Membersihkan mobil secara rutin saja tidaklah cukup. Terkadang ada bagian-bagian tertentu di mobil kesayangan yang sulit dibersihkan meski sudah dibawa ke bengkel. Ada juga bagian yang rawan rusak bila asal dibersihkan. Maka, membawa kendaraan ke salon interior mobil bisa menjadi salah satu solusi untuk menuntaskan masalah-masalah tersebut. 

Apakah OtoFriends pernah mendengar yang namanya salon interior mobil? Kalau belum, di sini tempat yang tepat untuk mengetahuinya lebih banyak.

Apa itu Salon Interior Mobil?

Salon interior mobil biasa dikenal juga dengan salon atau spa mobil. Seperti namanya, jenis perawatan yang ditawarkan pun bukan sekadar membersihkan kotoran yang menempel saja melainkan hingga membuat penampilan kendaraan lebih menarik.

Berbeda dengan membersihkan mobil di bengkel, salon mobil membersihkan lebih rinci. Tidak hanya membersihkan debu, namun juga membersihkan noda membandel, jamur, noda asam akibat hujan, baret halus, bahkan mengembalikan warna interior yang mulai pudar. 

Jenis-jenis Perawatan di Salon Interior Mobil

Untuk lebih lengkapnya, berikut jenis-jenis perawatan di salon interior mobil beserta rinciannya:

  1. Cleaning

Proses cleaning di salon interior mobil terdiri dari pembersihan seluruh bagian mobil. Tak hanya interior, tapi juga mencakup eksterior dan bagian bawah mobil. Bahkan ada juga yang menawarkan hingga ke bagian mesin. Bentuk cleaning di spa mobil beragam, ada yang manual, snow wash, dry wash, atau metode lainnya. 

  1. Coating

Usai dibersihkan menyeluruh, spa mobil biasanya akan melanjutkan perawatannya dan salah satunya coating. Coating adalah jenis perawatan yang ditujukan untuk melindungi mobil dari zat-zat yang bisa membuat body mobil berkarat. Caranya dengan melapisi body mobil tersebut dengan cairan tertentu.

Ada dua jenis coating yaitu nano coating dan ceramic coating. Bedanya, nano coating menggunakan cairan khusus berukuran nano, sehingga bisa melindungi mobil dari oksidasi dan zat-zat kimia. Sedangkan ceramic coating menggunakan cairan yang mengandung ceramic yang memberi efek daun talas, sehingga bisa melindungi mobil dari air hujan atau cipratan becek. Dengan begitu, body mobil tidak mudah berjamur dan berkarat.

  1. Detailing

Perawatan satu ini barulah ditujukan untuk mempercantik tampilan mobil OtoFriends. Metode yang dipakai biasanya terdiri dari polishing dan waxing.

Polishing adalah jenis perawatan mobil dengan cara mengikis cat yang usang pada bodi mobil lalu diganti dengan cat yang baru. Sedangkan waxing adalah melapisi cat mobil dengan wax agar warna cat tersebut terlihat semakin mengkilap. Bonusnya, wax juga bisa melindungi mobil dari jamur, baret, dan karat.

  1. Fogging dan Fumigator

Kedua jenis perawatan ini sudah satu paket dan lebih dikhususkan untuk interior mobil. Sebelumnya, interior mobil tentu akan dibersihkan dulu secara menyeluruh. Baru setelahnya di fogging dan fumigator. 

Fogging adalah jenis perawatan untuk melindungi mobil dari bakteri. Proses pengerjaannya dibantu oleh hembusan angin dan AC. Sedangkan fumigator adalah untuk melindungi mobil dari serangga yang biasanya bersembunyi di dalam kabin. 

Tanda-Tanda Kendaraan Perlu Dibawa Ke Salon Interior Mobil

1. Kaca atau Interior Mobil Berjamur

Coba perhatikan kaca mobil OtoFriends, apakah ada bintik-bintik putih yang susah dibersihkan? Bila ada itu tandanya kaca mobil kamu sudah berjamur. Hal itu pula menjadi tanda, mobil kesayangan OtoFriends perlu dibawa ke salon interior mobil. 

Perhatikan juga bagian interior mobil seperti jok dan dinding pintu, apakah ada bercak-bercak putih seperti debu yang menumpuk yang susah dibersihkan? Itu juga jamur, dan tentu tak bisa ditolerir lagi harus segera dibersihkan dan di bawa ke salon interior mobil.

2. Interior Kotor dan Berbau Apek

Bila interior mobil OtoFriends penuh dengan noda-noda yang susah dibersihkan ditambah bau apek, itu tandanya perlu di bawa ke spa mobil. Di spa mobil, interior mobil OtoFriends akan dibersihkan dengan high pressure vacuum cleaner. Tujuannya untuk mengangkat debu dan kotoran secara menyeluruh mulai dari jok mobil, dashboard, karpet bawah, hingga sela-sela lipatan mobil yang sempit.

Setelah itu, interior mobil akan diberikan steaming dan fogging. Steaming ditujukan untuk menjaga kabin tetap lembab dengan menghembus uap panas. Sedangkan fogging untuk menghilangkan bakteri plus membuat kabin menjadi wangi.

3. Performa Mesin Menurun karena Kotor

Tanda terakhir adalah dari performa mesin yang menurun karena menumpuknya kotoran. Membersihkan mesin mobil bukan perkara mudah dan tidak bisa sembarangan. Untuk itu, membawanya ke salon interior mobil adalah pilihan yang bijak. Sebab, di sana biasanya sudah ada alat khusus yang bisa membersihkan mesin mobil secara teliti beserta ahlinya.

Biasanya, alat khusus yang dipakai adalah selang dengan tekanan udara yang tinggi. Selang ini bisa menyisir kotoran seperti debu, tanah, pasir dan kotoran membandel lainnya tanpa merusak mesin bila dipegang oleh ahlinya.

Estimasi Biaya Perawatan di Salon Interior Mobil

Biaya perawatan mobil di salon interior mobil berbeda-beda tergantung paket service yang dipilih. Bila hanya perawatan mendasar seperti cleaning serta fogging dan fumigator saja berkisar antara Rp500 ribu – Rp700 ribu dan tergantung metode dan cairan yang digunakan. 

Jika ditambah dengan coating maka menjadi Rp3 juta – Rp4 juta. Bila ditambah dengan detailing maka menjadi sekitar Rp5 juta-Rp6 jutaan.

Khusus, untuk cuci interior mobil saja biasanya berkisar antara Rp500 ribu – Rp1 juta. Namun, perlu diingat harga di atas hanya kisaran saja, bisa berbeda-beda tergantung salon yang dikunjungi.

Nah, demikian pembahasan seputar salon interior mobil. Kira-kira OtoFriends butuh perawatan apa saja untuk mobil kesayangan?

Untuk menemukan bengkel yang menyediakan salon interior mobil terdekat bisa dicari melalui aplikasi Otoklix. Dari aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan booking service sehingga tak perlu mengantri menunggu giliran cuci mobil lagi.