Hadir dengan mesin hybrid, konsumsi BBM Grand Vitara diklaim makin efisien. Mesin hybrid pada Grand Vitara mendukung efisiensi konsumsi BBM. Mengikuti saudara-saudaranya seperti Suzuki XL7 Hybrid dan Suzuki Ertiga Hybrid, Suzuki Grand Vitara juga memakai sistem yang sama. Yaitu, SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Berapa konsumsi BBM Grand Vitara per kilometer? Simak juga spesifikasi Suzuki Grand Vitara terbaru 2023 dengan mesin Smart Hybrid.

Tes Konsumsi BBM Grand Vitara per Kilometer

Suzuki Grand Vitara termasuk dalam kelas Small SUV. Mobil ini memakai sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Teknologi ini juga dipakai pada model Suzuki lain, seperti Suzuki XL7 Hybrid dan Suzuki Ertiga Hybrid.

Sistem SHVS ini bekerja dengan 2 komponen utama, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan juga baterai Lithium-Ion yang bisa mendukung pembakaran. Bedanya, Grand Vitara memakai mesin K15C yang mengusung teknologi Dual Jet (dual injektor) dan juga transmisi otomatis 6 percepatan. Kapasitas baterai Grand Vitara adalah 6 Ah. 

Hasil tes konsumsi BBM Grand Vitara dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam (rute dalam kota yang padat) adalah 16,6 km/liter. Hasil ini terbilang luar biasa karena lebih irit dibandingkan dengan mobil-mobil Small SUV lain di kelasnya.

Kalau kita membandingkan dengan mobil lain dan mengetes di rute dalam kota, Honda HR-V menunjukkan konsumsi 14,9 km/liter, Hyundai Creta Prima 14,4 km/liter, dan Kia Seltos GT Line 13,6 km/liter.

Baca juga: Daftar Mobil Terbaru 2023 yang Rilis di Indonesia

Sedangkan untuk rute tol dengan jalanan besar hambatan, hasil konsumsi BBM Grand Vitara menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Ada sumber yang mengatakan 18,4 km/liter, 22,2 km/liter, hingga 27,97 km/liter. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 37 liter.

Konsumsi BBM yang efisien ini tidak lepas dari peran engine assist ISG yang turut mendorong mobil pada kecepatan rendah-menengah. Ketika ISG bekerja, beban mesin jadi lebih ringan sehingga tidak banyak mengonsumsi BBM.

Mesin Baru Bikin Makin Irit

Suzuki Grand Vitara hadir di Indonesia pada tahun 2006. Kemudian, tersedia versi facelift-nya pada tahun 2009 dan 2012. Dibandingkan versi sebelumnya, tentu saja Grand Vitara sudah mengusung sederet fasilitas canggih.

Mesin Suzuki Grand Vitara berkubikasi 1.500 cc. Mesinnya kini dilengkapi dengan throttle by wire dan intake manifold tuning system. Teknologi ini yang mengatur pasokan bahan bakar ke ruang bakar supaya tetap efisien tetapi masih bertenaga.

Selain konsumsi BBM yang irit, Grand Vitara juga mencatat performa yang tinggi meskipun telah digeber dalam jarak jauh. Kemudian, dengan menggunakan tarikan roda belakang, mobil ini juga lebih tahan terhadap kondisi understeer saat bermanuver. Meskipun kecepatan di atas 130 km/jam, tetapi tetap bisa stabil ketika menikung.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2023, Hybrid 300 Juta

Spesifikasi Grand Vitara Terbaru, Smart Hybrid

Selain konsumsi BBM Grand Vitara yang irit, mesin terbarunya yang mengusung smart hybrid juga bikin sulit berpaling. Selain itu, Small SUV ini juga menjamin penumpang merasa nyaman berada di dalam kabin. Ini dia spesifikasi Grand Vitara terbaru.

Mesin dan Performa

Mobil ini disokong dengan mesin K15C empat silinder dengan volume 1.5 L dengan dua injektor dalam satu silinder atau dual jet. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 103 ps. Torsi puncaknya 136 Nm. Akselerasi Grand Vitara 2023 untuk mencapai 0-100 km/jam ini hanya 13,5 detik.

Tenaga ini didistribusikan dengan transmisi enam percepatan. Tenaganya dialirkan ke roda depan (FWD). Namun, Grand Vitara belum menggunakan transmisi CVT karena perawatan transmisi otomatis konvensional jauh lebih mudah.

Adanya Smart Hybrid Suzuki membuat mobil ini jadi lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Selain itu, respons ketika menyalakan mesin juga lebih cepat karena komponen mobil teraliri listrik dari baterai.

Eksterior

Meskipun Grand Vitara yang dirilis di Indonesia memiliki bentuk yang lebih compact, tetapi tetap tidak kehilangan aura tangguhnya. Tampilannya justru terlihat makin istimewa dengan adanya penambahan di sana sini.

Bodinya tampak sporty dengan velg 17 inci. Ground clearance-nya juga tinggi. Spionnya juga sudah dilengkapi kamera. Selain itu ada fitur citra 360 derajat pada tipe GX. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Mobil SUV Renault Koleos 2023

Interior

Interior Suzuki Grand Vitara juga makin upgrade. Kabinnya berkapasitas lima orang dengan ruang kaki yang lega. Pada tipe GX sudah menggunakan jok kulit, sedangkan tipe GL masih menggunakan fabric.

Fitur-fitur yang tersedia di interior Grand Vitara antara lain dual port USB, armrest, tombol lipat untuk menambah kapasitas bagasi, HUD, MID digital, head unit berukuran 9 inci, telescopic steering, dan lainnya.

Fitur keamanan

Fitur keselamatan yang disematkan pada Grand Vitara juga mumpuni. Terdapat SRS airbags yang dipasang pada dua kursi baris pertama, samping, dan juga curtain airbags. Di sisi lain, sistem pengeremannya juga sudah menggunakan ABS dan EBD.

Selain itu, dilengkapi juga Hill Hold Control yang memudahkan untuk menanjak. Kemudian, ada juga fitur proteksi pejalan kaki, alarm keamanan, panoramic sunroof dan sensor parkir.

Harga

Suzuki Grand Vitara dibanderol dengan harga Rp360 jutaan hingga Rp380 juta.

Itu dia pembahasan tentang konsumsi BBM Grand Vitara dan juga ulasan spesifikasi Suzuki Grand Vitara. Ternyata untuk sekelas Small SUV, konsumsi BBM Grand Vitara tergolong irit. Namun, tidak mengesampingkan performa mesinnya yang bertenaga.

Servis mobil secara berkala bisa bikin konsumsi bahan bakar lebih efisien. Contohnya adalah rutin ganti oli yang bikin gesekan mesin terasa mulus. Mesin yang tidak terlalu keras bekerja membuat kerja sistem pembakaran lebih ringan.

Servis mobil di Otoklix lebih hemat 30%, kualitas servis terjamin, dan suku cadang dijamin asli. Pelanggan juga bisa servis tanpa antri, datang ke bengkel mobil langsung ditangani dengan booking terlebih dahulu via aplikasi.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Grand Vitara


Grand Vitara memiliki angka konsumsi BBM yang terbilang irit di kelas Small SUV. Tes konsumsi BBM dilakukan dan menunjukkan 15,4 km/liter untuk kondisi lalu lintas normal dalam kota dan 19,8 km/liter untuk jalanan bebas hambatan.


Suzuki Grand Vitara termasuk jenis mobil SUV dengan kategori Small SUV. Tampilannya tangguh dengan desain yang kompak dan ground clearance yang tinggi.


Suzuki Grand Vitara 2007 memiliki kapasitas mesin 1.995 cc dan bisa menghasilkan tenaga hingga 138 hp. Torsi puncaknya mencapai 183 Nm. Harga Rp103 juta.