oli yang bagus untuk mobil pick up

Oli yang Bagus untuk Mobil Pick Up dan Cara Merawatnya

Kualitas oli berpengaruh terhadap performa kendaraan. Apalagi mobil pick up sering digunakan untuk menopang beban kerja yang berat. Oleh karena itu, kamu perlu memilih oli yang bagus untuk mobil pick up.

Apa saja rekomendasi oli yang bagus untuk mobil pick up?

Rekomendasi Oli untuk Mobil Pick Up

Mobil pick up dapat menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 15W-40 API SN. Saat ini banyak produsen oli yang memiliki varian tersebut. Selain oli dengan SAE 15W-40, Suzuki Genuine Oil (SGO) mengeluarkan oli khusus untuk minibus dan pick up dengan spesifikasi SAE 10W-40. Selain itu ada pula oli dari 9 Circle. Simak ulasannya.

Oli SGO

Oli SGO ini melengkapi SGO 530 yang sudah ada. SGO 530 ini direkomendasikan untuk mobil Suzuki dengan high grade atau mobil dengan banyak katup. Sehingga mobil  lain tidak bisa menggunakan oli ini.

Selain itu, Suzuki juga memiliki banyak minibus dan pick up dengan usia kendaraan di bawah 10 tahun. Oleh karena itu, diluncurkan oli SGO baru 10W-40 yang cocok untuk mobil Suzuki dengan sedikit katup, yaitu minibus dan pick up.

Oli ini dapat membuat kompresi mesin menjadi lebih besar daripada oli dengan kekentalan yang lebih tinggi. Sehingga mesin akan langsung bekerja dengan baik sesaat setelah dihidupkan.

Oli 9 Circle

Mungkin belum banyak yang tahu tentang oli 9 Circle. 9 Circle adalah oli dari Jerman yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan mobil di iklim tropis. 9 Circle ini dapat menjadi pilihan oli yang bagus untuk mobil pick up karena diklaim mampu memberikan perlindungan mesin lebih tinggi. Selain itu juga ruang mesin menjadi lebih baik.

Beberapa kelebihan oli 9 Circle lainnya adalah :

  • Melindungi Turbocharger
  • Lebih sedikit emisi
  • Efisiensi penggunaan bahan bakar
  • Melindungi mesin dari keausan akibat gesekan
  • Jangka waktu penggantian oli yang lebih lama, sekitar 6.000 – 10.000 km, atau 6 bulan sampai 12 bulan untuk pemakaian normal
  • Oli tahan terhadap segala cuaca
  • Mesin mobil mudah distarter
  • Membantu membersihkan lumpur dan endapan pada mesin
  • Oli tidak mudah menguap
  • Mencegah mesin dari overheating

Oli ini dinilai sebagai oli yang bagus untuk mobil pick up dan tersedia dalam berbagai spesifikasi viskositas.

Fun Fact: Mobil Pick Up Paling Laris di Indonesia

Mobil pick up menjadi pilihan, apalagi bagi kamu yang berbisnis dan butuh membawa barang dalam jumlah banyak. Mobil pick up ini mengakomodasi kebutuhan konsumen dari pedagang sebagai pelaku industri. Dimensi mobil yang cukup ringkas ini juga mampu menjangkau lokasi pelosok.

Selain itu, dengan daya tampung yang besar, mobil pick up memiliki harga yang relatif murah. Tak heran, penjualannya juga masih menunjukkan tren yang bagus. Ada 3 mobil pick up yang paling laris di Indonesia, yaitu Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, dan Mitsubishi L300.

1. Suzuki Carry Pick Up

Penjualan paling laris pertama adalah Suzuki Carry. Bahkan mobil ini melampaui penjualan Honda Brio untuk periode Januari-Juni 2021. Hal ini membuat Suzuki Carry dianggap sebagai rajanya pick up. Tak heran, Suzuki Genuine Oil mengeluarkan oli yang bagus untuk mobil pick up, khusus memperhatikan penjualan dan pemakaian Suzuki Carry.

Harganya yang murah dengan fungsi yang efisien menjadi keunggulan Suzuki Carry. Kamu bisa mendapatkan mobil Suzuki Carry bekas hanya dengan harga Rp60 jutaan.

2. Daihatsu Gran Max Pick Up

Daihatsu Gran Max menyusul penjualan pick up terlaris di Indonesia. Bahan bakar yang digunakan pada Daihatsu Gran Max ini tergolong irit. Padahal daya angkutnya besar. Oli yang bagus untuk mobil pick up Daihatsu Gran Max adalah oli dengan spesifikasi SAE 15W-40 API SN.

3. Mitsubishi L300

Kamu pasti sudah sering melihat pick up legendaris ini. Yap! Mitsubishi L300 sudah dikenal sebagai mobil pekerja yang andal. Pick up ini masih banyak digunakan, sehingga untuk mencari suku cadangnya pun tidak sulit.

Mobil pick up Mitsubishi L300 ini mendapat penjualan terlaris ketiga di Indonesia.

Tips Merawat Mobil Pick Up

Meskipun tidak digunakan untuk mengangkut penumpang, mobil pick up juga perlu dilakukan perawatan berkala agar performa terjaga dan aktivitas yang membutuhkan mobil pick up bisa terlaksana dengan baik.

Lalu, bagaimana cara merawat mobil pick up?

1. Ganti oli

Ganti oli ini menjadi salah satu bagian dari perawatan berkala. Ikuti aturannya seperti pada buku manual dan gunakan oli yang bagus untuk mobil pick up. Kamu bisa ganti oli via Otoklix karena oli dijamin orisinal dengan harga terjangkau pula.

2. Perhatikan kondisi ban

Beban berat yang sering dibawa oleh mobil pick up harus diimbangi dengan perawatan ban. Perhatikan tekanan udara ada ban serta ketebalan tapak ban.

3. Cek rem dan kopling

Berikutnya adalah mengecek kinerja rem dan kopling melalui pedalnya. Coba untuk menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi normal.

4. Periksa lampu dan wiper

Lampu dan wiper mobil sangat penting untuk menjaga penglihatan saat berkendara. Maka dari itu, pastikan kedua komponen ini berfungsi dengan baik.

5. Tepat membawa bobot muatan

Meskipun bisa membawa beban berat, tetapi mobil pick up juga memiliki kapasitas bobot muatan. Maka dari itu, jangan membebani dengan bobot melebihi kapasitas. Hal ini juga dapat merawat kaki-kaki mobil

6. Jangan membawa cairan yang mudah terbakar

Sebaiknya hindari membawa cairan yang mudah terbakar.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi oli yang bagus untuk mobil pick up serta info-info menarik lainnya tentang mobil pick up. Tetap lakukan perawatan meskipun tidak banyak mengangkut penumpang ya. 

Kamu bisa melakukan ganti oli dan perawatan mobil pick up lainnya di bengkel umum. Temukan bengkel terdekat via Otoklix. Booking service sekarang via aplikasi dan dapatkan harga yang transparan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *