BMW kembali memperluas portofolionya dengan menghadirkan BMW X2 di tahun 2018 lalu, setelah merilis BMW X1. Dengan begitu, OtoFriends yang ingin memiliki mobil seperti mirip dengan BMW X5 tetapi harga terjangkau dan lebih besar dari X1, maka BMW X2 adalah pilihannya.

X2 memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan BMW X Series lainnya. Ada unsur keunikannya sendiri tetapi tetap mempertahankan sifat fungsionalitasnya sebagai mobil.

    Mobil yang dikategorikan sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini berada di jajaran mobil premium lain seperti Mercedes-Benz GLA Class dan GLC Class, Mazda CX-9 dan Lexus UX. Harga BMW X2 mulai dari Rp800 jutaan saja, yuk cari tahu spesifikasi mesin, fitur-fitur yang dibekali BMW hingga desain eksterior dan interiornya.

    Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

    Desain Eksterior BMW X2

    Sekilas, eksterior X2 memiliki karakteristik yang sama dengan BMW X Series lainnya, khususnya X1, seperti kidney grille di bagian depan namun dibuat sedikit lebih besar di bagian grillenya yang dikombinasinya dengan air scoop dan air intake serta kisi-kisi model heksagonal warna hitam di bagian bumper depan.

    Terdapat lekukan di bagian grille berbentuk trapezoidal. Untuk pencahayaannya sendiri, BMW X2 dibekali full LED headlight dan LED Daytime Running Lights (DRL). Di bagian atapnya sendiri terdapat garis yang membentang dengan overhang yang pendek seperti mobil coupe. 

    Yang mempertegas kesan sporty terletak di bagian grafik kaca yang lebih tipis. Sedangkan untuk mempertegas kesan gagah dan gaharnya, BMW membekali X2 dengan aksen silver yang memanjang mulai dari overfender sampai side skirt.

    Logo BMW Roundel disematkan di bagian pilar C yang mirip sekali dengan desain logo BMW klasik seperti BMW 3.0 CSL dan BMW 2000 CS.

    Selain itu, terdapat rear spoiler dan side mounted aero edges dengan warna panel diffuser look. Pintunya sendiri memiliki lekukan buritan yang terlihat seksi. Kemudian, di bagian lampu belakang, BMW masih mempertahankan lampu LED khas BMW X Series.

    Mobil ini bisa dikatakan sebagai mobil SUV premium karena platform mobil menggunakan BMW UKL2 yang sama dengan MINI Countryman dan BMW X1.

    Baca juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

    Desain Interior BMW X2

    Sementara itu, di bagian interiornya, masih terasa sedikit ruang kabin BMW X1 yang mendapat penyegaran sehingga terasa lebih premium. 

    Misalnya saja format interior driver oriented dengan desain yang dinamis, desain dasbornya mengusung konsep driver focused sehingga konsol tengahnya diarahkan ke area pengemudi, dan area tuas transmisi yang lebih luas.

    Headunit mobil ini berukuran 5,7 inci TFT Display yang dibekali dengan interior trim finisher Aluminium Hexagon Anthracite dan seluruh tombol di bagian dasbor yang memiliki kelir high gloss black. Fitur infotainment sendiri, BMW memiliki sistem iDrive 6.0 terbaru yang mampu dikendalikan melalui iDrive Controller.

    Di bagian setir kemudinya, X2 menggunakan BMW Sport Steering dengan berbagai tombol multifungsi, di antaranya seperti pengaturan audio, telepon hingga speed limiter.

    Jok mobilnya dibuat menggunakan dua versi material berbeda di bagian tempat duduknya di antaranya Dakota Leather berwarna Magna Red dan versi kedua Micro Hexagon fabric Anthracite atau Alcantara dengan aksen jahitan berwarna kuning. Model tempat duduknya bertingkat sehingga menambah visibilitas selama perjalanan.

    Selain itu, terdapat panoramic rood dan kapasitas bagasi hingga 470 liter. Apabila kita melipat kursi di barisan kedua maka kapasitas bagasi meningkat hingga 1.355 liter.

    Performa Mesin BMW X2

    Bagaimana di bagian dapur pacunya? BMW membekali X2 dengan mesin berkapasitas 1.5 L yang dikawinkan dengan 3 silinder BMW TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 hp dan capaian torsi maksimal sebesar 220 Nm.

    Tenaga-tenaga tersebut akan disalurkan ke roda melalui sistem transmisi 7 percepatan Steptronic Dual Clutch. Kemampuan akselerasi X2 dari 0 – 100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 9,6 detik dengan kecepatan maksimal 205 km/jam. BMW mengklaim bahwa X2 cukup irit penggunaan bahan bakarnya hingga 17,8 km/liter.

    Fitur BMW X2

    Selayaknya mobil BMW, X2 dibekali fitur mode kendaraan BMW yakni Driving Experience Control yang terdiri dari tiga mode berkendara, di antaranya Eco Pro, Comfort, dan Sport. 

    Mode Sportnya memiliki sistem Driving Experience Control yang mampu merespons mesin dengan maksimal dan mengontrol setir kemudi sehingga kita dapat mengendalikan mobil saat melakukan akselerasi pada kecepatan yang kita inginkan.

    Selain itu terdapat fitur Park Distance Control yang berguna saat kita melakukan manuver parkir, Active Cruise Control dan speed limiter untuk menjaga kecepatan mobil sesuai keinginan kita tanpa perlu menginjak pedal gas penuh.

    Adapun fitur keselamatannya sendiri terdiri dari dua jenis yakni fitur keselamatan aktif dan pasif. Untuk fitur keselamatan aktif, mobil SUV premium ini dibekali dengan DSC incl. DTC (Dynamic Traction Control), Anti-lock Braking System (ABS), pull away assistant, braking readiness, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Dynamic Braking Lights, Multi Collision Brake, hingga dry baking and fading compensation.

    Sedangkan fitur keselamatan pasifnya seperti seatbelt di 3 titik pada setiap tempat duduk dan airbag pada 6 titik.

    Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

    Harga BMW X2

    BMW X2 memiliki dimensi panjang 4.360mm, lebar 1.824 mm, dan tinggi 1.526 mm dengan jarak poros roda sebesar 2.670 mm. Varian warna mobil ini hanya ada warna Yellow.

    Perihal harganya, dikutip dari situs bmwstore.id, harga BMW X2 Off The Road sebesar Rp889 juta sedangkan harga On The Road sebesar Rp1 Miliar per November 2022, harga tersebut bisa saja berubah tanpa pemberitahuan.

    Keunggulan dan Kelemahan BMW X2

    Apakah OtoFriends mulai mempertimbangkan untuk membeli BMW X2? Selain spesifikasi performa mesin, fitur yang dibekali oleh BMW, hingga desain eksterior dan interiornya, masih ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk membeli mobil ini, khususnya dari aspek keunggulan dan kelemahan mobil BMW X2.

    Keunggulan BMW X2, di antaranya:

    • Memiliki desain yang sporty dan agresif
    • Memiliki kapasitas bagasi yang luas
    • Memiliki spesifikasi mesin terbaik
    • Memiliki platform terbaik untuk model mobil BMW

    Sementara itu, kelemahan mobil ini, di antaranya:

    • Mesin mobilnya hampir mirip dengan BMW X1
    • Tidak memiliki varian AWD untuk mobil BMW X2 Indonesia
    • Khusus di Indonesia, unit yang dijual dalam jumlah terbatas

    Namun, yang perlu diingat oleh OtoFriends saat hendak membeli mobil adalah mencari tahu bagaimana cara merawat dan memperbaiki mobil. Misalnya seperti kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mobil, bagaimana cara memeriksa mesin dan kaki-kaki mobil, hingga regulasi AC mobilnya.

    Pertanyaan Seputar BMW X2

    BMW X2 dengan kode model F39 merupakan SUV Crossover premium yang diperkenalkan di Paris Motor Show di tahun 2016, resmi diluncurkan di akhir 2017 dan diperjualkan di tahun 2018..

    Perihal harganya, dikutip dari situs bmwstore.id, harga BMW X2 Off The Road sebesar Rp889 juta sedangkan harga On The Road sebesar Rp1 Miliar.

    Fitur keselamatan BMW X2, beberapa di antaranya DSC incl. DTC (Dynamic Traction Control), Anti-lock Braking System (ABS), pull away assistant, braking readiness, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Dynamic Braking Lights, Multi Collision Brake, hingga dry baking and fading compensation.