Cutting stiker mobil bisa menjadi alternatif bagi OtoFriends yang ingin melakukan modifikasi mobil dengan harga terjangkau. Teknik mempercantik eksterior dengan memasang stiker mobil ini memang mampu membuat tampilan eksterior mobil menjadi lebih keren dan menawan. 

Menariknya, melalui teknik cutting stiker mobil OtoFriends bisa mengasah kreativitas dengan lebih mudah, karena cutting stiker mobil dibanderol dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan model, bahan, dan tempat pemasangannya. Alhasil dengan harga yang pas dikantong, Otofriends tetap dapat memuaskan diri, mempercantik tampilan eksterior mobil yang OtoFriends miliki.

Tertarik untuk melakukan modifikasi mobil dengan teknik cutting stiker mobil, tentu OtoFriends tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Berikut hal penting yang harus OtoFriends ketahui, simak ulasannya!

Fungsi Cutting Stiker Mobil

Teknik cutting stiker mobil ini umumnya memiliki beberapa fungsi. Selain dapat mempercantik penampilan, OtoFriends dapat menggunakan teknik cutting stiker mobil untuk menutupi lecet atau gores pada body mobil, memberikan identitas, atau melindungi cat mobil dari bahaya baret dan luka gores. 

Tips Cutting Stiker Mobil

Cutting stiker mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut beberapa hal yang perlu OtoFriends ketahui:

1. Cek Kualitas Cat Mobil

Sebelum melakukan cutting stiker mobil, OtoFriends perlu mengetahui kualitas dari cat mobil yang OtoFriends miliki. Kualitas cat mobil sangat mempengaruhi hasil pemasangan stiker mobil. Sebagai contoh, jika stiker bergelembung saat di pasang atau susah untuk dilepaskan maka bisa dipastikan bahwa kualitas cat mobil yang OtoFriends miliki sudah tidak orisinil lagi. Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah pernah melakukan cat ulang. 

Baca juga: Tips Pilih Bengkel Cat Mobil Berkualitas dan Ini Biayanya

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Walaupun cutting stiker mobil dapat memodifikasi mobil dengan harga terjangkau, OtoFriends jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Sembarangan dalam menentukan tempat cutting stiker mobil tanpa memperhatikan pemasangan dan bahan stiker yang dijual dapat membuat tampilan eksterior mobil menjadi rusak, alhasil mobil tidak termodif dengan maksimal. 

3. Perhatikan Bahan dan Kualitas Stiker

Hal penting yang harus OtoFriends ketahui selain memilih tempat pemasangan stiker mobil tepercaya, Otofriends juga harus mengetahui bahan dan kualitas stiker yang akan OtoFriends tempel pada body mobil. Stiker mobil dengan kualitas yang bagus tidak memiliki bau lem dan tidak meninggalkan bekas saat stiker dicabut. Sementara untuk bahan stiker, ada beberapa jenis. Berbeda bahan berbeda harga, OtoFriends dapat menyesuaikan dengan dana yang OtoFriends miliki agar dapat memperoleh hasil cutting stiker mobil yang maksimal namun pas dikantong.

4. Jangan Parkir di Tempat Panas

Sudah melakukan cutting stiker mobil, perawatan selanjutnya adalah memperhatikan tempat atau lokasi parkir. Hindari memarkirkan mobil di tempat yang panas atau terkena langsung cahaya matahari, karena akan berdampak apabila stiker mobil dilepaskan. Tentu bagian mobil yang tidak ditempeli stiker akan terlihat lebih kusam ketimbang bagian mobil yang ditempeli stiker. Alhasil, OtoFriends harus melakukan pengecatan body ulang apabila merasa bosan melakukan modifikasi menggunakan stiker mobil.

Baca juga: 4 Tips Memilih Cutting Sticker Kap Mesin Mobil dan Cara Memasangnya

6 Bahan Cutting Stiker Mobil

Sudah mengetahui tips penting melakukan cutting stiker mobil, OtoFriends juga perlu mengetahui macam bahan stiker mobil agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Umumnya ada 6 bahan stiker mobil, antara lain:

1. Stiker Mobil Berbahan Vinyl

Memiliki harga yang cukup terjangkau dan banyak beredar di pasaran, OtoFriends dapat memilih stiker mobil berbahan vinyl untuk melakukan modifikasi. Stiker mobil berbahan vinyl ini memiliki kualitas yang cukup baik, lentur, dan tidak mudah sobek. 

2. Stiker Mobil Berbahan Scotchlite

Jika OtoFriends ingin memasang stiker mobil dengan bahan stiker yang tipis, maka stiker mobil berbahan scotchlite bisa menjadi pilihan. Namun ingatlah untuk berhati-hati, karena stiker mobil berbahan scotchlite mudah robek dan terkelupas. Keunggulan yang ditawarkan, stiker mobil berbahan scotchlite ini mampu memantulkan sinar matahari sehingga dapat memberikan kesan mewah dan bercahaya.

3. Stiker Mobil Berbahan Oracal

Ingin menggunakan bahan stiker mobil dengan kualitas bahan terbaik, stiker mobil berbahan oracal adalah jawabannya. Stiker berbahan oracal ini telah lolos uji kelayakan internasional. Memiliki tekstur yang lentur, stiker berbahan oracal tidak memantulkan kembali sinar sehingga dapat membuat tampilan interior mobil yang OtoFriends miliki menjadi lebih gagah dan berani.

4. Stiker Mobil Berbahan Ritrama

Stiker mobil berbahan ritrama memiliki keunggulan tersendiri. Tersedia dalam berbagai varian warna, stiker mobil yang satu ini mudah didapatkan dipasaran dan memiliki harga bervariasi, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal. Stiker mobil berbahan ritrama ini cocok digunakan untuk OtoFriends yang baru pertama kali atau ingin mencoba melakukan cutting stiker mobil, sehingga tidak perlu takut bosan dengan model modifikasi stiker mobil yang OtoFriends miliki karena stiker mobil berbahan ritrama ini mudah pudar dan terkelupas.

5. Stiker Mobil Berbahan Chemica

Material kuat, tekstur tipis, dan tidak mudah terkelupas adalah kelebihan yang ditawarkan stiker mobil berbahan chemica. Stiker mobil ini cocok untuk OtoFriends yang sudah mantap dalam menentukan model modifikasi stiker mobil sehingga tidak perlu ganti dalam waktu yang lama. Mudah ditemukan di pasaran, stiker mobil berbahan chemica ini juga gampang untuk dipotong sehingga lebih rapi pada saat ditempelkan di body mobil. 

6. Stiker Mobil Berbahan Glitter

Membuat tampilan mobil menjadi lebih elegan dan bercahaya, stiker mobil berbahan glitter ini cocok untuk OtoFriends yang suka dengan kilauan. Penting untuk cek terlebih dahulu bahan stiker glitter yang ingin OtoFriends gunakan apakah dapat merusak cat mobil saat dilepas atau tidak, karena umumnya stiker mobil berbahan glitter dapat merusak permukaan cat mobil apabila memiliki kualitas yang tidak baik.

Tertarik melakukan cutting stiker mobil, jangan sampai salah membeli bahan dan memilih tempat pemasangan agar dapat ditangani oleh penjual dan tenaga bengkel profesional. Otoklix bermitra dengan 2000 lebih bengkel umum di jabodetabek. OtoFriends dapat melakukan booking di awal pemesanan. Pesan jasa servis kendaraan lebih mudah di otoklix, 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.