Nissan GT-R R36 sampai sekarang belum ada kabar kapan rilisnya. Terakhir, mobil Nissan GT-R diluncurkan pada bulan Desember 2007. Artinya sampai saat ini sudah hampir 15 tahun penerus GT-R R35 belum juga muncul. Nissan hanya melakukan facelift dan improvement agar mobil GT-R tidak ketinggalan zaman.

GT-R merupakan lini mobil sport kencang yang dimiliki oleh Nissan. Tetapi saat ini penjualan GT-R R35 sedang dihentikan karena adanya regulasi baru. Belum ada informasi mengenai improvement agar Nissan GT-R R35 bisa lolos regulasi. Banyak informasi yang beredar bahwa Nissan saat ini tengah mengembangkan Nissan GT-R R36. Apakah benar seperti itu?

    Nissan GT-R Seri Terakhir

    Nissan GT-R R35 adalah Nissan GTR terakhir yang dijual secara resmi sampai saat ini. Diluncurkan tepatnya tanggal 6 Desember 2007 di Jepang. GT-R R35 diperkenalkan di seluruh dunia pada bulan maret 2009. R35 merupakan penerus dari jajaran Skyline GT-R. Mobil ini memiliki julukan “Godzilla”.

    Sebutan nama Godzilla muncul pada seri Skyline GT-R R32, karena performa mesin yang buas seperti monster Godzilla pada film Jepang. Sebutan ini disematkan sampai seri Nissan GT-R R35, karena tenaganya bisa mencapai 600 hp dengan mesin 3.8L V6 twin turbo.

    Baca juga: Mobil Balap Keren, Super Cepat, Paling Ditunggu di Masa Depan

    Nissan GT-R R36 Concept

    Banyak rumor yang menyebutkan bahwa Nissan GT-R R36 sedang dikembangkan. Ada yang menyebutkan bahwa GT-R R36 akan hadir dalam bentuk mobil hybrid. Akan ada tambahan motor listrik pada mesin. Hiroshi Tamura selaku ketua pengembangan mobil Nissan GT-R mengkonfirmasi bahwa Nissan GT-R R36 akan disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

    Jika dilihat dari perubahan R32 sampai R34, semuanya menggunakan mesin sama RB26 dengan dua turbo dan all wheel drive. R36 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dengan 3.8L sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk R36 belum ada konfirmasi mengenai mesin jenis apa yang akan digunakan.

    Kapan Nissan GT-R R36 Release?

    Tamura-san memberikan bocoran bahwa Nissan GT-R R36 tidak akan muncul dalam waktu dekat. Bocorannya GT-R R36 akan hadir pada tahun 2027 dengan menggunakan platform yang sama dengan GT-R R35. Untuk simpang siurnya spesifikasi seperti apa belum ada informasi lanjutan.

    Jadi pertanyaan “kapan Nissan GT-R R36 rilis” sampai saat ini belum ada tanggal yang pasti. Nissan masih menjual mobil balap flagship GT-R R35 sampai saat ini. Mobil ikonik dengan lampu belakang model bulat berjajar dua ini akan memiliki pangsa pasarnya sendiri.

    Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

    Nissan GT-R R36 Versi Listrik

    Banyak yang menebak Nissan GT-R R36 akan menggunakan teknologi listrik pada mesinnya. Beberapa kompetitor sudah mulai menggunakan teknologi mesin hybrid pada beberapa mobilnya. Contohnya Ferrari 296 GTB, Honda NSX, Porsche Taycan, Lexus LC dan lainnya.

    Nissan sebenarnya sudah mulai mengembangkan teknologi hybrid pada mobil. Contohnya pada mobil Nissan Leaf yang dijual secara global. Soal pengalaman membangun mesin hybrid seharusnya tidak ada masalah. Tetapi pengembangan versi GT-R terbaru akan disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil JDM Keren yang Wajib Dimiliki

    Harga Nissan GT-R R36 Terbaru

    Untuk harga pastinya Nissan GT-R R36 terbaru sampai saat ini belum ada informasi yang valid. Nissan GT-R R36 juga belum dirilis sampai saat ini, yang ada hanya rumor dan hasil rendering gambar Nissan GT-R R36 terbaru. 

    Daripada menunggu R36 yang belum tahu kapan rilisnya, kamu bisa membeli Nissan GT-R R35 di Indonesia dengan harga mulai dari 2 miliar. Harga tentunya akan berbeda tergantung dari kurs dollar dan importir mobil. Untuk harga bekasnya bisa jadi lebih murah atau mahal, tergantung dari kondisi dan modifikasi yang sudah dilakukan.

    Agar mobil sport kamu tetap aman tidak banyak masalah, lakukan service rutin dan ganti oli pada bengkel terpercaya. Karena termasuk dalam mobil sport, tidak semua bengkel mau menerima mobil jenis ini. Lakukan pencarian bengkel terbaik lewat aplikasi Otoklix dan dapatkan rekomendasi bengkelnya. Selamat mencoba!

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Nissan GTR R36

    Harga Nissan GTR R35 di Indonesia saat ini mulai dari 2 miliar.

    Nissan GT-R 2022 bisa kamu dapatkan mulai dari 2 miliar belum termasuk pajak.

    Harga Nissan GT-R R34 bekas di Indonesia bisa kamu dapatkan mulai dari 1 miliar, tidak ada patokan harga pastinya.