Mini Clubman adalah jenis mobil yang meski harganya mahal dan bentuknya kecil tetapi tetap memiliki pasar dan penggemar yang fanatik. Penggunanya tidak hanya membeli karena kebutuhan akan alat transportasi tetapi juga ingin memanjakan hasrat untuk berkendara dengan mobil dengan model yang unik dan penuh dengan nilai historis. 

Mini Clubman 2022 resmi dipasarkan oleh BMW Group Indonesia dengan empat varian yakni Mini Clubman Cooper, Mini Clubman Cooper S, Mini Clubman Untold Edition dan John Cooper Works. Mobil MINI ini berkapasitas lima penumpang dan tersedia dalam 13 warna.Pada varian terbaru ruang kabin dibuat lebih leluasa dengan tetap mengusung desain unik khas Mini Cooper. 

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai spesifikasi mobil mercedes-benz secara detail beserta harganya.

Baca juga: Spesifikasi BMW X2 Lengkap dengan Harganya

Hadirnya Mini Clubman di Indonesia

Mini Clubman adalah mobil yang desainnya kental dengan nuansa British. Desainnya yang unik seolah tidak akan pernah ketinggalan jaman dan sangat kompatibel untuk semua jenis kalangan usia. Debut pada 2016 lalu, BMW cukup berani untuk berspekulasi dengan respon pasar. 

Mini Clubman dirancang dengan tetap membawa konsep MINI namun lebih berkelas dan mewah. Respon yang positif ditunjukkan dengan penjualan yang meningkat sekitar 34,6 persen pada tahun 2019. 

Spesifikasi Mini Clubman

Sebelum memutuskan untuk membeli Mini Clubman, OtoFriends tentu harus mencari tahu dahulu secara detail mengenai spesifikasi serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini.

  1. Dimensi Mobil 

Bentuk Mini Clubman mengalami perubahan menjadi lebih panjang 27 cm dan lebih lebar 9 cm sehingga dimensinya menjadi 4266×1800 mm dan wheelbase 2670 mm. Mobil ini memiliki ground clearance 141 mm. Dengan ukuran tersebut, sebenarnya Mini Clubman masih dapat disetarakan hatchback kompak. Akan tetapi, dengan image yang sudah melekat mobil ini tetap dilabeli mini meski masuk kategori estate.  

  1. Sistem Transmisi 

Sistem transmisi pada Mini Clubman Cooper dan Mini Clubman Cooper S adalah dual clutch 7-speed dengan jenis penggerak AWD sedangkan Mini Clubman Untold Edition dan John Cooper Works otomatis 8-speed dengan jenis penggerak AWD. 

Mesin yang digunakan pada Mini Clubman Cooper S, Mini Clubman Untold Edition dan John Cooper Works adalah 2.0L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve sedangkan Mini Clubman Cooper menggunakan 1.5L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve.

Masuk pada performa mesin, varian cooper memiliki kapasitas mesin yang paling kecil namun akselerasinya paling tinggi. Kecepatan maksimum mobil Cooper S ini mencapai 250 kmph dengan akselerasi tertinggi Cooper 9,1 s. Tenaga terbesar dihasilkan varian Untold Edition sebesar 306 hp. Semua mobil MINI ini menggunakan bahan bakar bensin.

Dilihat dari sistem transmisi dan performa yang tinggi, John Cooper Works adalah raja dari seri Mini Clubman ini.

  1. Desain Interior dan Eksterior 

Pada bagian kemudi, tipe Steering Gear menggunakan Rack & Pinion dengan kolom kemudi yang dapat diatur. Jenis kemudi power dan terdapat pengaturan posisi stir. Stir dan jok dilapisi kulit. Pilihan warna interior Piano Black menambah kesan sporty dan berkelas. 

Jenis ban yang dipakai Mini Clubman Cooper S, dan Mini Clubman Untold Edition adalah radian dengan ukuran ban 225/40 R18. ukuran velg 18 dan ukuran Velg Alloy 18 inch.

Eksterior pada varian Cooper S dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti penempatan tangki bahan bakar dibagian tengah, Adjustable Headlights, Velg alloy, Antena Terpadu, Wiper Kaca Belakang, lampu depan menggunakan LED

Suspensi pada bagian depan dan belakang menggunakan Adaptive Suspension dengan Shockbreaker menggunakan Coil Spring. Mobil MINI ini juga mengusuh ramah lingkungan dengan standar emisi euro 6.

Baca juga: Spesifikasi BMW 530i dan Harga Terbarunya

Kelebihan Mini Clubman

Mobil jenis cooper selalu memiliki peminat fanatiknya terutama karena desain eksteriornya yang memiliki kesan kuno. Namun demikian, Mini Clubman tidak hanya mengandalkan desain yang unik tetapi memiliki kelebihan-kelebihan yang semakin membuat OtoFriends tertarik untuk memilikinya. Berikut penjelasannya 

  1. Bagasi Belakang

Kapasitas bagasi cukup luas yakni 360 L. Kapasitas tersebut dapat ditingkatkan menjadi 1.250 liter dengan melipat sandaran kunci belakang ke bawah. Fasilitas ini cocok untuk berkendara jarak jauh atau liburan bersama keluarga dengan barang bawaan yang banyak.

  1. Desain yang Semakin Unik

Sebagai jenis mobil cooper, MINI Clubman tetap mempertahankan lampu depan bundar dengan surround chrome sebagai ciri khas pada bagian eksterior depan. retrofit berkualitas tinggi dihadirkan sebagai aksesoris original selain scuttle samping dan penutup spion eksterior.

MINI Clubman dibekali dengan pintu split di belakang yang bisa dibuka dengan  fungsi comport access. Pengemudi yang memegang kunci dapat membuka pintu secara otomatis dengan menggerakkan kaki di bawah apron. 

  1. Upgrade Fasilitas Kenyamanan

Sistem keamanannya dibekali Central Locking & Power Door Locks. Alarm Mobil, Anti Theft Device dan Engine Immobilizer. Untuk memberikan kenyamanan berkendara terdapat Ventilasi AC Belakang dan Automatic Climate Control.

Pada bagian kursi, MINI Clubman dilengkapi dengan pengaturan electric seat pada pengemudi dan penumpang depan. OtoFriends dapat mengatur tinggi tempat duduk, posisi longitudinal dan sudut sandaran.

Menilik fasilitas entertainment, MINI Clubman menyediakan streaming audio melalui koneksi Bluetooth, telepon hands-free dengan antarmuka USB dan Radio Mini Visual Boost. Terdapat navigasi dengan petunjuk arah suara dan Apple CarPlay dengan 12 speaker pendukung sebagai penjamin kejernihan suara.

Mini Clubman Vs Mini Countryman

Mini Clubman dan Mini Countryman adalah dua jenis mobil cooper yang sering dibandingkan karena keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama. Dari bentuk bodinya, mini clubman masuk pada kategori wagon sedang Mini Countryman masuk kategori SUV dengan dimensi yang tidak jauh beda.

Keduanya sama-sama menggunakan jenis penggerak MT, berbahan bakar bensin dan kapasitas mesin 1,5 L yang menghasilkan tenaga 136 PS dengan torsi 220 Nm. Perbedaan terjadi pada akselerasi dimana Mini Clubman dapat menyelesaikan  0-100 km / jam dalam waktu 9,1 detik sedangkan Mini Countryman menyelesaikannya dalam waktu 9,6 detik. 

Keduanya jenis mobil MINI ini membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Dari sisi harga, Mini Clubman lebih mahal dari Mini Countryman 

Baca juga:Spesifikasi BMW 218i Lengkap dengan Harganya

Berapa Harga Mini Clubman Terbaru?

MINI Clubman 2022 adalah versi terbaru dari Mini Clubman yang dibanderol dengan harga mulai dari 995 juta hingga 1,36 miliar dengan empat varian di atas. 

Dengan mencermati penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa Clubman adalah jenis mobil MINI yang convenience untuk pemakaian harian baik jarak dekat atau jauh dan untuk perjalanan individual atau hangout bersama teman dan keluarga. 

Tertarik membelinya? Atau justru ingin melihat pesaing Clubman yang bisa jadi lebih menarik? Temukan jawabannya hanya di Otoklix!

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mini Clubman berkapasitas lima penumpang.

Mini Clubman menggunakan bahan bakar bensin dengan transmisi otomatis

Mini Clubman Cooper, Mini Clubman Cooper S, Mini Clubman Untold Edition dan John Cooper Works.