Mobil Jeep memang sepertinya tidak bakal lekang oleh zaman. Mobil ini jadi salah satu mobil yang paling banyak diminati karena tampilannya yang keren, sangat, dan tentu saja performanya yang sangat baik, terutama pada medan off road. Dengan penawaran menggiurkan tersebut, harga mobil Jeep tidak bisa dibilang murah. Sampai 2022 saja, harga mobil Jeep yang tercatat mulai dari Rp600 jutaan dan yang termahal tembus lebih dari Rp2 miliar.

Mari kita cek daftar mobil Jeep termahal dan terpopuler berikut ini beserta harganya. Tidak ketinggalan informasi tentang mobil All New Grand Cherokee yang bakal rilis di 2023 mendatang.

Review Mobil Jeep Terpopuler dan Termahal

OtoFriends mungkin sudah tidak asing dengan jenis-jenis Jeep, mulai dari Cherokee, Wrangler, sampai Gladiator. Berikut ini Otoklix bakal mengulas enam jenis mobil Jeep yang paling populer.

Jeep Renegade (RpRp599 juta – Rp699 juta)

Mulai dari mobil Jeep Renegade yang punya ruang kabin luas dengan ground clearance yang juga lebih tinggi. Dengan pengalaman berkendara yang nyaman dan kemampuan off road terbaik, Renegade diberi peringkat 80 dari 100. Mobil ini juga jadi terobosan SUV kecil merek Amerika yang terlihat menonjol meskipun berkaitan dengan Fiat 500X. Namun, Jeep punya ground clearance yang lebih tinggi dan kesan off road yang lebih tebal.

Jeep Renegade tersedia dalam pilihan 1.4 liter dan 2.4 liter, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Di Indonesia, tersedia tiga varian Jeep Renegade, yaitu Limited, Trailhawk, dan Longitude. Tipe Trailhawk adalah tipe dengan kecepatan tertinggi yang dibekali mesin 2.4 liter.

Tipe Longitude dibekali dengan mesin 1.4 liter yang bisa menghasilkan tenaga 160 hp dengan sistem transmisi otomatis 9 percepatan. Cukup hemat bahan bakar dengan konsumsi 20 kmpl. Tipe Limited menjadi ikon Renegade di 2021 dengan desain interior yang luas dan sudah menggunakan sistem Uconnect generasi terbaru.

Sementara itu tipe Trailhawk menggunakan penggerak empat roda. Mobil Jeep ini juga sudah menggunakan sistem Selec-Terrain dengan lima mode untuk menunjang aktivitas off road-nya. Selain ketiga tipe di atas, ada juga Jeep Renegade Sport, Jeep Renegade Altitude, dan Jeep Renegade Latitude.

Harga Jeep Renegade berkisar antara Rp599 juta sampai Rp699 jutaan.

Jeep Compass (Rp650 juta – Rp699 juta)

Jeep Compass Limited adalah tipe yang pertama dijual di Indonesia. Mobil ini punya tampilan yang ramah untuk berkendara di perkotaan, yang menjadikan mobil ini rival kuat BMW X1. Desain grill yang simpel dengan lampu LED dan bumper yang lebih fresh membuat mobil ini terlihat modern. 

Namun, mobil Jeep ini tetap memberikan kesan mewah dan gagah dengan menggunakan velg alloy dual tone berukuran 18 inci. Kesan mewah ini didukung dengan interior yang juga mewah. Fitur yang ada di interior di antaranya adalah layar sentuh 10,1 inci dengan sistem Uconnect, dilengkapi juga dengan sistem navigasi. Ada juga engine start/stop button, front & rear defogger, vanity mirror, dan cruise control.

Beralih ke dapur pacu, mobil Jeep Compass dibekali dengan mesin bensin turbo Multi Air 1.4 liter empat silinder dengan transmisi otomatis 7-percepatan Dual Dry Clutch Transmission. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 163 hp.

Di sisi lain, bicara fitur, mobil SUV itu terbilang cukup lengkap. Sudah ada fitur ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist), EBD (Electronic Brake Distribution), Child Safety Lock, HSA (Hill Start Assist), DAC (Downhill Assist Control), VSC (Vehicle Stability Control), serta kamera belakang dan kamera 360 derajat. 

Selain itu, masih banyak fitur lain meliputi sensor parkir, Engine Immobilizer, Smart Access Card Entry, All Speed Traction Control, Rain Sensitive Windshield Wipers, Tire Pressure Monitoring Display dan lainnya. Harga Jeep Compass berkisar antara Rp650 juta sampai Rp699 jutaan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Jeep Beserta Spesifikasinya

Jeep Grand Cherokee (Rp1,34 miliar – Rp1,41 miliar)

Jeep Grand Cherokee juga memiliki kemampuan off road yang serius. Model terbaru Grand Cherokee jauh lebih modern dan menyenangkan dibandingkan generasi sebelumnya yang tidak berjalan dengan baik di jalan raya.

Mobil Jeep ini dilengkapi dengan mesin diesel V6 3.0 liter dan V8 6,4 liter. Grand Cherokee juga menawarkan lima trim level. Sudah ada kursi listrik, kontrol iklim zona ganda, layar sentuh 8,4 inci, kontrol jelajah, dan dilengkapi juga dengan DAB dan Bluetooth.

Jeep Grand Cherokee bersaing erat dengan BMW X5, Land Rover Discovery, bahkan Volkswagen Touareg dengan harga yang lebih mahal dari Grand Cherokee. Namun, kalau OtoFriends menginginkan kemampuan off road yang lebih bagus, Jeep Cherokee patut dipertimbangkan. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,34 miliar untuk Jeep Grand Cherokee Overland 4×4 serta varian tertinggi, yaitu Jeep Grand Cherokee Limited 4×4 dibanderol dengan Rp1,41 miliar.

Jeep Cherokee (Rp1,52 miliar – Rp1,62 miliar)

Pada 2017, Jeep Cherokee hadir dengan tampilan yang lebih fresh. Tampilannya gagah dan maskulin dengan konsep desain sporty-elegan. Headlamp-nya sudah menggunakan LED dengan desain khas Jeep. kemudian, pada bagian depan juga terdapat lubang udara atau ventilasi radiator mobil yang berfungsi juga sebagai filter udara.

Di sisi sampingnya juga tampak berotot dan sporty. Sisi belakangnya sudah dilengkapi dengan stoplamp LED dengan desain ala SUV Eropa.

Fitur mobil Jeep Cherokee terbilang cukup lengkap. Mulai dengan 9 Amplified Speakers with Subwoofer yang membuat suara musik lebih mantap. Apalagi dilengkapi dengan Android dan iPod mobile device, voice command, text message reply, streaming audio, dan hands-free phone. Tampilan pada instrument clusternya juga terlihat premium dan modern. Sudah ada pengendali medan yang mudah diatur.

Jeep Cherokee masuk ke dalam kategori mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil tipe SUV ini, pertama kali dirilis di event New York International Auto Show pada tahun 2013. Kendaraan roda empat ini kembali muncul pada tahun 2017 dengan tampilan yang lebih fresh.

Jeep Cherokee dibekali dengan mesin berkapasitas 2360 cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sampai 183 hp. Konsumsi BBM-nya juga efisien, yaitu 9.3 kmpl untuk dalam kota dan 12.3 kmpl di jalan tol. Harga Jeep Cherokee terbaru 2022 adalah sekitar Rp1,52 miliar sampai dengan Rp1,62 miliar.

Jeep Wrangler JL (Rp1,78 miliar – Rp2,18 miliar)

Jeep Wrangler generasi terbaru dikenal juga sebagai Wrangler JL. Mobil ini hadir dengan mesin dan performa yang baru. Namun, meskipun serba baru, konsistensi Jeep perlu diacungi jempol dalam kemampuan off road-nya. 

Ada 6 varian dari Jeep Wrangler, yaitu Sahara 3.6 L Pentastar AT, Sahara 4-Door Unlimited, Sport 2-Door, Sport 4-Door, Rubicon 2-Door, dan Rubicon 4-Door Unlimited. Mesin Jeep Wrangler JL dibekali dengan 1995 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 270 hp. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Bicara fitur, Jeep Wrangler juga cukup lengkap dan mumpuni. Di antaranya ada Central Locking, Power Door Locks, Anti Theft Device, Airbags, ABS, EBD, VSC, Crash Sensor, Engine Check Warning, dan Engine Immobilizer. 

Selain itu ada juga Power Window depan, Power Steering, Pemanas, Adjustable Seats, Engine Start Stop Button, kursi pengemudi yang bisa disesuaikan ketinggiannya, lingkar kemudi dengan tombol multi fungsi, spion lipat elektrik, pelindung benturan, dan lainnya.

Interior mobil ini menggunakan bahan premium, yaitu jok dan setir yang dibalut kulit. Ada juga jam dan odometer digital, Electronic Multi Tripmeter, dan Tachometer. Harga Jeep Wrangler JL dibanderol Rp Rp1,78 miliar sampai dengan Rp2,18 miliar).

Baca juga: Harga Mobil Rubicon Baru dan Bekas, SUV Idaman Petualang

Jeep Gladiator (Rp2,18 miliar – Rp2,35 miliar)

Mobil Jeep yang terakhir bakal kita bahas adalah Jeep Gladiator. Jeep Gladiator adalah truk pickup medium yang dirilis pada 2018. Ada beberapa varian, yaitu Overland, Sport S, Sport, serta Rubicon. Hanya saja, yang dipasarkan di Indonesia hanya Rubicon. Mobil Jeep Gladiator Rubicon JT adalah jip double cabin mewah yang tidak punya saingan di kelas yang sama.

Mesin yang disematkan pada Jeep Gladiator adalah Pentastar 3.6 liter V6, DOHC, tepatnya berkapasitas 3.604 cc. Mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan yang disalurkan ke 4 roda.

Fitur-fitur unggulan dari mobil ini salah satunya adalah Selec-speed Control. Fitur ini memungkinkan pengemudi bermanuver saat berada di medan off road. Pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas dan rem, cukup mengendalikan setir dan kontrol mobil.

Selain itu ada juga fitur Command Trac 4×4 yang membantu berkendara di berbagai cuaca saat berada di medan off road. Mobil ini bisa melakukan peralihan dari mode 2WD ke 4WD dengan stabil pada kecepatan 72,5 km/jam.

Ada juga fitur OFF-ROAD+ yang bisa menyesuaikan dengan lebih baik di area 4-HI (pasir dan lumpur) serta area 4-LO (bebatuan). Suspensi Fox Shock disematkan supaya lebih nyaman saat berkendara di off road maupun jalan raya.

Fitur Rock-Track 4×4 bisa membuat mobil Jeep berjalan pelan saat melewati medan off road. Fitur ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Tru-lok Differential yang bisa membantu pengemudi mengunci elektronik di sisi depan dan belakang supaya torsinya lebih maksimal.

Dengan banyaknya fitur canggih seperti di atas, tidak heran kalau Jeep Gladiator dibanderol dengan harga tebus Rp2 miliar, lebih tepatnya Rp2,18 miliar sampai Rp2,35 miliar. Fantastis!

Bakal Rilis! Jeep All New Grand Cherokee 2023

Belum cukup dengan andalan mobil-mobil di atas, Jeep kembali bakal meluncurkan mobil terbarunya, yaitu mobil Jeep All New Grand Cherokee pada 2023 mendatang. Harganya tidak semahal Gladiator dan diluncurkan terlebih dahulu di India dengan harga 7,75 juta rupee atau sekitar Rp1,4 miliar.

Mobil ini siap bersaing dengan mobil-mobil dari Eropa. Sebut saja Mercedes Benz GLE, BMW X5, Audi Q7, Range Rover Velar, sampai dengan Volvo XC90.

Eksterior All New Grand Cherokee 2023

Mulai dari area gril, terdapat tujuh bilah kotak sebagai ciri khas yang diapit head lamp yang lebih sipit dan sudah menggunakan LED. Bempernya menonjol pada bagian bawah dengan bagian tengah yang melebar. Tampilan All New Grand Cherokee tampak depan ini mirip dengan Grand Wagoneer 2022 yang lebih dulu diluncurkan.

Jika dilihat dari samping, Grand Cherokee memberi kesan persegi. Ada pilar C yang dicat berwarna hitam sehingga menghasilkan efek floating roof. Bagian belakangnya terdapat lampu stop kombinasi dan bentuk bemper yang membuatnya lebih ramping.

Baca juga: Spesifikasi Jeep Compass 2022, Harga, Fitur, dan Lainnya

Interior All New Grand Cherokee 2023

Masuk ke sisi interior, All New Grand Cherokee juga memberikan kesan mewah pada sisi kabinnya. Terdapat layar 10,25 inci di depan pengemudi dan ada layar 10,1 inci di dashboard tengah penumpang depan.

Kesan mewah ini terlihat elegan juga dengan aksen kayu premium. Terdapat kombinasi kulit serta warna hitam dan cokelat. Ada beberapa panel black gloss juga yang membuatnya berbeda dengan model sebelumnya. Di India, mobil ini cuma ada versi 5-seat, sedangkan secara global akan diluncurkan juga versi 7-seater.

Mesin All New Grand Cherokee 2023

Mesin yang dipasang pada All New Grand Cherokee 2023 adalah mesin bensin 2.0 liter empat silinder turbo dengan tenaga 275 hp. Mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan konvensional. Terdapat empat mode berkendara, yaitu Auto, Sport, Mud/Sand, dan Snow.

Mobil Jeep ini kabarnya bakal diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang bakal diselenggarakan pada 16-26 Februari 2023 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Itu tadi pembahasan tentang mobil Jeep terpopuler dan termahal 2022 dan mobil baru yang bakal rilis di 2023. Mobil Jeep bekas juga tidak kalah keren. Akan tetapi, pastikan bahwa performa mobil bekas tetap terjaga dengan melakukan perawatan berkala di bengkel terdekat. Salah satu yang wajib dilakukan adalah ganti oli. Mari booking servis melalui aplikasi Otoklix, banyak promonya!

Pertanyaan Seputar Mobil Jeep

Beberapa jenis mobil Jeep di antaranya adalah Jeep Renegade, Jeep Compass, Jeep Cherokee, Jeep Wrangler JL, dan Jeep Gladiator. Harganya mulai dari Rp599 jutaan sampai Rp2,35 miliar.

Untuk varian terbaru, Jeep Rubicon 2022 dibanderol dengan harga Rp2,18 miliar. Namun, untuk unit bekas Jeep Rubicon 2007 dibanderol dengan harga Rp615 jutaan.

Mobil Jeep memang dikenakan pajak yang lebih tinggi sebab harga mobilnya juga yang memang tinggi. Misalnya untuk Jeep Wrangler, pajak tahunannya bisa Rp10 juta – Rp15 jutaan.