Mobil  Low Cost Green Car (LCGC) saat ini menjadi salah satu incaran masyarakat. Pasalnya, mobil ramah lingkungan ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu jenis mobil LCGC yang harganya murah adalah Daihatsu Ayla.

Harga Daihatsu Ayla baik baru dan bekas saat ini tidak terlalu mahal. Harga mobil Ayla baru 2022 berada di kisaran Rp100 juta untuk varian terendah dan Rp160 jutaan untuk tipe tertinggi. Sedangkan harga bekasnya jauh lebih murah yakni hanya Rp60 jutaan.

Daihatsu Ayla masuk kategori mobil LCGC terbaik dengan fitur dan spesifikasi andal. Lantas, berapa harga mobil Ayla baru 2022? Apa saja tipenya dan bagaimana spesifikasinya?

Harga Mobil Ayla Baru 2022

Dilansir dari situs resmi Daihatsu, harga mobil Ayla baru dibanderol mulai dari Rp100 jutaan. Sedangkan untuk tipe 1.2 X AT harganya mencapai Rp151 juta. Berikut daftar lengkapnya:

Tipe Daihatsu AylaHarga
New Ayla 1.0 D MTRp106,7 juta
New Ayla 1.0 D+ MTRp118,9 juta
New Ayla 1.0 X DLX MTRp137 juta
New Ayla 1.0 X MTRp129 juta
New Ayla 1.0 X ATRp138,7 juta
New Ayla 1.2 X MTRp141 juta
New Ayla 1.0 X DLX ATRp146 juta
New Ayla 1.2 X ATRp151 juta
New Ayla 1.2 R MTRp147,9 juta
New Ayla 1.2 R ATRp160,4 juta.
New Ayla 1.2 R DLX ATRp 164,4 juta

Spesifikasi Mobil Ayla Baru

Meskipun masuk kategori mobil low cost, tetapi Ayla dibekali spesifikasi yang fiturnya berlimpah dan performanya kencang dikelasnya.

1. Eksterior Daihatsu Ayla 2022

Mobil Daihatsu New Ayla yang diluncurkan pada 2020 ini memiliki desain lebih sporty dibandingkan Daihatsu Ayla generasi sebelumnya. Selain itu, ruang bagasi New Ayla juga berkapasitas besar, muat untuk menyimpan bermacam barang bawaan. 

Bicara eksterior, Daihatsu Ayla dibedakan dengan varian masing-masing mulai yang terendah hingga tertinggi. Untuk New Ayla tipe 1.0 D MT dilengkapi body colour bumper, material colour outer door handle, kemudian, seri X MT dan X AT dilengkapi body body colour outer handle, Fog Lamp, electric Body Colour Outer Mirror + Side Turn Lamp.

Sedangkan varian tertinggi yakni X Deluxe MT dan AT dibekali mesin 1.000 cc hadir dengan penambahan aero kit baik di bagian depan maupun belakang. Untuk Ayla varian 1.2L X MT maupun AT juga mengusung desain lampu proyektor lebih agresif dengan pengaturan spion sudah elektrik.

2. Interior Daihatsu Ayla 2022

Dari segi interior, Daihatsu Ayla juga memiliki bagian dalam mobil elegan didominasi kombinasi warna hitam dan abu-abu. Selain itu, interior Ayla juga dilengkapi berbagai fitur canggih mulai dari hiburan, tempat penyimpanan luas, dan jok nyaman.

Namun, ada beberapa detail yang berbeda-beda tiap varian. Untuk varian terendahnya, sudah terdapat sun visor dan seat-nya berbahan fabric. Sedangkan varian tertingginya di kelas 1.200 cc, sun visor serta fitur pengatur suhu digital.

Semua varian mobil Ayla dilengkapi dengan beberapa ruang penyimpanan. Selain itu, mobil Ayla juga memiliki glove box dan botol holder di pintunya lengkap dengan rear seat cup holder dan door trim pocket.

Mobil Ayla tipe varian X dilengkapi dengan head unit yang terintegrasi dengan radio, MP3/CD/WMA, AUX Port, dan USB yang bisa menemani dalam berkendara. Apalagi ditunjang dengan jok yang tebal dan nyaman dibandingkan generasi sebelumnya.

3. Mesin Daihatsu Ayla 2022

Ayla menghadirkan dua varian mesin yakni 1.000 cc (1.0L) dan 1.200 cc (1.2L). Sebagai kendaraan LCGC, kedua mesin mobil Ayla termasuk kategori irit bahan bakar. Daihatsu Ayla 1.2L bisa mencatatkan konsumsi BBM sekitar 14,7 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan 20,7 km/liter untuk perjalanan jauh.

Secara spesifikasi, mesin edisi 1.000 cc berkode 1KR-DE sanggup menghasilkan tenaga maksimal 64 hp pada putaran mesin 6000 RPM. Sedangkan mesin 1.200 cc berkode 3NR-VE DOHC Dual VVT-i bertenaga maksimal 87 hp di putaran 6.000 RPM.

4. Fitur keselamatan Daihatsu Ayla 2022

Dari segi keamanan dan keselamatan, Daihatsu Ayla semua varian dibenamkan sabuk pengaman di tiap titik dan peredam tabrak di bagian samping. Namun, untuk varian X 1.0, tersedia headrest di baris kedua. 

Fitur keselamatan yang lebih banyak berada di varian X 1.2 yakni terdapat dual-SRS Airbag, front pretensioner seat belt, front & rear stabilizer, dan immobilizer serta alarm. Sedangkan varian Daihatsu Ayla R dan Daihatsu Ayla R Deluxe, terdapat tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan rear parking camera.

Demikian ulasan lengkap tentang mobil Daihatsu Ayla 2022 berbagai varian dan harganya. Perlu diingat, perawatan menjadi hal terpenting jika kamu membeli mobil. Karena performa dan keawetan penggunaan mobil bergantung pada perawatan.

Saat ini, merawat mobil di bengkel juga mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi Otoklix. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menemukan 2.000+ bengkel rekomendasi se-Jabodetabek dan bisa mendapatkan segala jenis perawatan mobil di bengkel terdekat, mulai dari ganti oli, ganti aki, tune up, perawatan ban, AC mobil, sampai dengan cuci mobil.