Rekomendasi mobil hybrid termurah lengkap dengan keunggulannya berikut ini bisa dijadikan bahan referensi bagi OtoFriends yang sedang mencari mobil Hybrid. Harga mobil hybrid 2023 mulai dari sekian ratus juta.

Keuntungan menggunakan mobil hybrid adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien daripada mobil berbahan bakar mesin. Meski begitu, harga mobil hybrid di Indonesia lebih mahal daripada harga mobil konvensional.

Harga mobil hybrid mahal karena penerapan teknologi tambahan untuk menyesuaikan sumber tenaga listrik untuk menggerakkan motor kendaraan. Sejak Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 kemarin, ternyata banyak ditemukan mobil hybrid dengan harga murah.

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

Mobil Hybrid Toyota

Kampanye ramah lingkungan di industri otomotif kian gencar sejalan dengan menjamurnya mobil hybrid yang mengaspal, khususnya di Indonesia. Beberapa di antaranya sebut saja mobil hybrid Toyota dan Suzuki. Seperti apa performa dan harga mobil hybrid Toyota.

1. Toyota Yaris Cross

Toyota membekali mobil hybrid Yaris Cross dengan mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89,9 hp untuk engine dan 79,1 hp. 

Adapun untuk motor penggerak listriknya menghasilkan torsi maksimal 121 Nm untuk engine dan 141 Nm untuk motor listriknya.

Harga Toyota Yaris Cross 2023 mulai dari Rp440,6 juta hingga Rp454,95 jutaan.

2. Toyota Innova Zenix Hybrid

Mobil Kijang Innova turut meramaikan kendaraan bermotor roda 4 hybrid di Indonesia. Mobil elektrifikasi pertama generasi Kijang Innova ini sudah diproduksi sejak akhir 2022.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dijual mulai dari Rp468,6 jutaan untuk tipe terendahnya hingga Rp621,6 jutaan untuk tipe tertinggi.

3. Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota memproduksi jenis mobil hybrid lain yakni Toyota Corolla Altis Hybrid yang dijual dengan harga Rp599,3 jutaan.

Toyota membekali Corolla Altis dengan mesin 2ZR-FXE dengan VVT-i 4 silinder, 16 valve DOHC. Mesin tersebut mampu mencapai tenaga maksimal 93,6 hp dan capaian torsi maksimal 141 Nm. 

Sedangkan untuk mendukung fungsi hybrid, Toyota membekali tenaga motor listrik P610 HEV transaxle yang menghasilkan 70,9 hp.

4. Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil hybrid terakhir dari Toyota adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang dijual dengan harga Rp608,4 jutaan. Toyota mengklaim mobil elektrifikasi ini merupakan mobil hybrid terlaris kedua seleta Innova Zenix Hybrid.

Adapun mesin yang digunakan memiliki kode 2ZR-FXE dengan kapasitas mesin 1.798 cc, 4 silinder DOHC dan teknologi VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 96 hp dan torsi 142 Nm, sedangkan motor penggerak listriknya menghasilkan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 162 Nm.

Baca juga: Tinjau Kembali! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Mobil Hybrid Suzuki

Selain Toyota, Suzuki juga banyak mengeluarkan mobil hybrid berkualitas dengan harga murah.

1. Suzuki New XL7 Hybrid

Pertengahan tahun 2023, yakni di bulan Juni 2023 kemarin Suzuki resmi meluncurkan mobil hybrid terbarunya di kelas SUV, Suzuki New XL7 Hybrid yang dijual dengan harga mulai dari Rp283,9 juta untuk tipe terendahnya dan Rp304,9 juta untuk tipe tertingginya.

Suzuki membekali mesin New XL7 dengan mesin berkode K15B berkapasitas 1.462 cc yang dikawinkan dengan teknologi mild hybrid khusus yakni Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). 

Selain itu, terdapat pula mesin Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium ion 10 Ah 12V yang disematkan di bawah jok penumpang depan.

2. Suzuki Grand Vitara Hybrid

PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan mobil hybrid terbaru, Suzuki Grand Vitara Hybrid, di bulan Februari 2023. 

Harga Suzuki Grand Vitara Hybrid tipe terendah dijual dengan harga Rp359,4 juta dan tipe tertinggi sebesar Rp387,4 jutaan. Grand Vitara Hybrid menggunakan mesin berkode K15C, kapasitas mesin 1.500 cc, dual jet dan teknologi SHVS.

3. Suzuki All New Ertiga Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid dari Suzuki selanjutnya adalah All New Ertiga Hybrid yang dijual dengan harga mulai dari Rp273,7 juta untuk tipe terendahnya dan Rp295,6 juta untuk tipe tertinggi.

Sama seperti mobil hybrid Suzuki lainnya, Ertiga Hybrid juga dibekali teknologi smart dari Suzuki (SHVS). Teknologi smart tersebut terdiri dari 2 komponen utama antara lain ISG dan baterai lithium untuk mendampingi mesin konvensionalnya.

Terdapat pilihan transmisi yang bisa kita pilih, yakni transmisi manual 5 percepatan dan torque converter automatic 6 percepatan.

Baca juga: Intip Biaya Servis Mobil Hybrid, Lebih Mahal atau Murah?

Mobil Hybrid Mitsubishi

Sementara itu, rekomendasi mobil hybrid murah dari Mitsubishi ada Mitsubishi Outlander PHEV dan Mitsubishi Xpander Hybrid.

1. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi memperkenalkan mobil hybridnya sejak tahun 2019. Mitsubishi Outlander PHEV menjadi mobil hybrid termahal saat ini karena harga lebih dari Rp1,3 miliar. Kendati demikian, Mitsubishi gak perlu berpikir 2 kali untuk memberikan diskon dan potongan harga yang tinggi hingga Rp500 juta.

2. Mitsubishi Xpander Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid lain dari Mitsubishi adalah Mitsubishi Xpander Hybrid yang dijual dengan harga Rp300 jutaan hingga Rp400 jutaan. Daripada Outlander, Xpander Hybrid dinilai lebih murah.

Xpander Hybrid memiliki teknologi khusus yakni inovatif Mitsubishi Electric Vehicle (i-MiEV) untuk mengisi ulang daya baterai melalui rem regeneratif. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 20 kWh dengan capaian jarak tempuh maksimal hampir 170 kilometer.

Demikianlah rekomendasi mobil hybrid termurah, mulai dari mobil hybrid Toyota, Suzuki dan Mitsubishi. Mobil hybrid menjadi salah satu solusi di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang cukup fantastis beberapa waktu belakangan ini.

Walaupun begitu, kita tetap bisa menghemat biaya operasional mobil dengan menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi dan rutin melakukan servis mobil untuk menjaga kestabilan dan kondisi kesehatan mesin mobil.

OtoFriends bisa menemukan Bengkel Otoklix terdekat melalui aplikasi Otoklix. Otoklix memiliki berbagai jenis bengkel antara lain bengkel mobil umum, bengkel auto detailing hingga salon cuci mobil.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Mobil Hybrid Termurah

Keuntungan menggunakan mobil hybrid adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien daripada mobil berbahan bakar mesin. Meski begitu, harga mobil hybrid di Indonesia lebih mahal daripada harga mobil konvensional.

Harga mobil hybrid mahal karena penerapan teknologi tambahan untuk menyesuaikan sumber tenaga listrik untuk menggerakkan motor kendaraan.

Harga mobil hybrid murah dari Suzuki yakni Suzuki All New Ertiga Hybrid yang dijual mulai dari Rp273,7 juta, disusul Suzuki New XL7 Hybrid Rp304,9 juta hingga Mitsubishi Outlander PHEV yang paling mahal sebesar Rp1,3 miliar.