BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW Seri 2 Gran Coupe Sport yakni BMW 218i di bulan Februari 2022 kemarin. Menariknya, BMW 218i dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Berapa harga BMW 218i?

BMW mencoba mengimplementasikan BMW M Performance Parts mobil balap dengan sempurna, sehingga mobil sedan BMW seri kedua ini merupakan mobil sedan yang dikombinasikan dengan coupe sport dan dirakit di Indonesia.

BMW mengklaim bahwa mobil BMW Seri 2 Gran Coupe ini cocok sekali digunakan untuk konsumen generasi muda, urban, hingga keluarga kecil untuk moda transportasi sehari-hari. BMW membekali mesin dan fitur yang membuat mobil sedan ini lebih ekspresif namun tetap elegan. Yuk, intip spesifikasi mobil BMW 218i.

Baca juga: Mobil Coupe: Jenis, Keunggulan, dan Bedanya dengan Mobil Sedan

Desain Eksterior BMW 218i

BMW Seri 2 memiliki dimensi panjang 4.526 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.420 mm dengan jarak sumbu roda 2.670 mm dan kapasitas bagasi sebesar 430 liter. 

Secara kasat mata, body mobil BMW 218i terlihat memiliki bentuk melebar dan body agak rendah namun tetap mempertahankan kesan gagah dan percaya diri. Hal ini lantaran BMW menyematkan ikon BMW klasik yang baru.

Lampu depan mobil ini didesain sedikit miring untuk mempertajam teknologi full yang digunakan di bagian LED lampu depan sehingga menciptakan kesan empat mata yang berbeda namun tetap mempertahankan karakteristiknya.

Tampak luarnya, BMW 218i memiliki siluet yang memanjang dan dinamis layaknya blueprint coupe klasik. Terdapat pula garis kidney grille dengan kontur lekukan yang cukup mencolok dan desain lampu belakang yang baru dan memanjang hingga ke bagian tengah ujung belakang.

Lampu belakang yang menggunakan full LED dengan desain yang lebih lebar namun tetap ramping ini menginterpretasikan bentuk BMW “L” yang baru tapi tetap familier dengan elemen lampu tunggal yang ramping.

Bentuk bagasinya menggunakan desain four-piece styling, krom knalpot berdiameter 90 mm, velg alloy ringan berdiameter 17 inci, double spoke style 549 bi-color dan orbit grey finishing serta run flat tire.

Baca juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

Desain Interior BMW 218i

Adapun di bagian interior mobilnya, terdapat dua layar besar headunit dengan ukuran diagonal mencapai 10,25 inci yang menggunakan teknologi BMW Live Cockpit Professional. Semua panel di dalam mobil bisa dikontrol melalui headunit tersebut, mulai dari AC mobil, fungsi kemudi lainnya hingga fitur hiburan.

Fitur hiburannya sendiri, BMW membekali BMW Operating System 7.0 terbaru. Kontrol display mobil ini memiliki resolusi tinggi sehingga cukup peka terhadap sentuhan. Kita bisa mengatur konfigurasi kombinasi layar besar sesuai keinginan kita.

Selain itu, BMW 218i juga disematkan fitur BMW Intelligent Personal Assistant dan BMW iDrive Controller terbaru supaya kita dapat mengontrol situasi medan jalan yang akan kita lintasi.

Di bagian kabinnya, aksen sporty namun tetap elegan mewah terlihat jelas dengan lapisan Sensatec Upholstery yang dikombinasikan dengan Illuminated Trim Berlin. Kompartemen bagasinya sendiri memiliki kapasitas sbsar 430 liter. Kita bisa memperluas lagi dengan melipat sandaran kursi belakang split 40/20/40.

BMW membekali mobil ini dengan sistem restraint ISOFIX untuk bangku anak-anak yang berada di bagian depan dan belakang.

Performa Mesin BMW 218i

Sementara itu, di bagian dapur pacunya sendiri, BMW 218i dibekali mesin bensin dengan kapasitas 1.5 L konfigurasi 3 silinder yang dikombinasikan dengan teknologi BMW TwinPower Turbo dan transmisi Steptronic 7-percepatan kopling ganda.

Dengan spesifikasi mesin tersebut, BMW 218i mampu mencapai tenaga maksimal sebesar 140 hp dan capaian torsi maksimal 220 Nm dari 1.480 sampai 4.200 rpm. 

Tak heran bila mobil sedan coupe sport ini mampu melakukan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 8,7 detik dengan kecepatan maksimal 213 km/jam.

Sistem penggerak roda yang disematkan BMW pada mobil BMW Seri 2 Gran Coupe Sport ini menggunakan arsitektur penggerak roda depan atau FWD BMW i ke brand BMW dan BMW Performance Control.

Performance Control ini yang akan mengontrol setiap roda mobil satu per satu. Dengan begitu, roda bagian luar dapat menerima daya penggerak yang lebih besar dibandingkan roda bagian dalam yang menerima daya lebih kecil sehingga keempat roda tersebut dapat menghasilkan traksi maksimal untuk menstabilkan mobil saat melaju dengan gesit.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, BMW membekali BMW 218i dengan BMW EfficientDynamics generasi terbaru sehingga konsumsinya jadi lebih irit hingga 16,9 km/liter dengan hasil emisi yang rendah.

Fitur BMW 218i

BMW membekali beragam fitur yang menggunakan teknologi canggih untuk menyempurnakan BMW 218i. Mulai dari Active Park Distance Control (PDC) yang berfungsi untuk membantu ekstensif saat kita melakukan parkir mobil, rear view camera, Parking Assistant dan juga Reversing Assistant.

Parking Assistant memberikan bantuan otomatis saat mobil berada di ruang parkir paralel atau tegak lurus dengan jalan dan saat akan melakukan manuver untuk keluar dari ruang parkir paralel tersebut.

Sedangkan Reversing Assistant berfungsi sebagai penyimpan sistem gerak kemudi saat baru saja digerakkan ke depan dengan kecepatan maksimal 36 km/jam atau 22 mph.

Fitur ini juga membantu memudahkan kita saat harus berkendara secara mundur dengan jarak maksimal 50 meter pada kecepatan maksimal 9 km/jam pada lintasan garis lurus yang sama persis dengan yang dibutuhkan saat mobil melaju ke depan.

BMW juga membekali fitur BMW Intelligent Personal Assistant yang dapat kita tentukan sendiri nama yang tepat untuk asisten ini. Untuk mengoperasikannya, kita hanya perlu mengucapkan “Hai/Halo/Hai BMW” untuk mengakses seluruh informasi dan fungsi pada fitur-fitur mobil BMW 218i.

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Harga BMW 218i

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai desain eksterior, interior performa mesin hingga fitur-fitur apa saja yang disematkan BMW pada mobil Sedan Coupe Sport ini, berapa harga BMW 218i?

BMW mengklaim bahwa harga BMW 218i cukup terjangkau untuk generasi muda. Dikutip dari situs bmwstore.id, harga BMW 218i Gran Coupe Sport Off The Road sebesar Rp717 juta, sedangkan harga On The Roadnya sebesar Rp811 juta per November 2022.

Untuk menjaga performa mobil BMW 218i dan meningkatkannya, kita perlu rutin melakukan servis mobil secara berkala di bengkel mobil resmi.

Pertanyaan Seputar BMW 218i

Harga BMW 218i Gran Coupe Sport untuk off the road sebsar Rp717 juta sedangkan untuk on the road sebesar Rp811 juta.

Fitur pada mobil BMW 218i di antaranya Active Park Distance Control (PDC), rear view camera, parking assistant, reversing assistant, BMW Intelligent Personal Assistant, BMW Live Cockpit Professional, BMW iDrive Controller dan masih banyak lagi.

BMW 218i dibekali mesin bensin dengan kapasitas 1.5 L konfigurasi 3 silinder yang dikombinasikan dengan teknologi BMW TwinPower Turbo dan transmisi Steptronic 7-percepatan kopling ganda yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 140 hp dan capaian torsi maksimal 220 Nm dari 1.480 sampai 4.200 rpm.