menyebabkan kinerja flywheel menjadi terhambat. 

Baca juga: Mobil Tidak Bisa Distarter? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Begitu pula dengan berbagai komponen lainnya. Penyebab lainnya juga bisa berasal dari kondisi alternator mobil yang rusak, bahan bakar yang tersumbat, busi mobil korosi, koil mobil rusak, dinamo dan aki bermasalah, atau ada beberapa komponen starter mobil yang aus. 

Mengantisipasi hal ini, OtoFriends bisa membawa mobil kesayangan OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix yang terdekat. Perbaikan dan pengecekan akan dilakukan dengan baik dan ditangani oleh tenaga profesional. 

Untuk memudahkan, OtoFriends bisa menggunakan aplikasi Otoklix yang bisa di download di apps store atau playstore. Berbagai informasi harga, lokasi bengkel, dan promo juga tersedia. Booking servis dan perawatan lebih mudah dengan Otoklix!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Komponen Starter Mobil

Komponen starter mobil atau dinamo starter terdiri atas banyak komponen yang saling bekerja untuk menyalakan mesin mobil. Komponen tersebut antara lain magnetic switch, armature coil, commutator, motor housing, driven pinion, plunger, caps, drive lever, yoke, pole, dan komponen lainnya.


Secara sederhana, sistem starter mobil bekerja memanfaatkan komponen starter mobil untuk menyalakan mobil. Sistem tersebut sudah mulai bekerja pada saat kunci dimasukkan ke saklar. Komponen tersebut akan menghasilkan energi listrik yang kemudian diteruskan ke komutator dengan cara membuat putaran kencang. Listrik akan disalurkan ke armatur dan kemudian diubah menjadi energi mekanik dan masuk ke dalam kumparan sistem starter.


Sebagai contoh, gear dan rotor merupakan komponen penting yang apabila mengalami kerusakan atau gangguan akan menyebabkan kinerja flywheel menjadi terhambat. Begitu pula dengan berbagai komponen lainnya. Penyebab lainnya juga bisa berasal dari kondisi alternator mobil yang rusak, bahan bakar yang tersumbat, busi mobil korosi, koil mobil rusak, dinamo dan aki bermasalah, atau ada beberapa komponen starter mobil yang aus.