Beberapa waktu lalu, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Bali. Dalam perhelatan presidency G20 tersebut, mobil presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mencuri perhatian khalayak. Mobil yang dijuluki ‘The Beast’ tersebut memiliki banyak kelebihan. Simak penjelasan lengkap mobil presiden Amerika di KTT G20 berikut ini!

The Beast Diklaim sebagai Kendaraan Paling Aman

Perlu diketahui, The Beast bukanlah sebuah merek mobil, melainkan call sign atau tanda panggilan. Nama lain dari mobil presiden Amerika di KTT G20 ini adalah Cadillac One, First Car, dan Stagecoach. Selain itu, mobil The Beast juga diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia. Mobil yang dibanderol sekitar Rp21,9 miliar ini disebut-sebut bisa menahan serangan bom dan tembakan senjata api.

Pintu mobil bahkan dilapisi baja 8 inci dan dilengkapi segel untuk menahan ancaman serangan dari senjata biologis dan kimia. Pada bagian jendela mobil dilengkapi polikarbonat, bahan kaca anti peluru yang tebalnya lima inci. Namun, hanya jendela samping pengemudi yang bisa dibuka. Ban mobil juga diperkuat dengan serat tekstil kevlar yang bisa berjalan di atas pelek baja. Canggihnya lagi, The Beast dilengkapi kamera night vision yang bisa memperjelas pandangan dalam situasi cahaya minim.

Baca juga: Bandingkan Mobil Presiden Jokowi, Bung Karno, dan Joe Biden

Mobil Dilengkapi Senjata Hingga Darah Joe Biden

Selain ditumpangi presiden, The Beast yang terdiri dari tujuh kursi ini juga ditempati oleh dua agen Secret Service. Untuk memperketat keamanan, mobil jenis limosin ini juga dibekali senapan dan cadangan oksigen dalam bagasi bila ada serangan kimia. Bagian depan kendaraan juga dilengkapi senjata untuk berjaga-jaga terhadap ancaman penyerangan.

Dalam kondisi darurat, The Beast juga menyimpan sebuah kotak berisi darah presiden guna transfusi darah. Saat terjadi baku tembak, mobil ini juga tidak mudah terbakar karena menggunakan bahan bakar khusus.

The Beast Diangkut Pesawat Khusus

Ke mana pun presiden AS Joe Biden pergi, mobil The Beast ini setia menemani. Saat ada tugas negara di luar negeri, seperti KTT G20 di Bali, mobil ini diangkut oleh pesawat khusus bernama C-17 Globemaster.

Baca juga: Mobil Presiden Indonesia dari Era Bung Karno hingga Jokowi

The Beast Dikemudikan oleh Secret Service

Pengemudi mobil The Beast tentu bukan sembarangan orang. Mereka berasal dari Secret Service, sebuah badan di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri AS yang tugasnya memang melindungi para pemimpin AS.

Tidak hanya melindungi presiden, Secret Service juga melindungi keluarga pemimpin atau kepala negara lain yang berkunjung ke AS. Sekilas pengemudi The Beast tampak seperti pengemudi mobil biasa, padahal mereka dilatih untuk melakukan beberapa manuver dan prosedur keamanan lainnya.

Makna Plat 800-002

Selain mobil yang mencuri perhatian, plat nomornya pun juga tidak lepas dari sorotan. Plat nomor The Beast adalah 800-002. Konon plat nomor tersebut mengacu pada alamat Istana Presiden AS, yakni Gedung Putih di Washington DC.

Angka 800-002 dikalikan dua menjadi 1600, yang mengacu pada nomor 1600 Pennsylvania Avenue, N.W. Washington, DC. Fakta lainnya, angka 800-002 sudah digunakan sebelum masa kepemimpinan Joe Biden. Saat Joe Biden dilantik sebagai presiden, The Beast sempat mengganti plat nomor 46 yang artinya Joe Biden adalah presiden AS ke-46. Namun, pada kesempatan lainnya presiden kembali menggunakan plat nomor 800-002.

Baca juga: Harga Plat Nomor Cantik, Cara Membuat dan Peraturannya

Itulah sejumlah fakta penting mengenai mobil presiden Amerika di KTT G20 Bali. Mobil yang dirancang khusus untuk melindungi presiden AS tersebut memang tidak bisa ditumpangi sembarang orang.

Tidak harus menumpang mobil presiden untuk merasakan mobil canggih. OtoFriends masih bisa membeli mobil jenis lain yang lebih ramah di kantong. Baik mobil presiden maupun mobil rakyat biasa, hal yang sama-sama tidak boleh dilupakan adalah service rutin. Sebab, service rutin bisa mencegah kendaraan mengalami kerusakan.

OtoFriends dapat melakukan service rutin di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Tidak hanya mendapatkan jaminan bebas antrian, OtoFriends juga akan mendapatkan berbagai layanan menarik lainnya.

Pertanyaan Seputar Mobil Presiden Amerika di KTT G20

The Beast merupakan mobil canggih yang diproduksi oleh General Motors. The Beast bukanlah sebuah merek mobil, melainkan call sign atau tanda panggilan. Nama lain dari mobil presiden Amerika di KTT G20 ini adalah Cadillac One, First Car, dan Stagecoach. Selain itu, mobil The Beast juga diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia. Mobil yang dibanderol sekitar Rp21,9 miliar ini disebut-sebut bisa menahan serangan bom dan tembakan senjata api.

Mobil The Beast ditaksir memiliki nilai mencapai Rp21,9 miliar. Dengan harga tersebut, The Beast memiliki spesifikasi canggih dan tingkat keamanan tinggi.

Mobil Cadillac One juga biasa disebut The Beast, yakni kendaraan yang digunakan oleh presiden AS. Mobil berjenis limosin ini juga digunakan Joe Biden saat menghadiri KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.