Kemenangan tim nasional (timnas) Arab Saudi atas Argentina dalam babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, mendapat sambutan baik dari Raja Salman bin Abdulaziz. Tak tanggung-tanggung, ia merayakan kemenangan itu dengan libur nasional. 

Selain itu, kabarnya Putra Mahkota, Mohammed bin Salman (MBS) juga memberikan hadiah kepada pemain Arab Saudi berupa Rolls-Royce tipe Phantom. Namun pemain Arab Saudi bantah dapat Rolls-Royce dari MBS.

Hal ini disampaikan oleh Saleh Al-Shehri. Dalam konferensi persnya, Saleh memastikan tidak ada hadiah mobil mewah yang diharapkan. Artinya, para pemain Arab Saudi gagal mendapatkan salah satu mobil termahal di dunia itu.

Selain itu, pelatih Arab Saudi Herve Renard juga membantah timnas mendapatkan mobil Rolls-Royce setelah menang melawan Argentina di Piala Dunia 2022. Menurutnya, federasi olahraga sangat serius dalam bertanding di ajang empat tahunan tanpa mengharapkan sesuatu.  

Rolls-Royce Phantom merupakan mobil flagship asal Inggris dengan harga Rp20 miliaran. Meskipun tampilannya elegan, mobil ini dibekali mesin berperforma tinggi layaknya sport car. 

Penasaran sama spesifikasi lengkap Rolls-Royce Phantom? Berikut ulasan lengkapnya. 

Baca Juga: Keren! Mobil Mewah Ini Pernah Menjajal Jalanan Indonesia

Spesifikasi Rolls-Royce Phantom

1. Dimensi Rolls-Royce Phantom

Rolls Royce Phantom 2022 merupakan sedan 5 tempat duduk dengan berat 2560 kg. Dimensi dari sedan mewah ini tergolong besar dengan panjang 6.092 mm, lebar 1.990 mm, dan tinggi 1.638 mm.

Mobil jenis sedan dengan dimensi tersebut terbilang cukup besar. Oleh sebab itu, kenyamanan di dalamnya pun sudah pasti terjamin karena dilengkapi dengan kabin luas. 

2. Eksterior Rolls-Royce Phantom

Bagian depan memiliki kap mesin berukuran panjang. Desain gril juga dimodifikasi dengan bilah atas yang dipoles untuk berfungsi sebagai koneksi visual antara lampu daytime running light (DRL) LED.

Lampu depan memiliki tampilan gemerlap berkat laser-cut bezel starlight seperti Starlight Headliner RR. Salah satu paling menarik ada pada velg-nya bergaya retro, mengacu pada roda cakram tahun 1920-an.

Pada sisi samping terdapat pintu besar dengan konsep ‘coach doors’ yang terbuka ke arah belakang. Tentunya, konsep ini berbeda dengan mobil pada umumnya yang memiliki engsel di sisi depan. 

Baca Juga: Biar Tetap Kinclong, Ini Cara Membersihkan Interior Mobil

3. Interior Rolls-Royce Phantom

Desain Rolls-Royce Phantom mengusung tema “Architecture Luxury” yang menonjolkan sisi kemewahan dan elegan secara detail.

Keistimewaan Rolls Royce terletak pada kabinnya. Rolls-Royce menyematkan perangkat khusus mencapai 130 kg agar kabinnya kedap suara.

Phantom juga dilengkapi suspensi Front Suspension Type Double Wishbone dan Rear Suspension Type Multi-Link sehingga mampu menghalau guncangan tingkat tinggi. 

Pada bagian kemudi, terdapat desain mewah khas dari setir Rolls-Royce Phantom dengan balutan kulit. Tak lupa fitur pemijat dan ventilasi di kursi yang akan membuat penumpang merasa nyaman saat dalam perjalanan.

Fitur lainnya turut tersemat dalam kabin, yakni meja lipat, ac, pemanas, dan Air Quality Control. Berkat suspensi tingkat tinggi, penumpang bisa meletakkan minuman maupun makanan tanpa takut tumpah di meja lipat yang tersedia. 

4. Mesin Rolls-Royce Phantom

Rolls-Royce Phantom memiliki mesin V12 turbo ganda berkapasitas super sebesar 6.750 cc. Mesin ini dipadu sistem transmisi Satellite Aided 8 akselerasi sehingga dapat menghasilkan tenaga hingga 563 tenaga kuda pada 5.000 rpm dan torsi 900 Nm pada 1.700 rpm.

Tenaga itu disalurkan ke roda belakang sehingga diklaim dapat menembus 0-100 km per jam hanya dalam waktu 5,3 detik. Kecepatan maksimalnya mencapai 250 km per jam.

Sebagai supercar, konsumsi bahan bakar Phantom cukup tinggi, yakni 15,1 liter per 100 km atau 1 liter untuk menempuh sekitar 7 km. Adapun kapasitas tangki bensin Rolls-Royce Phantom mencapai 90 liter.

Kelebihan Rolls-Royce Phantom

  1. Sistem Kedap Suara yang Luar Biasa

Salah satu fitur unik Rolls-Royce adalah mekanisme mengemudi tanpa suara. Pabrikan mobil ini melengkapi kendaraan mereka dengan insulasi berteknologi tinggi di sekitar kabin untuk menghasilkan efek berkendara yang hampir kedap suara.

Saking bagusnya sistem kedap suara mereka, sampai-sampai Rolls-Royce sempat menghapus beberapa mekanisme kedap suara untuk menawarkan pengalaman sensorik yang lebih alami kepada pembeli. Karena alasan ini, Rolls-Royce dianggap ikut mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi polusi suara sampai batas tertentu.

  1. Prosedur Pelapisan Warna yang Rumit

Terkadang pembeli menginginkan mobilnya memiliki corak warna yang unik, misalnya warna bulu hewan peliharaannya. Untuk mewujudkannya, warna yang diinginkan pembeli diproduksi menggunakan bahan DNA untuk mendapatkan varian yang tepat. Bahkan dalam proses pelapisan warna, Rolls-Royce melakukan hingga tujuh lapis pewarnaan demi mendapat warna yang tepat.

  1. Berlimpah Fitur Eksklusif

Calon pembeli Rolls-Royce Phantom diberikan keistimewaan yakni bisa memesan sejumlah fitur canggih yang akan disematkan pada mobil mewah tersebut. Hal inilah yang membuat Rolls-Royce Phantom menjadi salah satu mobil eksklusif di dunia.

Segera unduh aplikasi Otoklix yang tersedia di Appstore maupun Playstore. Melalui aplikasi booking service Otoklix, Otofriends akan lebih mudah menemukan bengkel terdekat dari lokasi Otofriends berada. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking.

Otoklix didirikan pada tahun 2019 dan saat ini memfasilitasi lebih dari 2.000 bengkel mitra yang aktif dan telah menangani 50.000+ kendaraan.

Pertanyaan Seputar Pemain Arab Saudi Bantah Dapat Rolls Royce

Selain itu, kabarnya Putra Mahkota, Mohammed bin Salman (MBS) juga memberikan hadiah kepada pemain Arab Saudi berupa Rolls-Royce tipe Phantom. Namun pemain Arab Saudi bantah dapat Rolls-Royce dari MBS.

Rolls-Royce Phantom merupakan mobil flagship asal Inggris dengan harga Rp20 miliaran. Meskipun tampilannya elegan, mobil ini dibekali mesin berperforma tinggi layaknya sport car.

Pelatih Arab Saudi Herve Renard juga membantah timnas mendapatkan mobil Rolls-Royce setelah menang melawan Argentina di Piala Dunia 2022. Menurutnya, federasi olahraga sangat serius dalam bertanding di ajang empat tahunan tanpa mengharapkan sesuatu.