Kabin mobil OtoFriends kotor dan bau apek? Itu tandanya perlu segera dibersihkan. Bila kamu tertarik membersihkan interior mobil sendiri di rumah, bisa memanfaatkan sejumlah pembersih interior mobil terbaik. OtoCrew sudah menyiapkan 5 rekomendasi pembersih interior mobil terbaik yang bisa kamu pilih. Simak selengkapnya di bawah ini:

Daftar Produk Pembersih Interior Mobil Terbaik

1. Waxco Tough Stain

Rekomendasi pembersih interior mobil pertama ada Waxco Tough Stain. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil, karpet, bahkan plafon. Nyaris seluruh material selain kulit seperti suede, fabric, hingga beludru bisa dibersihkan. Bahkan yang ditempeli noda-noda membandel sekalipun.

Produk pembersih ini hadir dalam bentuk busa, sehingga lebih mudah diaplikasikan. Caranya tinggal semprotkan pada permukaan yang ingin dibersihkan, diamkan kurang lebih 1-2 menit, lalu bersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi sedikit air.

Harga: Rp75 ribu – Rp80 ribuan

2. Sonax Xtreme Interior Cleaner

Produk pembersih interior mobil selanjutnya yaitu Sonax Xtreme Interior Cleaner. produk ini bisa digunakan pada dasbor, jog, dan plafon mobil berbahan kulit, sintetis, plastik hingga fabric. 

Sama dengan produk sebelumnya, Sonax Xtreme Interior Cleaner juga merupakan pembersih berbentuk busa. Untuk itu, cara pengaplikasiannya pun serupa yakni cukup semprotkan busa pada bagian yang kotor, diamkan 1-2 menit, lalu bersihkan dengan microfiber kering. Kelebihannya dari produk pembersih lainnya adalah produk Sonax ini bisa sekalian menghilangkan bau apek yang menempel di dalam mobil. Namun, harganya juga cukup mahal.

Harga: Rp190 ribu- Rp200 ribuan

3. STP Tuff Stuff

Rekomendasi berikutnya ada STP Tuff Stuff. Produk pembersih ini berbentuk cairan yang tinggal disemprotkan ke permukaan yang ingin dibersihkan. Kelebihannya produk ini bisa digunakan untuk membersihkan berbagai jenis furnitur mobil dari segala macam material mulai dari fabric, sintetis, hingga kulit. Menariknya lagi, STP Tuff Stuff ini diklaim aman bila terkena kulit tangan. Harganya pun cukup ramah di kantong.

Harga: Rp70 ribu- Rp80 ribuan

4. Meguiar’s Quik Interior Detailer Cleaner

Lebih lanjut ada Meguiar’s Quik Interior Detailer Cleaner. Merek satu ini sudah cukup populer dan menjadi salah satu pembersih interior andalan di kalangan pecinta otomotif bahkan di salon mobil. Selain ampuh membersihkan, cairan pembersih ini juga bisa menjaga tampilan interior mobil seperti baru dan tidak meninggalkan bau menyengat ketika digunakan.

Produk ini lebih ditujukan kepada interior mobil yang berbahan plastic, vinyl, kulit, karet, sintetis, dan besi. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, tinggal disemprotkan pada bagian yang ingin dibersihkan, gosok atau sikat halus dengan kain microfiber. 

Harga: Rp180 ribuan

5. Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

Terakhir, ada Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant. Produk pembersih ini bisa digunakan nyaris di seluruh interior mobil dari berbagai macam material seperti vinyl, plastik, kulit, dan fabric. 

Selain ampuh membersihkan permukaan interior yang kotor, produk ini diklaim juga bisa membunuh kuman serta melindungi material interior dari sinar ultraviolet. Dengan begitu, interior yang berbahan kulit misalnya tidak mudah pecah. Bisa juga dipakai pada permukaan LCD screen di head unit mobil. Bahkan, bisa juga dipakai untuk membersihkan furniture rumah dan lain sebagainya.

Harga: Rp200 ribuan

Baca Juga: Wajib Coba! Ini 15 Daftar Interior Cleaner Mobil Terbaik di 2022

Cara Cermat Membersihkan Interior Mobil

Usai menentukan cairan pembersih interior mobil terbaik mana yang mau kamu pakai, berikut cara cermat membersihkan interior mobil agar bersih maksimal:

1. Cara Membersihkan Setir dan Dasbor Mobil

Membersihkan interior mobil bisa dimulai dari bagian setir dan dasbor mobil. Simak cara membersihkannya:

  • Bersihkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan setir dan dasbor mobil menggunakan sikat kering seperti sikat gigi atau kuas,
  • Bila perlu bersihkan juga menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner mini yang banyak tersedia di e-commerce,
  • Untuk membersihkan kuman dan noda atau kerak membandel yang menempel di sana, gunakan kain mikrofiber,
  • Basahi kain microfiber ke dalam campuran dua gelas air dan beberapa tetes sabun cuci piring. (Sabunnya tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja, dan sebisa mungkin jangan sampai berbusa),
  • Sebelum mulai membersihkan, pastikan tangan kamu sudah bersih (menggunakan hand sanitizer),
  • Semprotkan cairan pembersih
  • Gosok perlahan seluruh bagian setir dan dasbor mobil menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi tadi,
  • Lalu, keringkan dengan kain microfiber kering lainnya.

2. Cara Membersihkan Konsol Box Mobil

Selanjutnya, kami bisa membersihkan bagian konsol box mobil. Cara membersihkan bagian ini hampir serupa dengan setir dan dasbor mobil. Namun, perlu ketelitian lebih sebab banyak celah kecil yang agak sulit dijangkau oleh tangan.

Untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan set pembersih interior mobil yang banyak dijual di e-commerce dengan kata kunci set Brush Detailing. Set tersebut biasanya terdiri dari 5 ukuran kuas yang berbeda-beda. 

Bila tak mau repot membeli kuas baru dulu, kamu bisa akali dengan sejenis stik bekas es krim atau sumpit, lalu balut ujungnya dengan tisu basah dan jadikan alat tersebut sebagai pengganti kuas untuk menjangkau celah-celah sempit di konsol box mobil yang kotor. 

Baca juga: Cara Membersihkan Interior Mobil, Perhatikan 4 Bagian Ini!

3. Cara Membersihkan Jok Mobil

Area berikutnya adalah jok mobil. Untuk membersihkannya, ada dua metode berbeda disesuaikan dengan jenis bahan jok mobilnya kulit dan kain. Berikut cara membersihkan jok mobil berdasarkan jenis bahannya:

  • Cara membersihkan jok mobil dari bahan kain:
  • Pertama, bersihkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner.
  • Selanjutnya, bila ada noda yang menempel, bersihkan dengan cairan berisi campuran 1 cangkir air, ½ cangkir cuka, dan 1/2 sendok makan sabun cuci piring.
  • Atau bila tidak ingin ribet, gunakan salah satu cairan pembersih interior mobil terbaik di atas yang bisa dipakai di jok mobil berbahan kain
  • Semprotkan pada noda dan gosok-gosok dengan kain microfiber sudah dibasahi sampai noda itu menghilang. 
  • Cara membersihkan jok mobil dari bahan kulit:
  • Bersihkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner
  • Lalu, bersihkan dengan larutan 2 gelas air dan 5 tetes sabun cuci piring.
  • Semprotkan jok mobil dengan cairan tersebut dan lap sampai benar-benar kering. 
  • Atau semprotkan cairan pembersih interior mobil yang bisa dipakai di jok mobil berbahan kulit
  • Lap sampai kering

4. Cara Membersihkan Jendela Mobil

Jendela mobil mungkin menjadi bagian yang cukup sulit dibersihkan. Sebab, bagian ini terdiri dari dua sisi yakni luar dan dalam, kotorannya lebih sulit dibersihkan, serta rawan tergoret bila tidak hati-hari.

Namun, jangan khawatir, berikut cara mudah membersihkan jendela mobil:

  • Basahi jendela mobil dengan cairan yang mengandung 50 persen cuka dan 50 persen air
  • Gunakan kain microfiber untuk mengelapnya
  • Atau gunakan cairan pembersih interior yang bisa dipakai di permukaan jendela
  • Gosok perlahan dengan kain microfiber yang bersih
  • Upayakan proses mengelap teratur mulai dari pola vertikal lalu dilanjutkan dengan pola horizontal

5. Cara Membersihkan Karpet Mobil

Area ini mungkin yang paling sulit dibersihkan. Sumber kotor dan bau di mobil OtoFriends, bukan? Berikut cara membersihkan sekaligus menghilangkan baunya:

  • Lepaskan dan keluarkan karpet dari mobil
  • Kibas-kibaskan karpet hingga debu dan kotoran yang menempel luruh semua
  • Bersihkan lagi dengan vacuum cleaner
  • Basahi karpet mobil dengan air
  • Taburkan karpet mobil dengan campuran sabun dan soda kue
  • Lalu diamkan setidaknya 1/2 jam
  • Sikat-sikat sampai noda yang menempel hilang
  • Bersihkan busa dengan air 
  • Jemur karpet mobil sampai kering

Jika kamu kesulitan memilih pembersih interior mobil terbaik atau tidak ada waktu untuk membersihkan interior mobil sendiri, kamu bisa percayakan pada ahlinya di bengkel terdekat atau salon mobil saja. Montir ahli pasti bisa mengatasi masalah interior mobil yang kotor dan bau apek.


Kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix untuk mencari bengkel terbaik yang dekat dengan lokasimu. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Baca juga: Mengenal Salon Interior Mobil: Jenis dan Biaya Perawatannya