Tampilan luar memang jadi daya tarik yang pertama dilihat oleh orang-orang, baik waktu mau membeli mobil atau saat melihat mobil melintas di jalan. Beberapa pengguna bahkan memodifikasi tampilan luar mobil. Ini dia nama nama aksesoris eksterior mobil yang bisa dipasang untuk memberikan tampilan lebih menarik atau untuk menambah fungsi saat berkendara.

Nama Nama Aksesoris Eksterior Mobil

Aksesoris eksterior mobil di bawah ini bisa kita pasang di bengkel khusus eksterior. Namun, kalau pengerjaannya tidak terlalu rumit, bisa juga dilakukan pemasangan di bengkel umum.

    1. Kaca film

    Kaca film ini berguna untuk menahan radiasi dari panas matahari dan juga sinar ultra violet. Selain itu, pemasangan film pada kaca mobil juga bermanfaat ketika terjadi benturan pada kaca atau kecelakaan. Serpihan kaca tidak akan menyebar kepada penumpang karena masih tertahan dan menempel pada kaca film.

    Tersedia pilihan warna dan tingkat kegelapan film saat kita akan memasang kaca film. Misalnya memasang kaca yang cukup gelap untuk penumpang belakang dan kaca yang lebih terang untuk kaca depan atau penumpang depan. Harga kaca film ini sekitar Rp1 juta sampai Rp5 jutaan.

    2. Air scoop

    Aksesoris eksterior mobil berikutnya adalah air scoop. Kegunaan dari aksesoris ini adalah sebagai jalan masuk udara dingin yang kaya oksigen ke dalam ruang mesin. Dengan adanya udara dingin ini pembakaran jadi lebih optimal. Sehingga kinerja mesin juga akan meningkat. 

    Biasanya aksesoris air scoop ini digunakan pada mobil yang mesinnya menggunakan turbocharger. Namun, saat ini banyak juga mobil dengan performa standar yang menggunakan air scoop untuk memberikan penampilan yang lebih menarik. Harga air scoop ini mulai dari Rp100 ribuan, bahkan ada yang Rp1 jutaan.

    3. Rear spoiler

    Selain mempercantik tampilan eksterior mobil, rear spoiler juga bisa meningkatkan aerodinamika mobil. Rear spoiler menambah daya tekan ke bawah, jadi menghindari mobil terangkat saat melaju di kecepatan tinggi. Selain itu, beberapa rear spoiler yang beredar di pasaran bahkan sudah dilengkapi dengan lampu led yang terhubung dengan lampu rem. Sehingga, keamanan berkendara jadi meningkat. 

    Sebenarnya rear spoiler in lebih cocok digunakan pada mobil balap. Biasanya dipasang di belakang mobil sedan. Harga aksesoris ini sekitar Rp189 ribuan sampai dengan Rp3,1 jutaan.

    Baca juga: Tips Cutting Stiker Mobil agar Tidak Merusak Eksterior Mobil

    4. Velg mobil

    Aksesoris eksterior mobil ini sering dimodifikasi untuk memberikan tampilan yang lebih atraktif. Banyak pilihan tersedia untuk velg mobil dari jenis bahan, warna, sampai harga. Tinggal menyesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan kita. Misalnya lebih suka yang elegan atau sporty. Harga velg mobil berkisar Rp350 ribuan sampai Rp9 jutaan.

    5. Roof Rail

    Aksesoris berikutnya dalam daftar nama nama aksesoris eksterior mobil adalah roof rail. Roof rail ni adalah benda yang biasanya terpasang di atas mobil yang berfungsi sebagai bagasi tambahan. Ada perbedaan antara roof rail, roof rack, dan roof box.

    Roof rail adalah dudukan rel untuk memasang roof rack. Sementara itu roof rack adalah dek tambahan di atap mobil. Fungsi roof rack adalah menyangga barang bawaan sehingga tidak langsung diletakkan di atap. Kemudian, roof box adalah kompartemen yang dipasang di atas roof rack.

    Dengan adanya aksesoris ini, barang bawaan tidak akan menyita bagasi. Namun, tidak semua jenis mobil bisa dipasang kompartemen ini. Idealnya pemasangan roof box ini khusus untuk mobil yang sudah dilengkapi roof rail sebagai kelengkapan standar. Umumnya digunakan pada mobil SUV atau MPV seperti Toyota Rush dan Innova.

    6. Outer mirror cover with lamp 

    Aksesoris eksterior mobil satu ini dipasang pada bagian luar spion. Biasanya sudah dilengkapi dengan lampu LED dengan variasi warna. Pemasangannya dirangkai dengan kampu sein, sehingga bisa meningkatkan visibilitas untuk kendaraan lain saat berbelok. Budget yang perlu kita siapkan untuk memasang outer mirror cover with lamp adalah Rp1 juta – Rp2 jutaan.

    7. Knalpot racing mobil

    Knalpot racing banyak diminati oleh pengguna mobil yang menyukai tampilan sporty dan juga suara yang menggelegar. Dijamin orang-orang akan menoleh saat kita melintas menggunakan knalpot racing. Harga knalpot racing ini sekitar Rp190 ribu sampai Rp1,8 jutaan.

    Baca juga: Modifikasi Knalpot Mobil Racing Anti-Mahal, di Bawah 500 Ribu

    8. Muffler cutter

    Masih bagian dari knalpot, ada aksesoris yang bernama muffler cutter. Aksesoris ini terbuat dari bahan stainless steel dan dipasang pada ujung knalpot. Fungsinya untuk meningkatkan ekstetika knalpot dari arah belakang dan juga mengurangi kebisingan suara knalpot.

    9. Chrome door handle

    Fungsi chrome door handle ini sebenarnya sama saja dengan door handle biasa, tetapi bisa memberikan tampilan lebih mewah dan elegan pada kendaraan. Cocok bagi OtoFriends yang ingin memberi kesan mewah. Harganya sekitar Rp55 ribu sampai dengan Rp2,9 jutaan.

    10. Body kit

    Nama nama aksesoris eksterior mobil ini biasanya sudah akrab di telinga kita. Biasanya body kit dipasang pada bemper depan, bemper belakang, dan juga side skirt. Dengan memasang body kit, mobil akan terlihat lebih sporty. Harganya sekitar Rp280 ribuan sampai dengan Rp4,8 jutaan.

    11. Areo mud guard

    Aero mud guard juga adalah aksesoris eksterior mobil yang cukup penting. Selain memberikan kesan sporty, aksesoris ini juga berfungsi menghalangi percikan lumpur atau kotoran saat terjadi hujan. Biasanya aksesoris ini dipasang di dekat karet lumpur. Harganya memang agak tinggi, yaitu Rp400 ribu sampai Rp960 ribuan.

    12. Talang air

    Masih berhubungan dengan berkendara saat hujan, talang air juga berguna mencegah air hujan masuk ke kabin ketika kaca samping sedikit diturunkan. Harga talang air ini hanya sekitar Rp170 ribu sampai Rp375 ribuan.

    13. Body side moulding

    Body side moulding ini dipasang memanjang dari depan ke belakang pada samping body kendaraan. Fungsi body side moulding adalah untuk melindungi cat dari goresan atau benturan. Terutama bagi kita yang sering memarkir mobil di pinggir jalan. Harga aksesoris ini sekitar Rp280 ribu – Rp2,5 jutaan.

    Baca juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

    14. Front fender mirror

    Front fender mirror ini sejenis kaca spion yang dipasang di sisi fender kiri. Fungsinya adalah untuk meningkatkan visibilitas di sisi depan dan roda depan kiri. Harga aksesoris ini berkisar Rp165 ribu sampai Rp800 ribuan.

    15. Head lamp garnish

    Nama nama aksesoris eksterior mobil selanjutnya adalah head lamp garnish. Fungsi head lamp memang untuk membantu penerangan saat malam hari atau kondisi gelap. Namun, sekarang ada modifikasi head lamp untuk menunjukkan kelas kita sebagai pengguna mobil. Meskipun paling murah ada yang hanya Rp200 ribuan, tetapi yang mahal juga ada. Harganya bahkan bisa mencapai Rp12 jutaan.

    16. Retractable mirror

    Aksesoris berikutnya adalah retractable mirror. Dari segi keindahan terlihat sama dengan kaca spion biasa, tetapi kaca spion ini bisa dilipat hanya dengan menekan tombol. Kaca spion ini sangat berguna saat melewati jalan sempit, ketika harus berpapasan dekat dengan mobil lain, atau parkir di pinggir jalan. Kita bisa melipat spion tanpa harus membuka kaca jendela mobil. Harganya sekitar Rp1,1 juta – Rp1,9 jutaan.

    Nah, itu dia nama nama aksesoris eksterior mobil untuk memudahkan berkendara atau memperindah penampilan. Selain mempercantik penampilan, jangan lupa untuk jaga performa mobil dengan melakukan servis rutin. Servis melalui aplikasi Otoklix, tersedia berbagai layanan perawatan seperti ganti oli, ganti aki, servis AC, sampai detailing!

    Pertanyaan Seputar Nama Nama Aksesoris Eksterior Mobil

    Sebagian bengkel umum tidak hanya melayani jasa servis mobil, tetapi juga menjual aksesoris eksterior mobil.

    Harga aksesoris eksterior mobil bervariasi, tergantung jenisnya. Mulai dari Rp100 ribuan sampai dengan belasan juta.

    Umumnya, untuk mengubah tampilan body mobil, pengguna biasanya pertama kali mengubah body kit dan velg mobil.