oli shell

Harga Oli Shell Terbaik dan Cara Membedakan Asli dan Palsu

Memilih oli mobil pasti harus cermat. Pilihlah oli yang diproduksi oleh merek tepercaya dan gunakan oli yang cocok untuk kendaraan kamu.

Nah, kali ini Otoklix akan membahas macam-macam oli Shell. Shell telah memproduksi jenis-jenis oli dengan teknologi mutakhir dan juga berbagai variasi kekentalan, lho.

Yuk kita simak.

Harga Oli Shell

Harga oli Shell tentu saja dipengaruhi oleh viskositas oli. Harga oli Shell mobil pun bervariasi. Mari kita bandingkan beberapa harga oli Shell.

Merek OliHarga/1 literHarga/4 liter
Shell 10W-40Rp 50 ribu – 125 ribuRp 190 ribu – 480 ribu
Shell 5W-30Rp 65 ribu – 180 ribuRp 216 ribu – 650 ribu
Shell 15W-40Rp 55 ribu – 140 ribuRp 112 ribu – 550 ribu
Shell Helix 10W-40Rp 72 ribu – 125 ribuRp 250 ribu – 385 ribu
Shell Helix 5W-30Rp 78 ribu – 210 ribuRp 312 ribu – 650 ribu
Shell Helix 15W-40Rp 57 ribu – 100 ribuRp 240 ribu – 340 ribu

Jenis-jenis Oli Produksi Shell

Oli-oli yang diproduksi oleh Shell memiliki teknologi yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan jenis mobil. Perbedaan ini terletak pada teknologi yang digunakan dan juga kekentalan olinya. Ini dia jenis-jenis oli mobil Shell yang beredar di pasaran.

1. Shell Helix Ultra 0W-20, 5W-40

Oli seri Ultra keluaran Shell ini adalah oli full sintetis. Oli ini merupakan tipe premium oli mobil Shell untuk mobil bensin. Oli 0W-20 dirancang untuk mobil modern dengan performa tinggi karena menggunakan teknologi PurePlus Technology dan Active Cleansing yang bisa membersihkan ruang mesin dari sisa pembakaran yang berkerak dan juga melindungi mesin dari korosif dan gesekan. Mobil-mobil premium menggunakan oli jenis ini.

2. Shell Helix HX8 5W-30

Shell mengeluarkan Shell Helix dengan berbagai variasi kekentalan. Oli Shell Helix ini juga digunakan untuk mobil dengan teknologi mesin modern. Kelebihan Helix HX8 ini adalah mampu menjaga suhu mesin sehingga tidak mudah overheat.

3. Shell Helix HX7

Shell HX7 ini memiliki dua jenis, yaitu Shell Helix HX7 Plus 5w-40 dan HX7 10W-40. Oli full sintetis ini menggunakan teknologi Flexi Molecule yang berguna untuk melindungi mesin saat berkendara pada berbagai kondisi. Molekul ini cocok digunakan mesin mobil teknologi turbo karena bisa menghindari gejala mesin knocking.

Sama seperti Ultra, HX7 10W-40 juga memiliki teknologi Active Cleansing yang bisa membersihkan kerak di mesin. Oli dengan kekentalan 10W-40 ini cocok digunakan pada kendaraan yang sudah berusia lebih dari 5 tahun.

4. Harga oli Shell Helix HX6 10W-40

Sama seperti HX7 10W-40, HX6 10W-40 juga cocok digunakan pada mesin mobil lama dan memiliki teknologi Active Cleansing.

5. Shell Helix HX5 15W-40

Mobil-mobil lama direkomendasikan menggunakan oli jenis ini. Dengan kekentalan 15W-40, oli ini cocok mengalir di celah-celah mesin mobil tua yang lebih renggang. Pada jenis ini pula tetap ada teknologi Active Cleansing sehingga bisa lebih merawat mesin mobil tua milikmu.

6. Shell Helix HX3 20W-50

Seperti HX6 15W-40, oli ini juga cocok digunakan pada mobil tua karena memiliki kekentalan ganda. Oli jenis ini juga bisa digunakan untuk mobil diesel.

7. Shell Helix Eco 0W-20 dan 5W-30

Jika kamu pengguna mobil LCGC (low cost green car), maka oli yang direkomendasikan adalah Shell Helix Eco 0W-20 karena memang diformulasikan khusus untuk mobil LCGC. Formula oli full sintetis khusus ini bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sementara itu untuk kekentalan 5W-30 menggunakan bahan semi sintetis namun masih menggunakan teknologi lainnya untuk mobil LCGC.

Membedakan Oli Shell Mobil Asli dan Palsu

Tak dipungkiri, tidak hanya suku cadang yang memiliki barang KW, oli pun banyak yang memalsukan. Padahal, produk oli yang palsu bisa berdampak buruk terhadap mesin mobil.

Maka dari itu, PT Shell Indonesia menggunakan kemasan khusus pada setiap produknya. Setiap botol oli Shell dilengkapi segel pada tutup botolnya. Segel hologram itu memiliki barcode yang berbeda-beda dan tidak dapat digunakan lagi kalau tutup botol olinya sudah dibuka. 

Selain itu, terdapat pula QR Code pada bagian bawah depan botol oli Shell. Kamu tinggal scan saja menggunakan smartphone maka akan langsung mendapat informasi resmi dari pihak Shell bahwa produk tersebut baru pertama kali digunakan.

Setelah QR code di-scan, maka kamu akan diarahkan ke website resmi Shell khusus sistem Anti-Counterfeit (Anti Pemalsuan), kemudian kamu tinggal mengkonfirmasi dan mendapatkan info bahwa kode telah terverifikasi.

Selain memindai QR code, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui SMS ke 085574670055 dan mengirimkan 16 angka yang tertera. SMS ini gratis tanpa dipungut biaya.

Wah, jadi kamu perlu berhati-hati ya ketika membeli oli Shell. Meskipun kamu menyerahkan kepada mekanik di bengkel, tetapi sebaiknya kamu tetap mengecek keaslian oli yang digunakan.

Nah, agar lebih aman sebaiknya cari bengkel yang memang dikenal terjamin soal orisinalitas spare-part dan oli mereka. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Otoklix.

Otoklix adalah platform booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan bengkel-bengkel ternama Jabodetabek. Perbedaan antara kamu datang ke bengkel langsung dan mencari bengkel via Otoklix adalah jaminan oli orisinal. Sebab, bengkel-bengkel yang sudah bekerja sama dengan Otoklix sudah terstandardisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *