Tata Intra resmi hadir di pasar otomotif Indonesia. Mobil pick up bermesin diesel buatan Tata Motor ini menawarkan berbagai keunggulan dan cocok digunakan untuk kegiatan usaha. Kabarnya, harganya juga sangat terjangkau. Seperti apa desain dan spesifikasinya? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Daftar Mobil Pick Up Baru dan Bekas, Ada yang Rp30 Jutaan

Desain Eksterior Mobil Tata Intra V20

Menjadi pesaing mobil Suzuki Carry, Tata Intra didesain tak kalah mewah. Memiliki ukuran bak dengan panjang 2.510 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 400 mm, dibanding dengan mobil Suzuki Carry atau pesaing mobil pick up diesel lainnya, mobil Tata Intra V20 menawarkan ukuran bak paling besar. 

Banner

Sudah tentu mobil Tata Intra V20 ini mampu memuat barang lebih banyak.  Dari samping Tata Intra terlihat begitu kekar dan agresif. Bagian depannya terdapat aksen krom serta grill atraktif berwarna silver. Ada lekukan di atas roda yang membuat Tata Intra juga terlihat macho. Tak heran jika mobil ini langsung mendapat hati di kalangan masyarakat.

Desain Interior Mobil Tata Intra V20

Tidak kalah mewah dengan tampilan luarnya, interior Mobil Tata Intra memiliki berbagai fitur yang terbilang cukup lengkap untuk kelas mobil niaga. Ada dua console box pada bagian penumpang, head unit single din, dua kotak penyimpanan kecil dan tombol pengaturan AC. 

Tata Intra juga dilengkapi dengan power steering, panel instrument cluster, dan tombol pengaturan lampu yang dapat digunakan untuk menyesuaikan penerangan kendaraan jika sedang berkendara di malam hari.

Spesifikasi Mobil Tata Intra V20

Sebagai mobil penunjang kegiatan logistik, mobil Tata Intra dibekali mesin diesel turbo intercooler 4-silinder standar emisi Euro IV 1396 cc. Bertenaga maksimum 70 Ps pada rentang 4000 rpm dengan torsi maksimal 140 Nm pada rentang 1800, OtoFriends dapat menggunakan mobil Tata Intra ini melewati berbagai medan jalan dan melibas tanjakan terjal. 

Tidak hanya itu, mobil Tata Intra juga diklaim hemat bahan bakar dan mampu melaju hingga 110 km/jam. Performa mesin yang dihasilkan memiliki kemampuan terbaik di kelasnya, yaitu sebesar 37% dengan konsumsi BBM jenis solar di angka 14 km/liter. 

Perbandingan Mobil Tata Intra V20 dan Suzuki Carry

Dibandingkan dengan Suzuki Carry, mobil Tata Intra jelas menawarkan berbagai keunggulan, baik dari segi mesin dan juga fitur mobil lainnya. Tampilannya yang lebih gagah dan tegas, performanya yang kencang, serta interior yang nyaman dan modern menjadi nilai lebih. 

Baca juga: Harga Mobil Carry Baru dan Bekas serta Spesifikasi New Carry

Penting untuk OtoFriends mempertimbangkan Tata Intra V20 sebagai mobil usaha OtoFriends. Terlebih mobil Tata Intra didukung power steering dan memiliki sistem pengereman yang didukung rem cakram pada roda depan. 

Tuas transmisi manualnya juga berada di dashboard, sebagaimana mobil Daihatsu GranMax. Posisi interior yang tepat ini membuat mobil Tata Intra mampu memuat 3 orang di bagian kabin. Cocok digunakan sebagai mobil komersial penunjang kegiatan usaha atau logistik OtoFriends.

Kekurangan Mobil Tata Intra V20

Meski masih unggul ketimbang mobil Suzuki Carry atau mobil pick up diesel lainnya. Mobil Tata Intra juga memiliki beberapa kekurangan yang patut jadi pertimbangan OtoFriends sebelum melakukan pembelian, yaitu:

  1. Outlet Resmi Terbatas

PT Tata Motors Distribusi Indonesia masih sangat sedikit. OtoFriends akan kesulitan jika ingin melakukan servis, ganti oli, atau pengecekkan berkala. 

Baca juga: Oli yang Bagus untuk Mobil Pick Up dan Cara Merawatnya

Terlebih jika ingin melakukan order sparepart. Melakukan pembelian secara online dan sabar mencari sparepart yang dibutuhkan adalah satu-satunya jalan mengatasi berbagai macam kondisi darurat seperti kerusakan atau ganti sparepart.

  1. Bukaan Bak Hanya Bisa Dilakukan dari Belakang

Mobil Tata Intra belum menganut model 3-way yaitu membuka bak dari tiga sisi. Sehingga OtoFriends hanya bisa menurunkan barang dari satu arah saja yaitu membuka bak bagian belakang.

Harga Mobil Tata Intra V20

Mobil Tata Intra ini memiliki beberapa varian dan dibanderol dengan harga yang berbeda. Berikut daftar harga Tata Intra di Indonesia:

  1. Tata Intra Non-AC Rp159 juta (OTR Jakarta)
  2. Tata Intra AC Rp169 juta (OTR Jakarta
  3. Tata Alumunium Box-Non AC Rp213,4 juta (OTR Jakarta)

Pada dasarnya, membeli mobil haruslah berdasarkan kebutuhan dan kegunaan. Meski memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni, jika tidak digunakan sebagaimana mestinya, mobil yang dimiliki tidak akan terlihat cocok untuk digunakan.

Jadi sebelum membeli mobil Tata Intra V20, pastikan OtoFriends melakukan pengecekkan dan menyesuaikan terhadap mobilitas usaha atau kegiatan logistik OtoFriends. Karena meski dibanderol dengan harga murah di segmennya, tentu OtoFriends tidak ingin menyesal di kemudian hari karena salah dalam membeli kendaraan. 

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan servis rutin kendaraan. Servis rutin melalui aplikasi Otoklix bisa lebih mudah dan hemat hingga 50 persen dari harga servis di bengkel resmi.

Pertanyaan Seputar Tata Intra

Hadir dengan 3 varian, mobil Tata Intra V20 Non AC dibanderol Rp159 juta, Mobil Tata Intra V20 AC Rp169 juta, dan mobil Tata Alumunium Box-Non AC Rp213,4 juta.

Tata Motors berasal dari Mumbai India. Didirikan pada tahun 1868, kini Tata Motors semakin berkembang pesat.

Tata Motor di pimpin oleh beberapa orang, Pallonji Mistry sebagai pemilik dan Li Shu Fu sebagai pemimpin perusahaan.