BMW 530i tergolong ke dalam BMW Seri 5 generasi ke-7 (G30). Terdapat dua tipe yakni BMW 530i Touring M Sport dan BMW 530i Opulence. Mobil BMW Seri 5 ini merupakan mobil sedan saloon bergaya Station Wagon yang dikhususkan untuk para kolektor mobil mewah.

Mobil double cabin 2 atau 4 pintu penumpang ini dibekali teknologi khusus M Sport yang ikonik di bagian eksterior dan interior mobilnya. Harganya mulai dari Rp1.2 Miliar, seperti apa spesifikasi desain eksterior, interior, performa mesin, dan fitur-fitur yang dibekali BMW pada mobil ini? Yuk, kita cari tahu!

Baca juga: Koleksi Mobil Termewah Pemain Sepak Bola Dunia

Desain Eksterior BMW 530i

Mobil sedan keluaran BMW ini memiliki dimensi panjang 4.936 mm, lebar 1.868 mm, dan tinggi 1.479 mm dengan jarak sumbu roda 2.975 mm. Terdapat 7 pilihan warna, diantaranya Black Sapphire, Phytonic Blue, Bluestone Metallic, Alpine White, M Carbon Metallic, Bernina Grey Amber Effect, dan Sophisto Grey Brilliant.

Kita akan benar-benar dimanjakan dengan tampilan eksterior mobil BMW 530i yang begitu sempurna. Mulai dari desain headlamp yang masih mempertahankan karakteristik BMW namun dikombinasikan dengan LED dan Auto Delay Off Headlamps serta daytime running lights.

Menariknya, mobil 530i ini menggunakan LED spion elektrik yang telah dilengkapi dengan fitur blind spot monitor dan sunroof di bagian atas mobilnya.

Sedangkan grillenya sendiri menggunakan teknologi Laserlight yang dipadukan dengan aksen honeycomb di bagian bumper.

Berbeda dengan desain bagian depan mobil, di bagian belakang justru terlihat lebih sederhana tetapi tetap mengukuhkan kesan premium sporty. Terdapat stoplamp berdesain futuristik dan desain minimalis untuk knalpotnya.

Emblem M Sport itu sendiri disematkan di bagian spoiler depan, side skirts, bemper dan diffuser belakang. Sedangkan di bagian kaki-kakinya, BMW membekali mobil ini dengan velg alloy berukuran 19 inci bergaya Y-Spoke. Ukuran bannya sendiri di bagian depan menggunakan ban 245/35 dan di bagian belakang menggunakan ban berukuran 275/30.

Desain Interior BMW 530i

Untuk interiornya sendiri, BMW 530i menyuguhkan kemewahan dengan menggunakan material kulit berkualitas Sensatec untuk jok mobil, arm rest, doortrim dan di bagian bawah dasbornya. 

Fitur lain yang disematkan di dalam kabin mobil diantaranya 12 way power driver and passenger seat, Folding with Pass-Thru Center Armrest, Split-Folding Rear Seatback, dan Rear Ventilated Ducts di bagian belakang. 

Di bagian seatbelt, kita bisa melihat detail logo M. Penumpang benar-benar dimanjakan dengan material premium untuk setiap komponen ditambah luas kabin yang membuat kita semakin nyaman.

Di bagian headunit, BMW 530i ini memiliki Control Display berukuran 12,3 inci yang terkoneksi langsung dengan Apple CarPlay dan Android Auto melalui wireless. 

Kita bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi mobil melalui panel informasi tersebut, seperti compass, tachometer, trip meter, clock hingga external temperature display.

Fitur infotainment lainnya yakni pembaruan untuk tampilan interfacenya dengan menggunakan voice command dan gesture control. BMW juga membekali 530i dengan audio visual yang lengkap mulai dari audio input hingga external media control. 

Kapasitas bagasinya sendiri bisa mencapai 560 liter. Apabila kita melipat kursi bagian belakang, maka kapasitas bagasi bisa bertambah hingga 1.700 liter dengan maksimal daya angkut sebesar 750 kilogram.

Baca juga: 8 Koleksi Mobil Raffi Ahmad, Harganya Fantastis!

Performa Mesin BMW 530i

Sementara itu, di bagian dapur pacunya sendiri BMW 530i Touring M Sport menggunakan mesin TwinPower Turbo 4 silinder segaris double VANOS berkapasitas 2.0 L yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis Steptronic 8 percepatan.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 252 ps pada putaran 5.200 sampai 6.500 rpm dan capaian torsi maksimal sebesar 350 Nm. Mobil ini mampu melakukan akselerasi mulai dari 0 sampai 100 km/jam dalam kurun waktu 6,7 detik.

Sistem penggerak yang disematkan BMW pada mobil 530i adalah sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 86 L.

Fitur BMW 530i

Tak hanya itu saja, ada pula fitur, 8-Speed Sport Steptronic transmission with gearshift paddles,, M Sport brake in red high-gloss with ‘M’ designation, 

Dengan harga miliaran tersebut, fitur apa saja yang dibekali BMW untuk BMW 530i? Setelah sebelumnya sudah disebutkan bahwa mobil ini memiliki teknologi Steptronic Transmission with gearshift paddles untuk transmisinya dan M Sport Brake in Red High-Gloss with M Designation, terdapat fitur umum yang biasa dimiliki mobil premium, di antaranya:

  • Remote Engine Start
  • Ambient Light with Various Selectable Light Setting incl. Reading Lights in The Rear
  • BMW Laserlights incl. BMW Selective Beam
  • Interior rear-view mirror with automatic anti-dazzle function
  • Expanded exterior mirror package
  • Adaptive suspension
  • Active cruise control with with Stop&Go function
  • Parking Assistant incl. park assistant of parallel/lateral parking
  • Reversing assistant and rear-view camera
  • Driving Assistant consist of Lane Departure Warning
  • Lane Change Warning and front collision warning with brake intervention
  • Crossing traffic warning rear and rear collision prevention

Fitur airbagsnya sendiri cukup lengkap, yakni airbags driver and front passenger with seat occupancy detection for drives and passenger side, side airbags, head airbag for all 4 outer seats, dan knee airbag. 

Adapun fitur-fitur yang melengkapi sistem keamanan dan keselamatan mobil, meliputi:

  • Side impact protection
  • Dynamic Stability Control (DSC) with extended contents incl. Cornering Brake Control (CBC)
  • Automatic Stability Control (ASC)
  • Dynamic Brake Control (DBC)
  • Electronic Differential Lock Control (EDLC)
  • Dynamic Traction Control (DTC)
  • Dry braking
  • Fading support
  • Pullaway assistant
  • Brake assist
  • Three-point seat belts for all seats incl. Belt Tensioner and Belt Force Limiter
  • ISOFIX child seat mounting in rear outer seats incl.

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Harga BMW 530i

Setelah mengetahui spesifikasi detail mulai dari desain eksterior mobil, desain interior, spesifikasi mesin hingga fitur-fitur yang dimiliki BMW 530i, apakah OtoFriends tertarik untuk membelinya? Dikutip dari situs bmwstore.id, berikut ini harga BMW Series 5 per November 2022.

Tipe Mobil BMWHarga Off The RoadHarga On The Road
BMW 530i OpulenceRp1,28 MiliarRp1,46 Miliar
BMW 539i Touring M SportRp1,68 MiliarRp1,87 Miliar

Seperti yang sudah disebutkan bahwa mobil ini merupakan mobil khusus yang diperuntukkan untuk kolektor karena tergolong sebagai mobil BMW Station Wagon. Oleh karena itu, dalam masalah perawatannya tidak boleh dianggap enteng.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan komponen mobil seperti kondisi aki mobil, sistem pengereman hingga kaki-kaki mobil. 

Tips untuk OtoFriends supaya performa BMW 530i tetap stabil dan semakin meningkat, sebaiknya gunakan spare part asli produksi pabrikan BMW yang bisa didapatkan di bengkel mobil resmi.

Pertanyaan Seputar BMW 530i

Harga BMW 530i Opulence OTR sebesar Rp1,46 Miliar sedangkan harga BMW 530i Touring M Sport OTR sebesar Rp1,87 Miliar.

BMW 530i Touring M Sport menggunakan mesin TwinPower Turbo 4 silinder segaris double VANOS berkapasitas 2.0 L yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis Steptronic 8 percepatan.

Kapasitas bagasinya sendiri bisa mencapai 560 liter. Apabila kita melipat kursi bagian belakang, maka kapasitas bagasi bisa bertambah hingga 1.700 liter.