Dikenal sebagai mobil keluarga, Nissan Serena memang memiliki tempat di hati para pengguna mobil MPV. Tidak hanya mengusung kapasitas penumpang yang lebih lega, pengguna nissan serena juga dimanjakan oleh desain interior yang cukup mewah dan unik. Sejak diluncurkan pada tahun 1991, nissan serena terus mengalami inovasi dari generasi ke generasi. 

Multi Purpose Vehicle atau MPV adalah sebuah jenis mobil yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobil keluarga. Ciri yang paling khas adalah bodi mobil yang besar dan kapasitas mesin yang disesuaikan dengan mobil keluarga.

    Bagaimana spesifikasi, keunggulan dan harga dari MPV terbaru tersebut?dan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Nissan Serena? Jawabanya dapat OtoFriends temukan pada ulasan ini

    Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Daihatsu Ayla 

    Nissan Serena dari Tahun ke Tahun

    Meskipun penjualan Nissan Serena belum pernah mengalami lonjakan, namun OtoFriends patut mengacungi jempol atas kemampuannya untuk bertahan pada persaingan otomotif di Indonesia. Hal tersebut nampak pada munculnya generasi-generasi yang terus mengalami perbaikan. 

    Hingga tahun 2022, setidaknya Nissan Serena telah memasuki generasi kelima. Empat generasi sebelumnya diantaranya seri C23, C24, C26, All New Nissan Serena C27.Terbaru, Nissan Motors sebagai produsen telah meluncurkan produk nissan serena 2022 dengan dua seri yakni Nissan Serena X dan Nissan Serena Highway Star.

    Penasaran bagaimana perjalanan generasi ke generasi Nissan Serena di Indonesia? Ini dia selengkapnya! 

    1. Nissan Serena C23

    Diluncurkan pada tahun 1996, seri C23 hadir dalam dua tipe yakni Serena C23 SGL dan Serena C23 FGX. Dari segi eksterior, C23 tampil dengan konsep two tone yang sederhana dimana perbedaan warna hanya nampak pada keseluruhan bodi atas dan sedikit pada bodi bawah. Variasi warna mobil yang ditawarkan cukup berani yakni mengusung warna-warna unik seperti hijau, merah, ungu, kuning, biru dan silver. 

    Bentuk bodi terlihat kaku tanpa ada lekukan-lekukan yang sangat mencerminkan mobil keluarga. Pada seri ini Nissan Serena sudah berani mengusung fitur sliding door dibagian kiri tengah. Meskipun belum elektrik, namun pintu geser ini mampu memberikan kesan mewah pada jamannya.

    Saat pertama diluncurkan, C23 dibekali dengan mesin bensin 2000 cc bertransmisi automatic.

    1. Nissan Serena C24

    Seri C24 masuk di Indonesia pada tahun 2004 dengan tiga varian yakni Comfort Touring (CT) atau CT, Highway Star (HS) dan Autech. Generasi kedua Nissan Serena ini masih mengusung bodi yang kaku tetapi tetap terkesan mewah. Fitur sliding door pada varian CT masih belum mengalami perkembangan sedangkan varian lainnya sudah mengusung pintu geser elektrik.

    Desain interior mengalami perkembangan dengan adanya fitur layar monitor dan jok kulit yang menambah kesan mewah. Bahkan pada varian HS sudah disematkan meja lipat dan instalasi gorden. Dari segi safety, pada seri ini sudah terpasang kamera mundur yang semakin memberikan kenyamanan dan keamanan. 

    Dengan fasilitas unggulan tersebut, seri C24 masih mampu bersaing di pasaran sebagai mobil MPV bekas dengan peminat yang cukup banyak 

    1. Nissan Serena C26

    Sempat melewatkan satu generasi sebelumnya, C26 hadir dengan konsep desain yang lebih elegan. Tampilan lampu belakangnya yang sudah LED. Di launching pada tahun 2015 di Indonesia, perubahan nyata nampak pada desain kaca dan lampu utama. Keduanya dirancang menjadi lebih besar dengan desain yang tidak sekaku dengan seri C24.

    Penggunaan mesin berkapasitas  2000 cc MR20 membuat kenyamanan semakin terasa. Transmisi mesin ini juga digunakan pada Nissan X-trail sehingga apabila mengalami kendala sparepart dapat disubstitusikan.

    1. All New Nissan Serena C27

    Pembaharuan dari segi desain eksterior paling signifikan terjadi pada C27. Mulai muncul banyak stream pada bodi mobil sehingga kesan boxy sudah tidak melekat lagi. Pada tahun 2019, seri C27 dipasarkan dalam dua varian yakni varian  X dan Highway Star. 

    Mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya yakni berkapasitas 2000 cc MR20. Begitupun dengan ukuran bodi yang masih sama dengan C26 dengan dimensi 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm. Inovasi dilakukan pada sistem kompresi  dan sistem transmisi  menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT).

    Baca juga: Spesifikasi Toyota Sienta dan Daftar Harga Terbaru!

    Kelebihan Nissan Serena 

    1. Sliding Door

    Pintu geser menjadi salah satu fitur unggulan Nissan Serena yang bahkan sudah diusung pada generasi pertama. Fitur ini mengalami perkembangan mulai dari pintu geser manual hingga otomatis atau electric. Dari segi kenyamanan, pintu geser memudahkan pengendara saat melakukan parkir karena tidak perlu mempertimbangkan jarak antar mobil untuk membuka pintu. Pengendara tak perlu khawatir pintu akan tergores atau terbentur dengan mobil atau tembok.

    1. Performa Mesin dan Suspensi yang Tinggi

    Mesin yang digunakan pada Nissan Serena berkapasitas 2000cc. Tentu kemampuan pacu mesin ini tidak diragukan lagi. Untuk memberikan efek kenyamanan, Nissan Serena juga dibekali dengan peredam kabin yang bagus sehingga meminimalkan suara bising dari luar. 

    Suspensi yang digunakan dari awal pun sudah menggunakan McPherson Strut Independen di bagian depan dan di belakang menggunakan Rigid Axle dengan Torsion Beam.

    1. Nyaman Digunakan

    Nissan Serena sebagai mobil keluarga menyediakan kenyamanan dengan seat penumpang yang lebih luas. Model captain seat, membuat penumpang di bagian kursi tengah dan belakang lebih mudah untuk keluar masuk mobil. Jenis jok ini juga dapat diatur reclining sehingga jarak antar kabin dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna.

    Adanya lengan ayun pada kursi semakin menunjukkan kelas Nissan Serena sebagai mobil keluarga yang nyaman untuk digunakan. Suspensi pada mobil ini juga sangat lembut yang nampak ketika melewati jalan berkontur. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dengan Stabilizer serta  bagian belakang menggunakan Independent Multi-link.

    Keberadaan meja lipat sangat membantu untuk meletakkan barang-barang atau kebutuhan anak. Desain kompartemen yang melimpah seperti glove box, console box, cup holder dan door pocket semakin memantapkan Nissan Serena sebagai mobil keluarga yang nyaman untuk digunakan. 

    Di bagian belakang,  desain bagasi juga cukup lebar sehingga dapat memuat barang bawaan lebih banyak terutama saat melakukan perjalanan jauh.

    1. Murah

    Berbicara mengenai harga maka Nissan Serena adalah salah satu mobil dengan bandrol harga yang tergolong murah. Harga Nissan Serena bekas juga mampu bersaing di kelasnya. OtoFriends bahkan bisa menjumpai Nissan Serena seri C26 bekas yang dijual dikisaran harga 60 jutaan.

    Baca juga: Beli Mobil Besar Buat Mudik Keluarga? Ini Rekomendasinya!

    Kekurangan Nissan Serena 

    1. Bodi Mobil yang Kaku

    Digadang-gadang sebagai mobil keluarga, nampaknya Nissan Serena tidak berfokus pada desain eksterior mobil. Di awal kemunculannya bahkan mobil ini terkesan seperti mobil box karena hampir tidak ada lekukan pada bodi mobil. Pada bagian interior, desain yang dipilih memberikan kesan jadul meskipun dibekali dengan teknologi canggih di bagian dashboard.

    Bagi para penggemar mobil klasik, mungkin kesan kuno dari Nissan Serena justru akan menjadi daya tarik untuk membelinya.

    1. Boros

    Momok bagi OtoFriends yang ingin membeli Nissan Serena baik bekas maupun baru adalah konsumsi BBM yang boros. Hal ini disebabkan karena MPV ini dimensi yang luas memiliki bobot bodi yang berat. Jenis bahan bakar yang digunakan minimal di angka RON 92 karena bila menggunakan di bawahnya maka performa mobil akan menurun.

    Selain itu, karakter mobil keluarga dengan suspensi yang super nyaman membuat mobil ini tidak dapat bermanuver ketika dibawa dengan kecepatan tinggi. Mobil akan terasa tidak stabil  dan pada kondisi tertentu bahkan menimbulkan suara yang sedikit bising. 

    1. Biaya Perawatan Mahal dan Layanan Servis Minim

    Ketika memilih untuk menggunakan Nissan Serena maka dipastikan OtoFriends harus siap dengan biaya perawatan yang menguras kantong. Perawatan khusus dan minimnya ketersediaan sparepart yang menjadi penyebab utamanya.

    Dengan tingkat penjualan yang cenderung segmented maka tentu saja layanan servis resminya menjadi minim atau tidak mudah ditemukan. Faktor ini juga menjadi sebab mengapa biaya perawatan Nissan Serena mahal. 

    Untuk itu, OtoFriends harus memiliki langganan bengkel non resmi yang kredibel dan mampu menyelesaikan permasalahan mobil sebaik bengkel resmi dari Nissan Serena.

    Berapa Harga Nissan Serena Keluaran Terbaru?

    Pada tahun 2022, Nissan Serena mengeluarkan seri terbarunya yakni Nissan Serena 2022. Di Indonesia, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 534,3 Juta. Nissan Serena 2022 hadir dalam 5 varian warna yakni black, silver, pearl white, white black, dan red black.

    Setelah menyimak detail tentang Nissan Serena di atas, apakah OtoFriends semakin mantap untuk memilihnya sebagai mobil keluarga? Temukan info selengkapnya hanya di Otoklix.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Nissan Serena

    Karena dimensi mobil yang luas dan bobotnya yang besar

    Kapasitas mesin mobil 2000cc.

    Jenis transmisi yang digunakan adalah CVT.