Memasang kaca film pada mobil ternyata banyak manfaatnya. Oleh sebab itu, kita perlu tahu harga kaca film mobil supaya bisa menganggarkan dana untuk memasangnya. Di bawah ini kita akan membahas tentang harga kaca film mobil, merek-merek kaca film mobil, kegunaan, dan juga tips memilihnya. Simak selengkapnya!

Harga Kaca Film Mobil dari Berbagai Merek

Berikut ini adalah kisaran harga kaca film mobil terbaik. Akan tetapi, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu dan juga bisa berbeda tergantung bengkel yang kita datangi.

Harga kaca film mobil First Klass

First Klass adalah kaca film mobil Nano Hybrid Serum. Kaca film ini bisa menolak panas infrared dan juga sinar UV dengan sempurna. Sudah dilengkapi juga dengan SPF 1300+ yang bisa membantu mencegah kanker kulit dan kerusakan mata akibat sinar matahari.

Tipe Kaca Film MobilHarga Kaca Film DepanHarga Kaca Film SampingHarga Kaca Film Belakang
Kaca Film Mobil First Klass 70Rp2,7 jutaRp4,8 jutaRp1,8 juta
Kaca Film Mobil First Klass 55Rp2,7 jutaRp4,8 jutaRp1,8 juta
Kaca Film Mobil First Klass 40Rp2,7 jutaRp4,8 jutaRp1,8 juta

Harga kaca film mobil V-Kool

Kaca mobil V-Kool sudah dikenal memiliki kualitas yang baik. Contoh produk V-Kool di antaranya adalah V-Kool 70, V-Kool 40, sampai VIP. Kisaran harga kaca film mobil dari V-Kool sudah dibikin dalam bentuk paket sebagai berikut. Ini adalah harga dari salah satu toko online resmi V-Kool.

Jenis MobilHarga Kaca Film
Mitsubishi XpanderRp12 juta
Toyota AvanzaRp12 juta
Toyota InnovaRp12 juta
Toyota RushRp15 juta
Toyota YarisRp12 juta
Daihatsu TeriosRp15 juta
BMW Seri 5Rp10 juta
Honda BrioRp15 juta
Mitsubishi Pajero SportRp12 juta
Toyota FortunerRp15 juta

Selain itu, ini juga referensi harga kaca film mobil dari V-Kool.

  • V-Kool 40 (kaca depan) : Rp2,5 juta – Rp3 juta
  • V-Kool 70 (kaca depan) : Rp3 juta – Rp3,5 juta
  • V-Kool VIP full : mulai dari Rp5,8 juta
  • V-Kool X05 full : mulai dari Rp6,5 juta
  • V-Kool X15 full : mulai dari Rp7 juta

Harga kaca film mobil Solar Gard

Solar Gard menawarkan kaca film mobil dengan harga yang lebih ramah di kantong. Harganya juga mengacu kepada luas permukaan kaca di mobil, jadi sesuai ukuran mobil. Bisa large, medium, atau small. Ini dia kisaran harganya.

ProdukHarga
Solar Gard Black Phantom Series – SmallRp2,8 juta
Solar Gard Black Phantom Series – MediumRp3,1 juta
Solar Gard Black Phantom Series – LargeRp3,4 juta
Solar Gard Platinum Performance – SmallRp2,7 juta
Solar Gard Platinum Performance – MediumRp3 juta
Solar Gard Platinum Performance – LargeRp3,4 juta
Solar Gard Best Performance – SmallRp4,4 juta
Solar Gard Best Performance – MediumRp4,7 juta
Solar Gard Best Performance – LargeRp5 juta

Harga kaca film mobil 3M

Kaca film dari 3M juga termasuk brand yang sudah sangat dikenal luas. Harganya juga cukup terjangkau, meskipun bukan yang termurah dibandingkan brand lainnya. Harganya sesuai dengan ukuran kendaraan.

ProdukHarga
3M Black Beauty – SmallRp1,3 juta
3M Black Beauty – MediumRp1,4 juta
3M Black Beauty – LargeRp1,6 juta
3M Black Beauty – X-LargeRp1,8 juta
3M Crystalline – SmallRp3,8 juta
3M Crystalline – MediumRp4,2 juta
3M Crystalline – LargeRp5,1 juta
3M Crystalline – X-LargeRp5,5 juta
3M Black Beauty + Crystalline – SmallRp2,2 juta
3M Black Beauty + Crystalline – MediumRp2,4 juta
3M Black Beauty + Crystalline – LargeRp2,6 juta
3M Black Beauty + Crystalline – X-LargeRp2,8 juta

Itu dia harga kaca film mobil dari 4 merek yang sudah kita kenal di pasaran. Selanjutnya, mari kita bahas tentang fungsi kaca film pada mobil.

Fungsi Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui beberapa merek kaca film mobil dan harganya, kita juga tentu perlu tahu alasan kenapa harus pasang kaca film pada mobil. Ternyata fungsinya banyak yakni melindungi dari sinar UV sampai bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit.

1. Tampilan mobil lebih keren

Menggunakan kaca film mobil membuat tampilan mobil menjadi semakin keren. Apalagi, saat ini kaca film mobil punya beberapa pilihan warna. Jadi, bisa mengubah tampilan eksterior mobil OtoFriends.

2. Privasi penumpang

Kaca film mobil memiliki tingkat kepekatan tertentu. Variasinya ditandai dengan ukuran persentase. Kalau pakai kaca film mobil yang pekat, orang dari luar akan kesulitan melihat apa yang ada di dalam mobil. Jadi, bisa menjaga privasi penumpang maupun menjaga barang bawaan.

3. Keselamatan

Fungsi lain dari kaca film adalah mencegah pecahan kaca mobil mengenai penumpang. Kita pasti tidak menginginkan terjadi kecelakaan. Namun, jika ada benturan keras yang membuat kaca mobil pecah, kaca film bisa menahan pecahan kaca tersebut agar tidak berserakan.

Nah itu dia paling tidak tiga fungsi penggunaan kaca film mobil. Selanjutnya, mari simak bagaimana memilih kaca film mobil.

Tips Memilih Kaca Film Mobil

Beberapa hal di bawah ini sebaiknya diperhatikan saat akan memasang kaca film. Mulai dari bahan yang digunakan sampai tingkat kepekatan yang sudah diatur dalam Undang-Undang.

1. Ada Undang-Undangnya

Tingkat kepekatan atau kegelapan sebuah kaca film menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan. Pemasangan ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Aturan Jalan. Aturan ini juga ditegaskan di Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Bagian kaca depan dan belakang menggunakan kepekatan maksimal 40 persen. Sedangkan untuk sisi samping menggunakan kaca film dengan kepekatan maksimal 70 persen.

2. Perhatikan tingkat kegelapannya

Tingkat kepekatan ini biasanya ditandai dengan angka VLT (Visible Light Transmittance). Semakin besar angka setelah kode VLT, artinya kaca film ini semakin gelap. Misanya VLT 40, VLT 60, VLT 80, dan lainnya.

3. Pilih berdasarkan material

Kaca film tidak dibuat dari plastik. Namun, dibuat dari bahan yang bisa melindungi dari sinar UV. Di antaranya adalah bahan Nano Metal, Nano Ceramic, atau Nano Carbon. Kelebihan Nano Metal adalah bisa menolak panas dengan baik. Akan tetapi, material ini juga menghambat sinyal dan sensor mobil.

Kemudian, bahan Nano Ceramic juga bisa menangkal panas dengan baik. Namun, warnanya lebih gelap. Kalau terlalu gelap akan mengganggu pandangan berkendara, terutama saat malam hari. Ketiga, bahan Nano Carbon punya daya tolak panas yang baik dan visualnya lebih jernih. Jadi, bahan ini lebih direkomendasikan.

Sekian informasi tentang harga kaca film mobil, kegunaan, dan tips memilihnya. Pasang kaca film di bengkel terpercaya agar pemasangannya rapi dan juga tidak ada material yang terjebak di antara kaca dan kaca film.

Temukan 2.000+ bengkel terpercaya dan lokasinya dengan dengan lokasi OtoFriends. Install aplikasi Otoklix sekarang juga!