Bagi OtoFriends yang ingin membeli mobil Pick Up untuk menunjang usaha dengan budget terbatas, tidak perlu khawatir. Dengan budget minim, kamu bisa membeli mobil pick up harga 30 jutaan saja. Kira-kira mendapatkan mobil merk dan tipe apa? 

Jika kita pikir kembali, sebenarnya 30 juta termasuk kecil untuk budget membeli mobil. Tetapi tenang karena mobil pick up memang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan mobil penumpang. Kamu harus lebih jeli dan teliti karena mobil yang didapatkan usianya sudah tidak lagi muda

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Artikel ini bakal membahas tentang mobil pick up bekas harga Rp30 jutaan sampai Rp50 jutaan. Akan tetapi, ada juga mobil pick up terbaik lain yang kondisinya masih baru. Mari simak semuanya!

Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

Sebelum membeli, alangkah baiknya OtoFriends membaca beberapa tips membeli mobil Pick Up bekas berikut ini. Dengan membeli mobil bekas berarti kamu harus siap menanggung resiko jika muncul kerusakan di kemudian hari.

Berikut tips membeli mobil pick up bekas terbaik:

  1. Inspeksi fisik mobil secara menyeluruh terutama pada bagian eksterior mobil. Pastikan tidak ada kerusakan parah yang membutuhkan biaya perbaikan tinggi.
  2. Cek kondisi bak mobil pick up. Karena kedepannya bak inilah yang akan sering digunakan untuk keperluan mengangkut berbagai barang.
  3. Cek rangka mobil apakah masih normal dan lurus atau tidak. Rangka inilah yang akan berguna untuk menopang beban yang dibawa oleh pick up saat digunakan.
  4. Periksa suspensi mobil, karena bagian ini yang paling rawan rusak. Hindari membeli mobil pick up murah dengan suspensi bocor atau jebol karena kelebihan muatan. 
  5. Jika memungkinkan silahkan ajak mekanik yang sudah berpengalaman untuk mengetahui kondisi mesin mobil.
  6. Lakukan tes jalan untuk mengetahui kondisi mobil dan rasakan kira-kira apakah ada masalah atau tidak.
  7. Periksa riwayat perawatan mobil dan cek apakah ada bekas kecelakaan atau tidak. 
  8. Jangan tergiur dengan harga murah, cek semua kelengkapan surat-suratnya.
  9. Jangan tergesa-gesa untuk membeli, bandingkan dengan mobil pick up lain terlebih dahulu.
  10. Silahkan nego harga siapa tahu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga penawaran.

Memang lebih disarankan untuk membeli mobil pick up baru, tetapi jika tidak cukup dananya mobil pick up bekas masih bisa diandalkan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan membeli mobil pick up bekas.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Pick Up Bekas

Sebagai catatan, saat membeli mobil pick up bekas disarankan untuk menyisihkan sebagian dana untuk perbaikan mobil.  Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam membeli mobil pick up bekas.

Kelebihan Membeli Mobil Pick Up Bekas

  • Harga lebih murah

Kelebihan utama dari membeli mobil pick up bekas adalah harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Mobil yang sudah digunakan saat dijual kembali harganya akan turun, walaupun kondisinya masih bagus sekalipun.

  • Banyak pilihan merk

Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan merk mobil dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

  • Proses lebih cepat

Proses membeli mobil bekas administrasinya lebih cepat dibandingkan mobil baru. Mobil pick up bekas cocok untuk kamu yang mencari mobil untuk kebutuhan yang mendesak.  

  • Bisa langsung digunakan

Karena surat-surat dan plat nomor sudah ada, saat setelah selesai transaksi mobil bisa langsung digunakan.

  • Minim kerugian saat dijual kembali

Saat mobil dijual, harga jual tidak akan jauh turun dari harga awal membeli mobkas. Berbeda dengan mobil baru, tingkat depresiasi harga mobil sangat tinggi apalagi mobil yang tidak terlalu laku.

Kekurangan Membeli Mobil Pick Up Bekas

  • Potensi kerusakan mobil

Seperti yang sudah kami singgung diawal, membeli mobil bekas berarti harus siap dengan resiko kerusakan mobil. Untuk itu selalu siapkan dana cadangan untuk perbaikan mobil. 

  • Kondisi mobil tidak prima

Dengan harga mobil pick up yang lebih murah tentunya kamu tidak bisa mendapatkan mobil dengan kondisi prima. Cek secara teliti agar tidak mendapatkan mobil yang memiliki banyak masalah.

  • Tidak ada garansi

Membeli mobil pick up bekas tidak akan mendapatkan garansi, untuk itu kamu bisa ajak mekanik yang sudah berpengalaman untuk cek menyeluruh kondisi mobil.

Baca juga: Ban yang Cocok untuk Mobil Pick Up, Intip Daftar dan Harganya

Harga Mobil Pick Up Bekas

Tidak seperti mobil penumpang, mobil komersial biasanya tidak mengalami banyak perubahan model atau fitur. Jadi, meskipun mobil keluaran tua, bentuknya tidak terlalu jauh dengan model terbarunya. Bagi perintis bisnis, bisa menginvestasikan operasionalnya di mobil murah ini. 

1. Daihatsu Zebra 2007 – Rp27 Jutaan

Mobil ini melakoni debutnya di Indonesia pada tahun 1987. Namun, harus disuntik mati pada tahun 2007 lantaran penjualannya tidak membaik. Sebelum resmi dihentikan penjualannya, Daihatsu menghadirkan generasi terakhir dari pick up Zebra ini di tahun yang sama.

Bicara spesifikasi, Daihatsu Zebra generasi terbaru dibekali mesin yang bandel, bodi yang bongsor, dan hemat bahan bakar. Kenapa bisa hemat bahan bakar? Sebab mobil ini sudah menggunakan sistem bahan injeksi sejak tahun 2003. Mobil ini juga sudah punya head unit 1DIN. Harga bekasnya bisa didapat hanya dengan Rp27 jutaan saja.

2. Kijang Pick Up 1990 – 30 Jutaan

Walaupun tahunnya termasuk tua, Toyota Kijang Pick Up keluaran tahun 1990 ini bisa jadi pilihan yang bagus. Dengan nama besar Toyota, mobil yang diproduksi terkenal bandel dan awet. Apalagi untuk sparepartnya mudah ditemukan dan banyak bengkel yang bisa mengerjakan. Secara tampilan, Kijang Pick up ini memiliki desain body yang mengotak khas mobil lama. Harga bekasnya bisa didapatkan mulai dari Rp30 Jutaan.

3. Mitsubishi Colt T120SS 2003 – 30 Jutaan

Colt T120SS merupakan pick up murah dari Mitsubishi. Mobil ini memiliki harga dibawah Mitsubishi L300. spesifikasinya pun juga lebih rendah, mesin berkapasitas 1.5L dengan tenaga 85 PS dengan torsi maksimum 121 Nm. Harga bekasnya bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp30 Jutaan.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Colt Diesel dan Harganya

4. Mitsubishi L300 Pick Up 2001 – Rp39 Jutaan

Sejak diproduksi tahun 1981, Mitsubishi L300 mengalami pergantian sumber tenaga, mulai dari mesin bensin sampai diesel. Pada tahun 2001, mobil ini sudah menggunakan mesin diesel 2.500 cc. Desainnya yang klasik sangat melekat di masyarakat. Mobil bekasnya bisa didapat dengan harga Rp39 jutaan saja.

5. Suzuki Carry Futura 2001 – Rp39 Jutaan

Siapa yang tidak kenal dengan mobil pick up Suzuki Carry? Mobil ini adalah mobil komersial legendaris yang sudah diproduksi sejak 1976. Untuk model tahun 2001 masih bisa didapat dengan harga Rp39 juta – Rp50 juta.

Mobil ini menggunakan model bak flat deck yang mana mampu membuat bongkar muat barang menjadi lebih mudah. Mobil ini dibekali mesin dengan kapasitas 1.493 cc dengan konsumsi bahan bakar irit.

Baca juga: Oli yang Bagus untuk Mobil Pick Up dan Cara Merawatnya

6. Suzuki Mega Carry 2011 – Rp35 Jutaan

Suzuki Mega Carry tergolong mobil berusia muda yakni tahun produksi 2011. Hanya saja, harganya cukup terjangkau hanya Rp35 jutaan. Biasanya, mobil-mobil di tahun pembuatan yang sama memiliki harga yang masih cukup tinggi, sekitar Rp70 jutaan. 

Soal dimensi, mobil ini punya kapasitas bak yang cukup besar dan bisa menampung beban maksimum 1,5 ton. Desain mobil ini agak berbeda karena memiliki moncong di bagian depan.

Hanya saja, kondisinya mungkin sudah penyok karena pemakaian. Daihatsu Grand Max Standard ini menggunakan model pick up 3-way, yaitu setiap sisi bak bisa dibuka sehingga memudahkan bongkar muat.

7. Isuzu Panther Pick Up 2002 – Rp35 jutaan

Mobil ini memang memiliki harga yang masih cukup tinggi untuk harga bekasnya, yaitu Rp35 jutaan. Sebab, mobil ini masih tergolong muda, yaitu keluaran tahun 2008. Dibekali mesin yang cukup besar, yakni 2.499 cc. Mobil ini memiliki kekuatan yang tangguh. 

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi mobil pick up bekas harga 30 jutaan. Kira-kira OtoFriends tertarik dengan yang mana?. Harga diatas tidak bisa jadi patokan pasti karena kondisi, ketersediaan dan kelengkapan mobil tentu berbeda. Meskipun pick up dipakai sebagai kendaraan niaga, mobil pick up tidak boleh lupa untuk servis rutin dan ganti oli secara berkala.

Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik yang berada di sekitarmu. Yuk download dan install sekarang dan nikmati semua fiturnya!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.