Ingin tahu koleksi mobil mewah Tukul Arwana? Tukul Arwana adalah presenter talkshow yang mana pernah sangat booming pada masanya. Tidak heran, ketenaran itu membuat Tukul bisa membeli berbagai jenis dan merek mobil mewah. Tidak hanya mobil, Tukul juga punya motor Harley Davidson.

Namun, pada artikel ini hanya akan dibahas tentang koleksi mobil mewah Tukul Arwana. Mulai dari jenis SUV, MPV premium, sampai dengan sedan yang ternyata punya nilai historis bagi Tukul Arwana.

Koleksi Mobil Mewah Tukul Arwana

Sejumlah koleksi mobil mewah Tukul Arwana di bawah ini digunakan oleh Tukul sekeluarga. Beberapa mobil dibeli untuk digunakan oleh anak-anaknya. Bahkan, ada pula mobil yang menjadi saksi perjalanan karir Tukul.

Berikut ulasan Blog Otoklix dari berbagai sumber:

1. Nissan X-Trail

Tukul Arwana memiliki satu unit Nissan XTrail warna hitam yang diproduksi tahun 2013. Saat itu harga mobil ini masih berkisar Rp180 jutaan. Mobil jenis SUV ini punya tenaga yang cukup besar. Selain itu, desainnya juga terlihat mantap dan garang.

Mobil Nissan XTrail tersedia dalam dua varian mesin. Ada yang mesin 2.0 liter dan 2.5 liter. Semuanya menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Banyak yang mengatakan bahwa XTrail keluaran lama punya mesin yang lebih garang daripada keluaran barunya.

Dari sisi harga, saat ini Nissan XTrail keluaran terbaru dibagi menjadi 3 kelas. Nissan XTrail 2.0 transmisi manual dijual dengan harga Rp395 juta, Nissan XTrail 2.0 transmisi CVT di kisaran harga Rp419 jutaan, dan Nissan XTrail 2.5 CVT sebagai varian tertinggi dibanderol dengan harga Rp451 jutaan.

2. Toyota Alphard

Salah satu mobil dari koleksi mobil mewah Tukul Arwana adalah MPV premium dari Toyota, yaitu Alphard. Mobil ini dibeli oleh Tukul untuk putranya, yaitu Wahyu Jovan Utama. Alphard yang dimiliki Tukul berwarna hitam dan masih terparkir di garasi rumahnya. Harga mobil ini diketahui di atas Rp1 miliar.

Toyota telah mengeluarkan Alphard 2023 dengan beberapa perubahan. Konsep desainnya menggunakan aerokit terbaru. Headlamp dan foglamp-nya berukuran lebih kecil dan terlihat menyipit. Terdapat aksen krom pada lampu tersebut. Selain itu ada grille dengan ukuran besar yang membuat New Alphard terlihat lebih gagah.

Baca juga: 8 Koleksi Mobil Raffi Ahmad, Harganya Fantastis!

New Alphard 2023 dibekali dengan mesin 2AR-FE DOHC 4 silinder sejajar. Kubikasinya adalah 2.494 cc, 16 valve, dan Dual VVT-i. Mesin ini disematkan pada tipe G dan X. Sedangkan tipe Q diberi mesin 2GR-FE DOHC V-type 6 silinder. Kapasitasnya lebih besar, yaitu 3.456 cc, 24 valve, dan Chain Drive Dual VVT-i.

Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan mencapai 180 ps untuk tipe G dan X. Sedangkan untuk tipe Q mencapai 275 ps. Semua tipenya ditunjang dengan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan DOuble Wishbone di bagian belakang. 

3. Range Rover Sport

Salah satu koleksi mobil mewah Tukul Arwana adalah Range Rover Sport. Mobil SUV berwarna putih itu dibeli khusus untuk anak perempuan Tukul, yaitu Novita Eka Afriana.

Sebagai informasi, Land Rover Range Rover Sport generasi ketiga meluncur pada 17 Januari 2023 lalu. SUV mewah ini tersedia dalam dua tipe, yaitu mild hybrid dan plug-in hybrid vehicle (PHEV). Mesin yang disematkan pada Range Rover Sport ini berkapsitas 3.0 liter 6 silinder turbocharged.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 394 tk. Namun, tenaga yang dihasilkan pada tipe PHEV lebih besar, yaitu 503 tk. Tambahan tenaga ini berasal dari motor elektrik dengan baterai berkapasitas 38,2 kWh.

Range Rover Sport PHEV bisa melaju sampai dengan 113 kilometer dalam sekali pengecasan. Waktu pengisian dayanya dari 0 sampai 80 persen kurang dari 60 menit, artinya menggunakan tipe fast charging.

Mobil ini menggunakan head unit mobil floating berukuran 13.1 inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel. Ada fitur 3D Surround Camera yang bisa memudahkan pengendara untuk parkir atau melewati gang sempit. Selain layar di bagian depan, terdapat juga layar 11.4 inci untuk penumpang belakang.

Fitur-fitur canggih pada mobil ini di antaranya adalah Adaptive Off-Road Cruise Control, Dynamic Air Suspension with Dynamic Response Pro, Electronic Active Differential with Torque Vectoring by Braking, Terrain Response 2, Hill Launch Assist, Low traction launch, Electric Power Assisted Steering (EPAS), Dynamic Stability Control (DSC), Cornering Brake Control (CBC), Electronic Traction Control (ETC), Roll Stability Control (RSC), Gradient Acceleration Control (GAC), Automatic Access Height, Gradient Release Control (GRC) dan Hill Descent Control (HDC). 

Harga terbaru dari salah satu koleksi mobil mewah Tukul Arwana ini adalah Rp4,2 miliar sampai dengan Rp4,5 miliar.

Baca juga: Daftar Koleksi Mobil Mewah El Chapo, Gembong Narkoba dari Meksiko

4. Kijang Innova

Kijang Innova juga ada di garasi koleksi mobil mewah Tukul Arwana. Meskipun tidak semewah Toyota Alphard maupun Range Rover miliknya, tetapi Innova ini adalah mobil kesayangan Tukul. Tukul sering bepergian menggunakan mobil ini. Alasannya karena perawatannya mudah, sparepart mudah didapat, dan bisa menerjang berbagai medan.

Kijang Innova yang dimiliki oleh Tukul adalah generasi pertama. Nomor platnya B 2 KUL. Sementara itu saat ini Kijang Innova sudah keluar generasi terbarunya pada 2022. Terdapat 3 tipe pada Innova 2022, yaitu tipe G, V, dan Luxury.

Pada generasi terbarunya, Innova dipercantik dengan tampilan eksterior yang stylish dan body lines pada setiap sisi mobil. Headlamp-nya terlihat lebih ramping dan memanjang. Tampilan grille Trapezoidal Front Grille juga makin menarik perhatian.

Fitur-fitur canggih disematkan pada Toyota Kijang Innova 2022. Di antaranya ada Premium Illmuniation LED, Auto A/C, Integrated Air Purifier, dan All Auto Window. Head unit berukuran 9 inci sudah terkoneksi dengan Bluetooth, Smartphone, serta Miracast. Ada juga fitur TFT Type MID pada ruang kemudi yang inovatif dan informatif.

Tersedia dua pilihan mesin pada Innova 2022, yaitu mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.400 cc. Meskipun kapasitas mesinnya besar, tetapi konsumsi bahan bakarnya termasuk irit. Harganya berkisar Rp320 juta sampai Rp350 jutaan.

Baca juga: Koleksi Mobil Termewah Pemain Sepak Bola Dunia

5. Mitsubishi Galant 1982

Ini memang bukan salah satu dari koleksi mobil mewah Tukul Arwana, tetapi merupakan mobil yang punya nilai historis bagi pelawak dan presenter senior tersebut. Mitsubishi Galant 1982 dibeli oleh Tukul pertama kali dengan harga Rp6,5 juta. Mobil ini dibeli pada tahun 1997.

Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1600 cc 4 percepatan untuk tipe GL. Sementara untuk tipe GLX menggunakan mesin 2000 cc transmisi manual 5 percepatan.

Ternyata koleksi mobil mewah Tukul Arwana cukup banyak. Namun, tidak semua digunakan oleh Tukul, ada yang khusus dibeli untuk putra maupun putrinya.

Pastikan untuk selalu merawat mobilmu secara berkala. Selain menunjang performa mobil, servis berkala juga bisa memperpanjang usia pakai sparepart dan mendeteksi kerusakan dini. Ganti oli secara rutin, periksa kondisi aki, servis rem, dan lainnya penting bagi OtoFriends yang punya mobilitas tinggi.

Servis mobil di bengkel flagship Otoklix yang tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Booking mudah, harga transparan dan kompetitif, pelayanan setara bengkel resmi, serta dapatkan beragam promonya.

Pertanyaan Seputar Koleksi Mobil Mewah Tukul Arwana

Beberapa koleksi mobil mewah Tukul Arwana di antaranya adalah Nissan XTrail, Toyota Alphard, Range Rover Sport, Kijang Innova, dan Mitsubishi Galant 1982.

Mobil SUV, MPV, maupun jenis mobil premium lainnya termasuk mobil mewah. Begitu juga dengan super car dan hyper car. Beberapa mereknya di antaranya adalah Pagani Huayra Tricolore, Bugatti Chiron Pur Sport, Lamborghini, dan Koenigsegg.

Salah satu mobil termahal di Indonesia adalah Lamborghini Aventador SVJ Roadster Grigio Telesto dengan kisaran harga 22,5 miliar rupiah