Mobil dengan tipe LCGC atau low cost green car selalu menjadi pilihan keluarga karena memiliki banyak fitur yang disematkan,terlebih dengan harganya yang cukup terjangkau. Salah satunya adalah Daihatsu Sigra yang diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor sejak 2016. Ini merupakan mobil jenis LCGC dengan tipe 7-seater.

Hadir dengan pilihan 2 tipe mesin, yaitu mesin 1.0 dan 1.2, Daihatsu Sigra berhasil menarik perhatian konsumen berkat keunggulan dan spesifikasinya yang dimiliki. Baik versi manual maupun versi matic, konsumsi BBM Sigra termasuk irit dalam penggunaan sehari-hari.

OtoFriends mungkin bertanya-tanya, seirit apa konsumsi BBM salah satu mobil LCGC dari Astra ini ketika digunakan berkendara? Di antara versi manual atau matic, mana yang lebih irit? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebelumnya OtoFriends perlu memahami bagaimana spesifikasi Daihatsu Sigra terlebih dahulu. 

Berikut Otoklix berikan penjelasan mengenai spesifikasi, konsumsi BBM, hingga apa saja yang menyebabkan suatu mobil boros BBM agar OtoFriends lebih yakin ketika ingin memiliki mobil satu ini.

Spesifikasi Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra hadir di Indonesia dengan dua pilihan mesin. Pertama, mesin 1.0 yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Tipe ini hanya hadir dengan transmisi manual saja. Daihatsu Sigra 1.0 memiliki kode mesin 1KR-VE yang berkapasitas 998 cc, 3 silinder segaris, DOHC, VVT-i. Dengan mesin tersebut, mobil mampu menghasilkan tenaga hingga 66 horse power (HP) @6.000 rpm dengan torsi maksimal pada angka 89 Nm @4.400 rpm.

Kemudian, tipe kedua adalah Daihatsu Sigra 1.2 yang memiliki dua pilihan jenis transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tipe ini memiliki kode mesin 3NR-VE yang berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i. Mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari tipe 1.0, yaitu hingga 87 horse power (HP) @6.000 rpm dan torsi maksimal hingga 108 Nm @4.200 rpm.

Kedua jenis Sigra 1.2 sama-sama menggunakan model penggerak roda depan, sehingga OtoFriends perlu lebih berhati-hati ketika menggunakan Sigra berkendara di jalanan.

Dilihat dari perbedaan spesifikasi antara tipe 1.0dan 1.2, konsumen di Indonesia lebih banyak memilih tipe 1.2 disebabkan karena tipe ini memiliki kapasitas mesin yang menyebabkan performanya jadi jauh lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi BBM Sigra untuk tipe manual dan matic? Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki pandangan irit dan boros yang berbeda. Mungkin bagi sebagian orang ada yang menilai konsumsi BBM-nya tersebut irit, sebagian lagi ada yang merasa mobil ini cukup boros. 

Seberapa banyak konsumsi BBM Sigra? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Konsumsi BBM Daihatsu Ayla, 1 Liter Bisa Tembus 20 Kilometer

Konsumsi BBM Sigra Manual

Daihatsu Sigra memiliki teknologi VVT-i baik pada versi manual maupun matic. Teknologi inilah yang membantu konsumsi BBM Siga jadi lebih irit. 

Dilansir dari beberapa sumber yang melakukan uji coba test drive dengan Daihatsu Sigra versi manual tipe 1.2, konsumsi mobil ini tercatat berada pada angka 1:14 km/liter. Itu artinya, dalam 1 liter penggunaan BBM, Sigra 1.2 manual mampu menempuh jarak 14 km. Ini dilakukan pada jalanan kota dan gaya berkendara yang bervariasi. 

Sementara itu, pada rute luar kota, konsumsi BBM lebih irit dengan angka 17,6 km dalam penggunaan 1 liter bahan bakar. Di jalur bebas hambatan, dengan kecepatan konstan pada angka 60 km/jam, konsumsi BBM Sigra 1.2 manual memberikan hasil yang cukup mengesankan. Pasalnya, konsumsi BBM 1 liter Sigra mampu menempuh hingga 28 km.

Tentu saja, hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumsi BBM Sigra memang terbilang sangat irit dan tidak boros. Namun, bagaimana dengan pendapat OtoFriends? Apakah konsumsi BBM pada angka 1:14 km/liter tersebut termasuk irit atau justru boros?

Baca juga: Daftar Mobil LCGC Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

Konsumsi BBM Sigra Matic

Lalu, bagaimana dengan konsumsi BBM Sigra 1.2 pada tipe matic? Apakah lebih irit atau lebih boros dibanding tipe manual?

Dilansir dari sumber yang melakukan pengujian berkendara dengan mobil ini, Sigra 1.2 matic mencatatkan hasil yang sama pada penggunaan dalam kota, yaitu di angka 14 km pada penggunaan 1 liter bahan bakar.

Pada pengujian di rute luar kota, Sigra 1.2 matic memiliki performa sedikit lebih baik dibanding versi manual, yaitu mampu meraih angka konsumsi BBM pada 19,5 km dalam penggunaan 1 liter bahan bakar. Sementara itu, pengujian pada kecepatan konstan 60 km/jam di jalur bebas hambatan, tipe matic mampu meraih angka 26 km per 1 liter.

Dilihat dari hasilnya, baik tipe manual maupun tipe matic, keduanya termasuk mobil yang sama-sama irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar juga dipengaruhi berbagai faktor, seperti jalur, cara mengemudi, dll. Jadi, bagaimana menurut OtoFriends, Daihatsu Sigra ini irit atau boros?

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Daihatsu Sigra

BBM yang cocok untuk Sigra

Agar konsumsi BBM Sigra irit, OtoFriends perlu memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobilnya. Hal ini diperlukan agar proses pembakaran terjadi dengan sempurna, dan mesin mobil tidak mudah mengalami kerusakan.

Pada spesifikasi Daihatsu Sigra, angka kompresi bahan bakar mobil dapat meningkat hingga 11,5:1. Artinya, seminimal mungkin, bahan bakar yang digunakan atau cocok dengan Sigra ini memiliki nilai oktan 90, contohnya adalah Pertalite dari Pertamina atau Shell Super dari Shell. OtoFriends tidak disarankan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan di bawah 90.

Tidak perlu khawatir, Daihatsu Sigra sudah memiliki teknologi dual VVT-i yang akan membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan untuk memilih dan menggunakan bahan bakar yang cocok untuk Daihatsu Sigra ini.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Daihatsu Xenia

Cara Menghemat Pemakaian BBM

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa konsumsi BBM dipengaruhi berbagai faktor yang membuatnya menjadi irit ataupun boros. Kira-kira, bagaimana cara menghemat pemakaian BBM pada mobil Sigra? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil, dalam hal ini adalah bahan bakar dengan nilai oktan minimal 90.
  2. Mengoper gigi sesuai dengan kecepatan.
  3. Usahakan gas tidak lebih dari 2000 rpm.
  4. Jangan biarkan mesin meraung.
  5. Jagalah tekanan angin agar tetap sesuai.

Dari poin-poin tersebut, usahakan untuk diikuti, pastikan untuk tidak melanggarnya terutama pada poin nomor 1. Hal ini disebabkan masih banyak yang menggunakan bahan bakar di bawah dari yang direkomendasikan, padahal hal tersebut tidak disarankan.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Penyebab Mobil Boros BBM

Selain mengetahui cara menghemat konsumsi BBM Sigra, OtoFriends perlu tahu apa saja penyebab mobil boros bahan bakar. Berikut beberapa penjelasannya.

Pertama, adalah jarangnya melakukan servis rutin pada mobil, akibatnya mesin-mesin mobil menjadi kurang terawat. Melakukan servis pada mobil Sigra penting dilakukan karena memberikan berbagai manfaat, misalnya dapat membersihkan kotoran yang masuk ke ruang pembakaran yang menyebabkan terhambatnya suplai bahan bakar. 

Selain itu, berbagai komponen mobil juga perlu diganti ketika sudah memenuhi waktu atau jarak tempuh penggunaan, sebab fungsinya sudah menurun, contohnya seperti filter udara, busi, oli mesin, dll. 

Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa dan melakukan servis pada mobil Sigra agar konsumsi BBM tidak terganggu dan menjadi boros. Tidak perlu bingung, OtoFriends bisa mendatangi bengkel tepercaya dari Otoklix untuk melakukan perawatan dan servis mobil Sigra.

Kedua, gaya berkendara juga memengaruhi konsumsi BBM Sigra. Hal ini membutuhkan adaptasi yang tidak sebentar untuk pengendara. Namun, OtoFriends bisa mencoba untuk berkendara dengan gaya berkendara ECO agar lebih irit konsumsi bahan bakar. Atau jika memiliki gaya berkendara sendiri yang lebih dirasa irit, OtoFriends bisa melakukannya, tentu saja hal ini membutuhkan adaptasi beberapa waktu.

Baca juga: 8 Penyebab Bensin Mobil Boros, Hindari Agar Kantong Anti Jebol

Itulah penjelasan mengenai konsumsi BBM Sigra untuk tipe manual dan matic. Hasilnya ternyata keduanya tidak jauh berbeda. Konsumsi bahan bakarnya sama-sama irit setelah dilakukan pengujian di berbagai kondisi jalan. Tidak heran jika pada akhirnya, mobil LCGC satu ini memang sangat diminati konsumen dan menjadi salah satu mobil terlaris dari Daihatsu.

Jika artikel ini bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, seperti harga, spesifikasi kendaraan, tips, dll. hanya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Sigra

Dua tipe, yaitu mesin 1.0 yang hanya dengan transmisi manual, dan mesin 1.2 yang memiliki pilihan transmisi manual maupun otomatis.

Keduanya sama-sama terbilang cukup irit karena mendapatkan angka konsumsi 14 km/liter ketika digunakan berkendara di jalanan kota, sedangkan di rute luar kota berada di angka 17,6 km/liter untuk tipe manual, dan 19,5 km/liter untuk tipe matic.

Rekomendasi bahan bakar untuk digunakan pada mobil Daihatsu Sigra adalah yang memiliki nilai oktan minimal 90, yaitu seperti Pertalite dan Shell Super. Nilai oktan di bawah 90 tidak disarankan untuk digunakan pada Sigra.