Maruti Suzuki secara resmi baru saja memperkenalkan mobil Suzuki terbarunya yakni Suzuki Tour S yang menyasar pasar entry level di India. Suzuki Tour S diklaim menjadi mobil sedan irit BBM yang dijual dengan harga cukup murah.

Suzuki All New Tour S cocok sebagai mobil dalam kota karena konsumsi bahan bakarnya yang efisien. Sedangkan tampilan desainnya cukup modern dilengkapi fitur-fitur fungsional. Namun, OtoFriends jangan terkejut karena desain Suzuki Tour S menyerupai mobil Suzuki Swift khususnya pada bagian grille dan guratannya.

Maruti Suzuki mengklaim bahwa dengan kehadiran Suzuki All New Tour S ini maka pengemudi dan penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang sempurna. Bahkan Suzuki Tour S diprediksi akan merenggut pasar Honda Brio. Penasaran? Yuk, kita intip spesifikasi mobil ini dan harganya bila dijual di Indonesia.

Baca juga: Intip Spesifikasi mobil bekas suzuki swift, Berminat?

Desain eksterior

Terdapat 3 pilihan warna yakni warna Midnight Black, Silky Silver, dan Arctic White. Sedangkan dimensi mobil Tour S memiliki panjang 3995 mm, lebar 1735 mm, tinggi 1515 mm dan jarak sumbu roda 2450 mm.

Mengingat mobil Suzuki terbaru ini menyasar pasar pada kelas entry level, tak heran bila tampak luar desain eksteriornya terlihat sederhana. 

Suzuki Tour S terbuat di atas platform generasi kelima dari Heartect. Mobil Tour S berdesain kompak dan bulat yang dikawinkan dengan bumper dan grille sederhana sehingga terlihat besar dan bulat.

Desain velg kaleng, spion mobil, logo emblem “Tour S” pada buritan, handle pintu dan penutup spion polos berwarna sama dengan body mobil semakin mempertegas konsep sederhana pada mobil ini. 

Belum lagi Headlamp lampu depannya masih menggunakan lampu halogen dan lampu belakang masih berukuran besar. Velg mobil Suzuki Tour S berukuran 14 inci dengan spesifikasi ban mobil 165/80 R14.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2023, Hybrid 300 Juta

Desain interior

Bagaimana dengan desain dan fitur-fitur di dalam ruang kabin? Saat pertama kali membuka pintu mobil, kita akan melihat warna kombinasi beige kombinasi hitam yang mendominasi ruang kabin, khususnya pada bagian dasbor dan doortrim mobil.

Suzuki membekali Head Unit touch screen, tombol audio pada sistem kemudi, power window dan juga AC digital. 

Fitur entertainment lainnya pada ruang kabin antara lain soket pengisian daya smartphone, filter Pollen, jangkar kursi menggunakan ISOFIX, pengaturan AC manual, dan pengaturan kunci pintu otomatis.

Fitur

Sekalipun harga Suzuki Tour S cukup murah, masih Rp100 jutaan, tetapi keunggulannya selain irit konsumsi bahan bakar adalah Suzuki tetap membekali fitur-fitur keselamatan berteknologi modern.

Fitur-fitur tersebut antara lain Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sistem kecepatan khusus,  Brake Assist (BA), airbags depan sebanyak 2 buah, sensor mundur,  Electronic Stability Program (ESP), serta beberapa fitur keselamatan dan keamanan lainnya.

Baca juga: 11 Mobil Sedan Murah dengan Harga 100 Jutaan

Spesifikasi mesin

Sementara itu, bagian dapur mesinnya, Suzuki memproduksi 2 varian Suzuki Tour S dengan mesin yang berbeda, yakni varian standar yang menggunakan mesin K-Series Dual Jet, Dual VVT berkapasitas 1.2 L. 

Adapun varian yang kedua menggunakan mesin CNG atau Compressed Natural Gas yang berasal dari gas alam yang telah terkompresi.

Mobil bermesin bensin mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89,7 ps pada 6.000 rpm dan capaian maksimal torsi sebesar 113 Nm pada 4.400 rpm. 

Sedangkan pada Suzuki Tour S varian CNG menghasilkan daya maksimal sebesar 77,4 ps pada 6.000 rpm dan capaian maksimal torsi sebesar 98,5 Nm pada 4.300 rpm.

Selain itu, Suzuki juga membekali transmisi manual 5 percepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda depan. 

Kemudian konsumsi bahan bakarnya sendiri untuk mesin bensin sebesar 23,15 kilometer per liter dan pada mesin CNG sebesar 32,12 kilometer per kilogram. 

Konsumsi bahan bakar pada mesin CNG lebih irit 21 persen daripada model lamanya. Adapun kapasitas tangki bensin sebesar 37 liter, dan tangki untuk mesin CNG sebesar 55 liter (setara air).

Harga Suzuki Tour S

Di India, Suzuki menawarkan Tour S dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Harga Suzuki Tour S varian bensin 1.2 L MT sebesar 6,51 Lakh Rupee atau setara dengan Rp119,6 juta. 

Adapun harga Suzuki Tour S varian mesin CNG sebesar 7,36 Lakh Rupee atau setara dengan Rp135,3 juta.

Pada pameran otomotif GAIKINDO mendatang, kabarnya Suzuki akan membawa beberapa mobil terbaru dan andalannya. Biasanya ada beragam promo yang bisa kita dapatkan bila datang untuk membeli langsung.

Tips merawat mobil murah atau mobil bekas agar tetap memiliki performa layaknya mobil baru untuk OtoFriends. Pertama rutin membawa mobil ke bengkel mobil langganan untuk melakukan servis mobil rutin secara berkala guna menjaga performa dan mendeteksi adanya gangguan pada mobil.

Tips yang terakhir OtoFriends bisa memoles tampilan eksterior mobil di bengkel body repair atau menambahkan beberapa aksesoris tambahan sesuai daya listrik mobil.

Pertanyaan Seputar Suzuki Tour S

Harga Suzuki Tour S varian bensin 1.2 L MT sebesar 6,51 Lakh Rupee atau setara dengan Rp119,6 juta. Adapun harga Suzuki Tour S varian mesin CNG sebesar 7,36 Lakh Rupee atau setara dengan Rp135,3 juta.

Suzuki Tour S memiliki 2 varian yakni mesin bensin 1.2 L K-Series Dual Jet, Dual VVT dan mesin CNG.

Fitur-fitur tersebut antara lain Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sistem kecepatan khusus, Brake Assist (BA), airbags depan sebanyak 2 buah, sensor mundur, Electronic Stability Program (ESP).