Mobil Carry adalah mobil pick up yang ditujukan sebagai kendaraan niaga karena dibekali mesin bertenaga tangguh dan kuat di segala medan jalan, khususnya medan jalan menanjak dan terjal sekalipun membawa beban barang di bak belakang.

Harga mobil Carry pick up terbilang cukup murah berbeda dengan mobil penumpang yang dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. 

Untuk harga Suzuki Carry 2020 dijual dengan harga mulai dari Rp143 jutaan sedangkan Suzuki Carry Flat Deck mulai dari Rp158 jutaan. Berikut ini spesifikasi, harga terbaru dan harga mobil Carry pick up bekas.

Harga Mobil Carry Terbaru

Suzuki New Carry punya empat varian, yaitu tipe Flat-Deck, Flat-Deck PS, Wide-Deck, dan Wide-Deck PS. Dikutip dari situs resminya, berikut ini harga mobil Carry Pick Up terbaru, di antaranya:

  • Mobil New Carry Pick Up Flat Deck : Rp161,6 juta.
  • Mobil New Carry Pick Up Flat Deck PS : Rp170,2 juta.
  • Mobil New Carry Pick Up Wide Deck : Rp162,6 juta.
  • Mobil New Carry Pick Up Wide Deck PS : Rp171,2 juta.

Harga Mobil Carry Bekas

Kalau OtoFriends ingin beli mobil Carry dengan harga yang lebih terjangkau, bisa beli unit bekasnya saja. Harga mobil Carry bekas adalah sebagai berikut. Harga ini tergantung dari kondisi mobil, tahun keluaran, dan juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Tipe MobilTahunHarga Mobil Carry Bekas
Suzuki Carry Pick Up2004Rp50 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2009Rp46 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2011Rp60 jutaan
Suzuki Mega Carry2012Rp65 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2013Rp69 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2015Rp72 juta – Rp78 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2016Rp75 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2018Rp87 jutaan
Suzuki Carry Pick Up ST 150 MT2018Rp89 jutaan
Suzuki Carry Pick Up2019Rp99 juta – Rp115 jutaan
Suzuki Carry Pick Up 1.5 MT2020Rp98 jutaan
Suzuki Carry Pick Up 1.5 AC/PW MT2020Rp110 jutaan
Suzuki Carry Pick Up 1.5 MT2021Rp104 jutaan – Rp107 jutaan
Suzuki Carry Pick Up 1.5 AC & PS MT2021Rp116 jutaan
Suzuki Carry Pick Up 1.5 CX MT2021Rp115 jutaan

Selanjutnya, kita bahas tentang spesifikasi mobil Suzuki New Carry, pick up bertenaga, bandel, dan irit bahan bakar yang bisa menunjang kegiatan bisnis.

Baca juga: Daftar Mobil Pick Up Baru dan Bekas, Ada yang Rp30 Jutaan

Spesifikasi Mobil Suzuki New Carry Pick Up

Dengan harga yang cukup ekonomis, Suzuki New Carry sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Apalagi suku cadangnya juga murah dan cukup mudah didapat. Sehingga biaya perawatannya juga lebih murah.

Mesin Suzuki New Carry

New Carry menggunakan mesin K15B yang diklaim lebih bandel, bertenaga, dan juga irit bahan bakar. Mesin ini berkapasitas 1.462 cc dengan 4 silinder segaris. Dari mesin ini, bisa menghasilkan tenaga maksimal 97 ps pada 5600 rpm. Sementara itu, torsi maksimalnya adalah 135 Nm pada 4400 rpm.

Baca juga: Estimasi Biaya Turun Mesin Mobil Carry

Dimensi Suzuki New Carry

Suzuki New Carry punya dimensi yang cukup besar untuk mengangkut barang-barang. Panjang keseluruhannya adalah 4.195 mm. Sementara itu, untuk ukuran lebar dan tingginya berbeda-beda antara tipe Flat Deck dan Wide Deck.

Tipe Flat Deck punya dimensi lebar dan tinggi yang lebih pendek daripada Wide Deck. Lebarnya adalah 1.675 mm dan tingginya 1.870 mm. Sedangkan untuk tipe Wide Deck punya lebar keseluruhan 1.765 mm dan tingginya 1.910 mm.

Jarak sumbu roda antara kedua tipe adalah sama, yaitu 2.207 mm. Panjang baknya juga sama, yaitu 2.505 mm. Ada perbedaan lagi antara tipe Flat Deck dan Wide Deck dari sisi lebar dan tinggi bak.

Untuk tipe Flat Deck, lebar bak belakang adalah 1.665 mm, sementara Wide Deck sedikit lebih lebar, yaitu 1.745 mm. Tinggi bak pada tipe Flat Deck adalah 360 mm dan tipe Wide Deck punya tinggi bak 425 mm. Keduanya punya jarak poros roda 2.205 mm.

Dengan ukuran bak sebesar ini, mobil Carry bisa mengangkut beban muatan sampai maksimal 1 ton. Selain itu, tiga sisi bak juga bisa dibuka, jadi memudahkan untuk menaik-turunkan barang bawaan.

Kaki-kaki mobil Carry

Beralih ke bagian kaki-kaki mobil Carry. Untuk membawa barang yang berat, membutuhkan suspensi dan kaki-kaki mobil yang kuat. Oleh sebab itu, mobil Carry sudah dibekali dengan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan. Pada bagian belakang menggunakan suspensi Leaf Rigid Axis.

Ukuran ban mobil Carry adalah 165/80 dengan ring berukuran 13 inci. Rem yang digunakan pada sisi depan adalah rem cakram (disc), sedangkan rem belakang menggunakan rem tromol (drum).

Jika OtoFriends merasa ban mobil Carry sudah botak dan harus segera diganti, maka segera ganti ban mobil Carry dengan ukuran yang sesuai yang diatur oleh pabrik mobilnya.

Kapasitas mobil Carry

Saat bicara kapasitas, kita lihat dari dua sisi, yaitu kapasitas penumpang dan kapasitas bahan bakar. Mobil ini punya ukuran kabin yang lebih lebar, jadi bisa menampung sampai tiga orang. Selain itu banyak tempat penyimpanan juga di dalam kabin dengan tambahan kompartemen.

Sementara itu, untuk kapasitas bahan bakar, mobil Carry sudah dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang bisa memuat 43 liter bahan bakar.

Baca juga: Oli yang Bagus untuk Mobil Pick Up dan Cara Merawatnya

Fitur Suzuki New Carry

Tidak hanya dari sisi mesin yang tangguh, dimensi dan kaki-kaki mobil yang kokoh, serta kapasitas yang besar, mobil Carry juga dibekali dengan fitur-fitur yang cukup lengkap di kelas mobil pick up.

Ada fitur Fire Extinguisher atau alat pemadam api ringan. Jadi, tidak perlu khawatir saat terjadi kebakaran kecil di mobil. Fitur Immobilizer juga melindungi mobil dari pencurian. 

Kemudian, ada fitur Assist Grip pada dua sisinya. Assist Grip ini berfungsi untuk memudahkan penumpang dan pengemudi saat keluar-masuk kendaraan. Seperti yang kita ketahui kalau mobil pick up punya dimensi yang cukup tinggi.

Beralih ke sisi kursi, mobil Carry sudah mempertimbangkan kenyamanan pengemudi. Kursi bagian pengemudi bisa digeser maju dan mundur sehingga memudahkan pengemudi saat berkendara. 

Sistem kemudi yang digunakan adalah power steering tipe AC-PS. Power steering membuat berkendara jadi tidak mudah lelah meskipun perjalanan jauh. Untuk menambah kenyamanan, mobil Carry juga sudah dilengkapi dengan audio dan AC tipe AC-PS.

Keunggulan dan Kelemahan Mobil Carry Pick Up

Mobil Carry, khususnya Carry up terkenal menjadi mobil pick up yang diandalkan sebagai transportasi utama perniagaan di Indonesia. Perawatan mobil ini mudah sehingga kita cukup mengeluarkan sedikit uang untuk biaya perawatan dan perbaikan mobil Carry.

Sebagai mobil perniagaan, Carry pick up memiliki desain eksterior yang yang lebih modern di beberapa bagian seperti di bagian aksen krom yang didesain lebih eksotis. Keunggulan mobil Carry pick up lainnya, meliputi:

  • Beban atau daya angkut hingga mencapai berat satu ton barang di bak belakang.
  • Ukuran bak belakangnya sendiri luas dengan sistem kunci 3 way, yakni kita bisa membuka bak belakang dari 3 sisi yang berbeda.
  • Selain bak belakangnya yang luas, kabin mobil Carry terbilang luas dan lega dengan kapasitas penumpang maksimal 3 orang.
  • Dari segi performa mesin mobil, mobil Carry memiliki mesin yang mudah dirawat, konsumsi bahan bakar irit, namun keluaran mesinnya tetap maksimal.

Selain keunggulannya, ada juga beberapa kelemahan mobil Carry, di antaranya adalah fitur hiburan standar layaknya mobil pada umumnya seperti pemutar musik, radio dan slot USS, busa jok mobil ini begitu tipis sehingga kurang nyaman, dan belum ada headrest.

Sejarah Singkat Suzuki Carry Pick Up di Indonesia

Cikal bakal mobil Carry di tahun 1961 melalui varian Suzulight Carry yang diproduksi di pabrik Toyokawa, Jepang. Di Indonesia sendiri Suzuki Carry telah diperkenalkan sejak generasi keenam, bahkan mobil generasi keenam itu dirakit di Indonesia tahun 1977, lebih detailnya di pabrik Suzuki Indomobil Motor di Bekasi, Jawa Barat.

Bila ditotal, sampai saat ini terhitung mobil Carry pick up segmen A sudah generasi ke-11. Mesin yang dibekali di mobil pick up-nya hanya satu model yakni mesin dengan kode K15B 1.5 L 4 silinder serta transmisi manual 5 percepatan.

Apabila kita perhatikan, hampir seluruh kendaraan perniagaan dan angkutan barang di Indonesia menggunakan mobil Carry pick up. Desainnya pun mengalami peningkatan di setiap generasinya.

Nah, itu dia harga mobil Carry baru dan bekas serta spesifikasi lengkap mobil Suzuki New Carry. Rawat kendaraan niaga OtoFriends dengan rajin melakukan servis rutin. Meskipun fungsi utamanya bukan untuk mengangkut penumpang, tetapi butuh kendaraan yang prima untuk menunjang kegiatan bisnis. Cari bengkel terdekat di aplikasi Otoklix dan dapatkan beragam promonya!

Pertanyaan Seputar Mobil Carry 

Harga mobil Carry terbaru untuk tipe Flat Deck yakni Rp161,6 juta, tipe Flat Deck PS Rp170,2 juta, mobil New Carry Pick Up Wide Dek Rp162,6 juta dan tipe Wide Deck PS dijual dengan harga Rp171,2 juta.

Harga mobil Carry bekas tahun produksi 2004 mulai dari Rp50 jutaan, mobil tahun 2009 Rp46 jutaan, mobil tahun 2013 Rp69 jutaan, mobil tahun 2016 Rp75 jutaan, mobil tahun 2019 Rp115 jutaan.

Bahan bakar mobil pick up sendiri menggunakan BBM RON 90.