Banyak jenis oli shell beredar di pasaran dengan spesifikasi beragam. Oleh sebab itu, OtoFriends harus tahu jenis-jenis oli shell yang cocok untuk kendaraan kesayangan. Selain itu, cari tahu juga estimasi harga yang sesuai dengan budget. Simak jenis-jenis oli shell berikut ini!

Daftar harga oli shell terbaru

Jenis Oli ShellEstimasi harga
Shell Helix HX6 10W-40Rp42,5 ribu – Rp960 ribu
Shell Helix HX7 Plus 5W-40Rp42,5 ribu-Rp1,2 juta
Shell Helix HX7 10W-40 4LRp163 ribu-Rp673 ribu
Shell Helix HX5 15W-40Rp36,5 ribu0Rp678 ribu
Shell Helix HX8 5W-30 4LRp204 ribu-1 juta
Shell Helix ECO 0W-20Rp70,5 ribu-Rp781 ribu
Shell Helix HX7 Plus 5W-40 4LRp167 ribu-Rp972 ribu
Shell Helix HX8 5W-30Rp76 ribu-Rp1,4 juta
Shell Helix HX7 10W-40Rp43 ribu-Rp708 ribu
Shell Helix HX3 20W-50Rp34 ribu-Rp1,1 juta
Shell Rimula R4 X 15W-40Rp45 ribu-Rp889 ribu
Shell Helix Eco 5W-30Rp67 ribu-Rp1,1 juta
Shell Spirax S2 A 80W-90Rp48 ribu-Rp216 ribu
Shell Helix Ultra 5W 30 4LRp669 ribu
Shell Oli Helix Eco Fully SyntheticRp70 ribu

Baca juga: Harga Oli Shell Matic dan Oli Shell Lain untuk Mobil Matic

Jenis-jenis oli shell

1. Shell Helix Ultra 0W-20

Oli shell berjenis full sintetis ini bisa dibilang sebagai oli premium. Dibekali SAE 0W-20 dan teknologi PurePlus, oli Shell Helix Ultra 0W-20 dapat melindungi mesin kendaraan modern dengan performa tinggi. Dengan demikian, mobil-mobil premium pasti cocok bila menggunakan oli Shell Helix ini.

2. Shell Helix Ultra 5W-40

Oli Shell Helix Ultra 5W-40 menggunakan SAE 5W-40.  Teknologi yang digunakan oli jenis ini hampir sama dengan Shell Helix Ultra 0W-20, yakni terdapat PurePlus Technology dan Active Cleansing. Kedua teknologi tersebut diklaim bisa membersihkan ruang mesin dari kerak sisa hasil pembakaran yang kurang sempurna. Selain itu, mesin juga akan terlindungi dari gesekan dan korosif.

3. Shell Helix HX8 5W-30

Shell Helix HX85W-30 adalah oli Shell mobil bensin berjenis full sintesis. Dibekali SAE 5W-30, oli ini cocok digunakan untuk mobil yang memiliki teknologi mesin modern. Selain itu, oli Shell jenis Helix HX8 ini dapat menjaga suhu mesin agar tidak overheat kendati kendaraan dipakai terus-menerus.

4. Shell Helix HX7 Plus 5W-40

Oli Shell Helix HX7 Plus berjenis full sintetis dan cocok untuk mobil modern . Dilengkapi teknologi Flexi Molecule, oli ini dapat melindungi mesin agar dapat beradaptasi dengan berbagai jenis kondisi berkendara. Selain itu, molekul aktif oli ini bisa menghindari gejala mesin knocking. Oli ini diklaim cocok untuk mesin mobil dengan teknologi turbo.

5. Shell Helix HX7 10W-40

Oli Shell tipe Helix HX7 berspesifikasi 10W-40 cocok digunakan oleh mobil yang usianya lebih dari 5 tahun. Oli ini memiliki teknologi Active Cleansing yang dapat membersihkan kerak mesin imbas sisa proses pembakaran.

Baca juga: Oli Shell Helix: Pilihan Varian Seri, Spesifikasi, dan Harga

6. Shell Helix HX6 10W-40

Dilengkapi teknologi active cleansing, oli ini memiliki kekentalan 10W-40. Dengan spesifikasi tersebut, oli ini dapat membersihkan ruang mesin hingga sela-sela yang tidak terjangkau. Dengan demikian, mesin terasa seperti baru. Selain itu, teknologi tersebut juga dapat melindungi dinding bagian mesin agar selalu bersih dan terhindar dari gesekan ketika komponen mesin bekerja.

7. Shell Helix HX5 15W-40

Tipe oli Shell ini cocok digunakan oleh mobil tua. Dengan kekentalan 15W-40, oli tersebut masih memiliki kandungan teknologi Active Cleansing yang dapat membersihkan ruang mesin lebih sempurna dan mencegah terjadinya korosi.

8.  Shell Helix HX3 20W-50

Oli Shell Helix HX3 juga cocok untuk mobil tua. Dengan tingkat kekentalan ganda, oli ini dapat melindungi mesin-mesin yang berusia lanjut. Selain itu, pelumas ini juga cocok sebagai Shell oli mobil diesel.

9. Shell Helix Eco 0W-20

Oli Shell Shell Helix Eco ini diformulasikan khusus untuk mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC). Oli tersebut diklaim dapat menunjang kinerja mesin mobil LCGC sehingga bahan bakar lebih efisien. Selain itu, oli ini berjenis full sintetis.

10. Shell Helix Eco 5W-30

Tipe oli ini juga digunakan untuk kendaraan LCGC, namun oli ini berjenis semi sintetis dengan kekentalan 5W-30. Teknologi yang digunakan hampir sama dengan oli Shell Helix untuk mobil LCGC lainnya yang full sintetis.

Baca juga: Spesifikasi Oli Shell Helix HX7 untuk Mobil Bensin – Otoklix

Cara Membedakan Oli Shell Asli dan Palsu

Banyaknya jenis oli Shell di pasaran membuat kita harus senantiasa waspada. Sebab, bukan tidak mungkin oli Shell yang dijual adalah barang palsu. Untuk menjaga keaslian produk, PT Shell Indonesia kini memiliki teknologi Jam Jar.

Teknologi Jam Jar memiliki kode QR di lapisan kedua yang bisa dipindai dan terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System (sistem Shell untuk anti-pemalsuan). Kode tersebut ada di tutup kemasan dengan hologram anti rusak.

Untuk mengecek keaslian pelumas Shell, lakukan pemindaian. Selain itu, OtoFriends juga bisa mengunjungi ac.shell.com. Masukkan 16 angka yang tertera di lapisan kedua pada segel pengaman guna melakukan verifikasi produk.

Cara selanjutnya adalah melakukan pengecekan dengan mengirim SMS 16 angka yang tertera pada lapisan kedua ke nomor 085574670055 secara gratis.

Untuk pengguna smartphone, buka lapisan pertama terlebih dahulu, lalu pindai kode QR 2D menggunakan aplikasi scanner/ pemindai. Setelah itu, klik http://ac.shell.com hingga aplikasi terhubung dengan website sistem Anti-Counterfeit (Anti-Pemalsuan). Selanjutnya, pilih bahasa Indonesia hingga muncul kalimat ‘geser untuk mengkonfirmasi saya’. Tekan kata ‘lanjutkan’ dan terakhir kode telah terverifikasi.

Sebagai informasi, saat ini teknologi Jam Jar sudah diterapkan di sekitar 80 persen produk pelumas Shell Helix Ultra, Shell Helix HX8, Shell Helix HX7, dan Shell Helix HX5 di kemasan 4L dan 1L.

Itulah informasi mengenai harga terbaru oli Shell, jenis-jenis oli Shell, serta cara mengecek keaslian oli Shell. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut terkait oli mobil, OtoFriends bisa membaca artikel di blog Otoklix. Selain itu, OtoFriends juga bisa melakukan perawatan mobil di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Dapatkan kenyamanan bebas antrian dan jaminan pengembalian biaya apabila pelayanan tidak sesuai perjanjian di awal.

Pertanyaan seputar oli Shell

Harga oli Shell yang beredar di pasaran beragam, mulai dari Rp42 ribuan, tergantung tipenya. Untuk harga oli mobil Shell dalam kemasan empat liter atau per galon bisa didapatkan mulai dari Rp 169 ribu hingga Rp625 ribu.

Oli Shell Helix unggul terhadap korosi dan keausan pada mesin mobil. Teknologi yang ada pada oli ini bisa menetralisasi asam korosif di ruang mesin. Selain itu, oli ini juga dapat memberikan pembersihan mesin dari residu atau kerak sisa hasil pembakaran.

Ada tiga kelebihan utama oli Shell Helix. Di antaranya dapat menghemat bahan bakar, menjadikan tarikan mesin lebih halus, serta mesin lebih bersih.