Memilih knalpot mobil, apalagi knalpot racing mobil, tentu harus hati-hati. Sebab, pemilihan knalpot mobil yang salah bisa memengaruhi performa mobil. Selain itu, memilih knalpot racing mobil yang salah juga bisa kena tilang polisi. Jadi, kita perlu tahu knalpot racing mobil yang diperbolehkan polisi dan pilihan knalpot racing mobil.

Apa Pakai Knalpot Racing Mobil Bisa Ditilang?

Ada aturan khusus tentang tingkat kebisingan dari knalpot mobil, yaitu maksimal 74 dB dan untuk mobil barang maksimal 84 dB. Namun, tidak ada aturan menilang mobil dengan knalpot berisik di jalan. Aturan ini dibuat berlaku saat mobil diproduksi dan akan dijual ke konsumen.

Meskipun begitu, sebaiknya tidak menggunakan knalpot racing mobil yang terlalu berisik jika kendaraan sering digunakan di jalanan padat. Sebab, suaranya mungkin bisa mengganggu pengendara lain.

Selain itu, polisi tetap bisa menilang dengan anggapan knalpot tidak laik jalan. Di pasal lain yang berbeda dengan aturan tingkat kebisingan knalpot mobil, pengendara bisa didenda Rp250 ribu jika komponen kendaraan dianggap tidak laik jalan.

Rekomendasi Knalpot Racing Mobil

Memodifikasi knalpot mobil jadi bergaya racing memang menyenangkan. Sebab, selain tampilannya yang terlihat sporty, suaranya juga terdengar lebih keren seperti mobil balap. Lantas, apa saja knalpot mobil yang bisa jadi pilihan?

1. Mabest Muffler Omega Titanium

Produk ini harganya ekonomis, tetapi bersuara keras. Tabung muffle-rnya terbuat dari bahan galvanis, sedangkan tail pipe-nya berbahan stainless steel. Warnanya yang seperti warna pelangi membuat knalpot mobil ini semakin menarik dilihat. Namun, suara yang dihasilkan lebih cocok dipakai balapan daripada dipakai harian. Harga knalpot ini sekitar Rp100 ribuan.

2. DRM 5 Zigen Burn Tip

Knalpot mobil ini bikin mobil city car kita terlihat lebih sporty. Tail pipe-nya dibuat dengan desain dua lubang dengan ujung yang menjual. Tampilan ini membuat mobil terlihat semakin garang. Kemudian, pada sambungan knalpot terdapat efek burn. Suaranya juga terdengar ngebass saat melaju di kecepatan biasa, dan akan mengeras saat mobil melaju kencang. Bahan knalpot ini adalah stainless steel. OtoFriends bisa mendapatkannya dengan harga Rp350 ribuan.

3. Spoon Sports Knalpot Mobil Pelangi Besar

Knalpot mobil yang satu ini punya tampilan yang gahar karena lubang knalpotnya besar. Lubang knalpot yang besar ini juga membuat suaranya jadi lebih gahar. Suaranya kencang dan bulat, tidak pecah meskipun saat berkendara dalam kecepatan tinggi. Bahan penyusun knalpot ini adalah stainless steel dengan warna keemasan dan mengilap. Cocok digunakan pada modifikasi axle-back system (muffler + tail pipe) mobil di bawah 2.000 cc. Arganya sekitar Rp289 ribuan saja.

Baca juga: 6 Komponen Knalpot Mobil, Fungsi, dan Cara Kerja

4. Akrapovic Knalpot Turbo Racing Custom

Uang Rp500 ribu bisa dapat knalpot racing mobil apa? Tenang saja, harga knalpot ini hanya Rp495 ribuan. Namun, bukan berarti knalpot mobil ini murahan. Akrapovic termasuk salah satu merek knalpot terkenal di mancanegara. Produk yang satu ini menggunakan bahan glasswool dan pelat stainless steel.

Fungsi dari bahan glasswool ini adalah untuk menyaring gas dan suara. Sementara itu, tujuan penggunaan stainless steel adalah untuk bikin suaranya jadi lebih empuk. Jadi, knalpot ini tergolong masih aman dan tidak mengganggu masyarakat sekitar. Di sisi lain, finishing black doff dan carbon printing pada permukaannya bikin tampilan knalpot ini jadi makin keren dan cocok digunakan pada city car.

5. HKS Knalpot Mobil Racing Turbo

HKS sudah terkenal di kalangan pecinta modifikasi sebagai knalpot racing mobil recommended. Knalpot ini dibuat dari stainless steel premium dan finishing las argon, bukan karbit. Finishing-nya dengan cara pembakaran, bukan hanya dicelup. Saringannya menggunakan glasswool. Kombinasi ini membuat knalpot mobil lebih awet. Warna yang dihasilkan juga lebih bagus.

Suara yang dihasilkan dari knalpot ini adalah full bass. Bentuk knalpotnya kotak dengan lebar outlet 8,9 cm. Knalpot ini cocok digunakan pada mobil city car misalnya Honda Accord. Harganya juga tergolong ekonomis, hanya Rp175 ribuan.

6. HKS Rainbow Muffler

Masih dari merek HKS dengan model yang berbeda, yaitu HKS Rainbow Muffler. Tampilannya masih terlihat seperti pelangi. Suara bass yang keluar dari knalpot mobil ini bisa bikin orang menoleh saat mendengarnya. Dibuat dari bahan stainless steel yang tahan karat dan awet dipakai, knalpot satu ini dibanderol dengan harga hanya Rp150 ribuan.

7. JS Racing Mini

Seperti namanya, knalpot ini punya ukuran yang kecil, yaitu panjang sekitar 30 cm. Bahan yang digunakan adalah stainless steel dan dilengkapi juga dengan glasswool serta serat baja putih yang anti-bakar. Knalpot racing mobil ini bisa dibeli dengan harga Rp190 ribuan saja.

8. JS Racing Baby Argon

Masih dari merek JS, knalpot racing mobil satu ini cocok digunakan pada mobil city car seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris. JS Racing Baby Argon ini dibuat dari bahan stainless steel yang anti karat. Warnanya juga awet serta tidak mudah pudar. Apalgi, hanya ternyata tergolong ekonomis, yaitu hanya Rp225 ribuan.

Itu dia 8 merek knalpot mobil yang bisa jadi pilihan saat OtoFriends mau modifikasi knalpot bawaan jadi knalpot racing mobil. Selanjutnya kita bakal bahas tentang tips memilih knalpot racing mobil.

Baca juga: Cari Bengkel Knalpot Mobil? Simak Dampak Knalpot Bocor

Tips Memilih Knalpot Racing Mobil Terbaik

1. Mengecek saluran buang gas

Sebaiknya cek saluran atau pipa buang gas. Jangan asal memilih yang tampilan luarnya bagus saja. Sebab, memilih pipa knalpot yang berkualitas bisa menambah performa mobil. Gas buang akan keluar dengan lancar kalau desain lubang, konfigurasi, dan lekukan pipanya sesuai, tidak mudah tersumbat atau berkarat.

Selain itu, perlu juga memerhatikan struktur saluran pembuangan pada mobil, antara lain header, pipa knalpot, resonator, dan muffler. Konfigurasi umumnya berupa 4-2-1 atau 4-1. Cara membacanya adalah blok mesin disalurkan ke empat saluran, lalu ke dua saluran dan menuju satu saluran pembuangan. Kalau 4-1 artinya gas buang disalurkan ke empat saluran dan langsung ke satu saluran pembuangan.

2. Sesuaikan header knalpot

Header knalpot juga bagian dari saluran gas buang mobil. Performa mobil dan tarikan mesin akan meningkat kalau memilih model dan jenis header yang tepat.

3. Pilih desain dan bahan yang sesuai

Memodifikasi mobil pasti berbicara sesuai selera, tetapi jangan sampai desain knalpot yang kita sukai justru malah menghambat keluarnya gas buang. Pilih juga material yang sesuai. Banyak knalpot yang dijual dengan bahan besi mudah berkarat. Bisa pilih stainless steel yang lebih tahan terhadap karat atau bahan titanium kalau punya bujet lebih. Di sisi lain, perhatikan juga kapasitas tabung mesin dan diameter kepala knalpot agar suara dan tarikan mesinnya pas.

4. Resonator yang pas

Resonator knalpot mobil berfungsi untuk meredam suara. Memilih resonator yang tidak tepat justru bisa bikin bahan bakar lebih boros dan performa mesin jadi lebih turun.

Itu dia empat tips memilih knalpot racing mobil. Ingat, jangan modifikasi mobil berlebihan karena bisa mengganggu performa mobil.

Jaga performa mobil dengan melakukan servis rutin, misalnya ganti oli dan aki secara berkala. Temukan bengkel berkualitas di aplikasi Otoklix, cicipi juga rasanya servis di OtoExpress!