BMW Seri 3 telah menjadi pemimpin penjualan unit mobil di kelasnya selama beberapa tahun belakangan ini. Kini, untuk menggenapkan kesuksesannya tersebut BMW kembali meluncurkan BMW Seri 3 yakni BMW 320i M Sport di awal Desember 2022.

BMW sebagai produsen mobil mewah sudah tak perlu dipertanyakan lagi kemampuannya dalam menciptakan mobil-mobil mewah dengan teknologi otomotif yang dimilikinya. Salah satunya adalah BMW Seri 3 yang selalu menjadi mobil sedan idaman, khususnya masyarakat di Indonesia. 

    Sebagai bentuk komitmen BMW untuk membuat varian terbaru dari BMW 3 Seri, maka hadirlah BMW 320i M Sport di mana BMW tetap mempertahankan model Seri 3 pada mobil sedan ini namun tetap disematkan berbagai macam fitur dan penyegaran pada beberapa komponen. Yuk, kita simak ulasan mobil BMW Seri 3 terbaru ini.

    Baca juga: BMW 330i: Harga, Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan

    Desain Eksterior BMW 320i M Sport

    Sejak kehadiran BMW Seri 3 di Indonesia di tahun 1990-an, sudah lebih dari 30 tahun mobil sedan ini memimpin pasar mobil sedan. Sejak saat itu hingga BMW Seri 3 terbaru yang baru saja dirilis yakni BMW 320i M Sport masih mempertahankan desain eksterior depan dan belakang dengan karakteristik sporty BMW Seri 3.

    Lampu depan Seri 3 mendapatkan penyegaran sehingga menampilkan visual sporty yang kuat pada mobil sedan BMW 320i M Sport.Lampu 320i M Sport menggunakan BMW Adaptive LED Headlights dengan menyematkan aksen u-shape. 

    Sedangkan lampu kabut depan menggunakan LED dan Air Curtains yang diintegrasikan dengan air intake dengan desain NACA.

    Apron mobil BMW terbaru ini didesain dengan warna body mobil yang rapi, garis horizontal, lampu ramping, hingga lengkungan roda bagian belakang yang lebih menonjol sehingga terlihat lebih gahar namun tetap dinamis.

    Untuk velg mobilnya sendiri, BMW membekali velg berukuran 18 inci Light Alloy Wheels Double-Spoke 782 Bicolour.

    Desain Interior BMW 320i M Sport

    Bagaimana dengan desain interiornya BMW 320i M Sport? Ternyata BMW banyak menyematkan beberapa fitur untuk memperbarui seluruh sistem di bagian dalam mobil. 

    Dimulai dari BMW Curved Display dengan ukuran tampilan 12,3 inci di bagian belakang setir kemudi, panel kontrol berukuran 14,9 inci yang dikombinasikan dengan satu unit panel lain dengan sistem digitalisasi dan revolusi tinggi.

    Sedangkan di bagian tuasnya BMW Seri 3 terbaru ini dibekali tuas transmisi Steptronic 8 percepatan yang disematkan di bagian panel kontrol bagian tengah sejajar dengan button Start/Stop, rem parkir, button Driving Experience Control, iDrive Controller, dan beberapa button lainnya.

    Untuk fitur BMW iDrive sendiri, BMW 320i M Sport sudah menggunakan fitur terbaru yakni BMW Operating System 8 yang memiliki multi-sensory, konektivitas dengan perangkat eksternal, kemampuan proses data eksternal, hingga interaksi intuitif yang dilakukan pengemudi dan mobil.

    BMW Curved Display 320i M Sport dikombinasikan dengan fitur BMW Intelligent Personal Assistant untuk mempermudah pengemudi mengajukan instruksi lisan untuk beberapa perintah seperti menyesuaikan suhu AC mobil, buka tutup jendela samping dan sunroof kaca panoramik.

    Baca juga: Spesifikasi BMW 530i dan Harga Terbarunya

    Performa Mesin BMW 320i M Sport

    Sementara itu, di bagian dapur pacunya 320i M Sport menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo untuk mesin pembakaran internal sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar sehingga kita bisa tetap berkendara dengan nyaman dan menghemat penggunaan bahan bakar.

    Dengan mesin bensin 4 silinder, sistem turbocharger dan sistem transmisi Steptronic Sport 8 percepatan untuk mengoptimalkan tenaga mesin, mobil sedan ini mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 184 hp dan capaian torsi maksimal sebesar 250 Nm.

    Baca juga: Tips Memilih Oli Mobil BMW yang Tepat

    Fitur BMW 320i M Sport

    Kesan kemewahan yang dihadirkan BMW untuk Seri 3 terbaru ini juga terlihat di bagian fitur-fitur yang disematkan pada mobil yang telah terdigitalisasi mulai dari kontrol atau operasi mobil hingga sistem keamanan dan kenyamanannya.

    Mulai dari sistem navigasi BMW Maps, fitur kontrol iklim otomatis 3 zona yang mampu menyesuaikan zona-zona tersebut yang bisa dioperasikan melalui perintah suara atau sentuhan dari layar panel kontrol.

    Selain itu, kaca spion mobilnya dapat meredup dengan otomatis dan fitur Park Distance Control (PDC) bersensor di bagian depan dan belakang, serta BMW Live Cockpit Plus.

    Adapun mobil untuk sistem keamanan dan kenyamanannya sendiri, fitur standar seperti Front Collision Warning yang diintervensi rem mobil untuk mendeteksi apabila terdapat pejalan kaki, sepeda, dan kendaraan lain yang berada di sekitar mobil.

    Cruise Control di bagian sistem rem mobil, Manual Speed Limit Assist, dan Lane Departure Warning. Di dalam paket fitur Lane Departure itu sendiri terdapat Lane Change Warning, sistem Active Cruise Control, hingga fungsi Stop & Go. Kemudian, fungsi Parking Assistant opsional lainnya adalah Reversing Assist Camera dan Reversing Assistant.

    Harga BMW 320i M Sport

    Dikarenakan mobil ini baru saja dirilis di tanggal 4 Desember 2022 kemarin, maka harga BMW 320i M Sport hanya memiliki satu harga yakni harga Off The Road sebesar Rp927 juta. OtoFriends bisa membeli mobil BMW 320i M Sport di seluruh dealer resmi BMW mobil di dekat rumah OtoFriends.

    Perihal bagaimana cara merawat BMW Seri 3 ini supaya tetap bertenaga maksimal sekalipun sudah digunakan setiap hari selama bertahun-tahun, maka OtoFriends bisa mengetahui cara servis mobil atau tips ganti aki mobil di situs otomotif terbaik.

    Pertanyaan Seputar BMW 320i M Sport

    Harga BMW 320i M Sport off the road sebesar Rp927 juta.

    BMW 320i M Sport merupakan mobil sedan BMW Seri 3.

    BMW 320i M Sport menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo untuk mesin pembakaran internal sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar sehingga kita bisa tetap berkendara dengan nyaman dan menghemat penggunaan bahan bakar.