Audi A7 yang dikenal sebagai salah satu mobil mewah besutan Jerman ternyata kini mulai mendapatkan tempat di Indonesia sebagai brand penyegar dominasi Mercedes Benz dan BMW. Bawaan Mesin yang mumpuni dan penggunaan material aluminium yang ringan dan kuat pada bodi membuat Audi A7 nampak semakin bersinar di kelas menengah ke atas.. 

Adanya Audi Driven Club Indonesia sebagai club mobil Audi di Indonesia semakin memperkuat eksistensinya di dunia otomotif Indonesia. Tidak hanya bertumpu pada performa mesin yang semakin powerful tetapi pada Audi A7 juga disematkan kemewahan fitur-fitur canggih.

Lalu, apa saja fitur-fitur canggih tersebut? Apakah fasilitas yang diberikan Audi A7 sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan? Simak ulasan mengenai spesifikasi lengkap dan harga mobil Audi A7 di bawah ini.

Baca juga: Cara Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat di Musim Hujan

Spesifikasi Mobil Audi A7

Mobil Audi A7 adalah mobil sportback dari merk Audi asal Jerman. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, pastikan OtoFriends sudah tahu detail mobil Audi A7 agar tidak salah melangkah. Berikut spesifikasi lengkapnya.

  1. Dimensi 

Audi A7 memulai debutnya pada tahun 2011 dan menjadi alternatif pilihan bagi konsumen yang menginginkan sedan mewah berukuran sedang. Audi A7 dibekali dengan 4 pintu berkapasitas 5 penumpang. 

Dibanding seri A6 dan seri yang lain, Audi A7 menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan sehingga bobot A7 mencapai 1.964 kg yang tergolong tidak ringan. Audi A7 yang diluncurkan pada tahun 2019 oleh PT Garuda Mataram Motor tersedia dalam tiga varian yakni Audi A7 2019 Premium, Audi A7 2019 Premium Plus dan Audi A7 2019 Prestige.

Audi A7 2022 sebagai seri terbaru hanya muncul dengan satu varian yakni A7 3.0L T FSI Quattro Sportback. Mobil ini berdimensi 4.968 mm x 2.118 mm x 1.422 mm.

  1. Performa Mesin

Audi A7 Sportback 2022 bermanuver dengan mesin 3.000 cc V6 supercharged transmisi otomatis sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 310 Hp dan torsi 500 Nm dengan putaran mesin 5.100 rpm. 

Audi A7 terbaru ini menggunakan transmisi 8 percepatan dengan paddle shift dan penggerak 4 roda atau All wheel drive (AWD) Quattro khas Audi. Terdapat perbaikan pada performa mesin sehingga penghematan bahan bakarnya sangat baik.

Pantas saja akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya ditempuh dengan waktu 6.2 detik. Meskipun demikian OtoFriends tidak dapat sembarangan memacu mobil secepat itu terutama di jalanan ibu kota yang padat kan? 

Untuk perawatan mobil, jangan lupa untuk tetap memperhatikan interval servis rutin Audi A7 yakni setiap 12 bulan sekali atau apabila mobil sudah berjalan hingga 10.000 kilometer.

Desain Mobil Audi A7

Selain performa mesin yang mumpuni, faktor penting dalam memilih sebuah mobil adalah desain eksterior dan interiornya. Hal ini berhubungan dengan kepuasaan, prestige, kenyamanan dan kemudahan berkendara. Mari kita telusuri desain mewah dan agresif dari Audi A7 berikut ini. 

  1. Interior 

Meskipun secara desain tidak begitu berubah dengan terdahulunya, Otofriends akan disuguhkan dengan kualitas interior Audi A7 yang sangat detail. Kemewahan ditunjukkan dengan instalasi bahan kayu lapis matte, permukaan dasbor piano hitam dan semua cover jok berbahan kulit. 

Terdapat Audi Virtual Cockpit TFT dengan berbagai mode yang bisa dikonfigurasi ulang. 

Ada dua layar sentuh di tengah dashboard. Layar atas 10.1 inch berisi fitur pengoperasian  radio, navigasi dan pengaturan lainnya. A7 juga bisa menyimpan tujuh profil pengemudi yang berbeda.

Dibawah layar besar tersebut terdapat layar 8.6 inci yang lebih rendah akan mengontrol pengaturan iklim. Bahkan sistem terbarunya memungkinkan pengenalan suara yang dengan lebih banyak perintah bahasa alami. 

OtoFriends dapat mengatur iklim hanya dengan mengatakan “saya kepanasan/kedinginan” lalu sistem akan bertanya berapa suhu yang diinginkan. Wah, fitur canggih ini benar-benar memukau kan! 

Keamanan berkendara juga semakin solid dengan adanya penyesuaian kecepatan untuk menjaga jarak aman dari mobil di depan. Mobil secara otomatis dapat mengurangi kecepatan ketika berada pada jalan menikung atau persilangan.

Untuk mendapatkan ruangan yang semakin lega, OtoFriends bisa melipat kursi belakang dan mendapatkan hingga 1.387 liter ruang penyimpanan.

  1. Eksterior

Audi A7 didesain dengan pintu belakang model hatchback atau liftback namun tetap dikategorikan sebagai mobil sedan. Pada pintu belakangnya terdapat  teknologi rear door power liftgate yang dapat membuka otomatis dengan menggunakan remot sebagai sistem operasinya.

Audi A7 tetap mengusung ciri khas mobil Audi dengan menggunakan Grille yang besar dan lebar. Posisi logo empat bintang Audi dibuat lebih rendah dan atap yang lebih pendek dari A6. 

Pada sistem pencahayaan, Audi A7 menggunakan LED Daytime Running Lights pada lampu depan mobil yang terkesan lebih agresif dan tajam. Untuk menambah kesan mewah, pintu samping Audi A7 menggunakan model frameless dengan tampilan hatchback yang panjang.

Pada bagian roda, Audi A7 menggunakan ban jenis radial dan Ukuran Ban 255/45 R18. Velg berukuran R18 dengan ukuran Velg Alloy 18 inch.

Baca juga : spesifikasi dan harga nissan juke

Kelebihan dan Kekurangan Audi A7

Setelah mengenal Audi A7 lebih dalam, tentu OtoFriends ingin mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya dibanding dengan mobil mewah sejenis. Ikuti terus ulasannya berikut ini.

  1. Kelebihan Audi A7

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada pada mobil Audi A7:

  • Tampilan mobil yang mewah
  • Performa mesin powerful dan tangguh
  • Menggunakan teknologi yang canggih
  • Fitur keselamatan Audi A7 diantaranya adalah Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Vehicle stability control system
  1. Kekurangan Audi A7

Dari segi desain eksterior maupun interior,  Audi A7 belum memberikan pembeda yang signifikan dengan model Audi yang lainnya kecuali dari desain mobil bagian belakang. Tentu saja hal ini dapat membuat respon pasar menjadi turun karena tidak ada yang begitu spesial dari segi tampilan.

Berapa Harga Audi A7 Terbaru?

Penasaran, berapa harga Audi A7 terbaru? Dengan fitur canggih yang tersedia pada Audi A7, jangan heran bila harga yang dibanderol untuk bisa membawa pulang mobil mewah ini berkisar 1,897 miliar rupiah. 

Untuk mobil bekasnya, Audi A7 3.0 3.0 TFSI Sportback – TFSI yang dikeluarkan pada tahun 2014 dibanderol dikisaran harga 699 juta

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Pesaing Audi A7 2021

Dengan spesifikasi dan kualitas terbaik yang ditawarkan Audi A7,mobil mewah yang satu ini memiliki beberapa pesaing diantaranya adalah Mercedes-Benz CLS dan BMW seri 6 Gran Coupe 4 pintu dengan harga yang tidak begitu jauh yakni 1,85 miliar

Itulah ulasan mengenai spesifikasi lengkap dan harga mobil Audi A7 yang dapat dijadikan referensi dalam memilih mobil dengan kategori premium yang mewah. Bagi OtoFriends yang ingin mengetahui spesifikasi dan harga mobil lainnya, dapat membaca berbagai artikel dari blog otomotif.

Selain itu, Otofriends yang sering berpergian ke luar kota dan mengalami kesulitan saat komponen mobil rusak, bisa mencari tahu bengkel terpercaya dengan teknisi ahli di bidangnya hanya di bengkel terdekat.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Audi A7

Audi A7 berkapasitas 3000 cc

Mercedes Benz CLS

Harga Audi A7 terbaru mencapai Rp1,987 miliar rupiah