Penggunaan velg racing mobil memang menjadi salah satu alternatif bagi para penggemar roda empat yang ingin memodifikasi kendaraannya. Di pasaran sendiri tersedia berbagai model, merek, ukuran, dan harga velg mobil.

Sementara itu, beberapa orang beranggapan, perubahan ‘kaki’ akan mengubah tampilan mobil dalam sekejap. Membeli velg mobil tidak bisa dibilang mudah. 

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari Pitch Circle Diameter (PCD) dan offset dalam menentukan merek velg mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, OtoFriends juga harus memastikan velg yang akan dibeli memiliki kekuatan yang cukup bagus.

Jangan hanya mementingkan desain kerennya saja, tetapi juga kualitas yang dimilikinya. untuk itu, Otoklix telah merangkum beberapa merk velg mobil yang bisa kalian beli untuk mobil kesayangan di rumah ya.

Velg OZ Racing

Di Indonesia, velg mobil OZ Racing memiliki cukup banyak peminat. Terbukti, velg mobil asal Italia ini sudah mulai beredar di jalan sejak tahun 1990-an. 

Ya memang velg mobil satu ini dikenal memiliki bahan baku yang cukup kuat. Selain itu Velg OZ Racing juga didesain dengan sangat bagus.

Velg mobil OZ Racing tersedia dalam beberapa tipe atau model, mulai dari Superturismo GT Limited Edition, Superturismo LM Limited Edition, hingga OZ Racing Formula HLT.

Velg OZ Racing ini dibanderol dengan harga Rp 6,5 juta satu buahnya. Dengan harga segitu tentu membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya.

Baca Juga: Harga Velg Mobil Menurut Ukuran dan Merek Terbaik

Velg BBS

Velg BBS atau BBS Automotive Technology AG merupakan merk velg sport yang dibuat pada 1970 di Jerman, oleh Heinrich Baumgartner and Klaus Brand. Merk velg BBS termasuk yang terbaik sejak dulu yang tersedia dalam beberapa seri velg BBS, yakni BBSCHR, BBS F1, dan BBS LM.

Velg BBS Sendiri di Indonesia tersedia dalam beberapa ukuran, seperti velg mobil ring 15, velg mobil ring 16, velg mobil ring 17 dan velg ring 19 inci.

Velg mobil BBS memiliki motif yang lebih rapat dan sela-sela yang lebih kecil. Para pemilik mobil Toyota Yaris, Honda Brio, Jazz, dan Suzuki Swift banyak memakai velg BBS sebagai pelek mereka.

Jika kalian ingin memiliki velg BBS Ini, OtoFriends harus mengeluarkan dana sebesar Rp 5 jutaan saja untuk satu unitnya.

Velg Rays

Salah satu merek velg mobil terbaik yang juga ramai di kalangan modifikator adalah Volk Rays. Diperkenalkan pertama kali di tahun 1996 di Jepang.

Velg mobil ini awalnya ditujukan untuk mobil jalanan. Velg yang pertama kali diciptakan adalah seri Volk Racing TE37 palang enam. 

Angka 37 sendiri mengacu pada bobot velg itu sendiri, yakni 3,7 kilogram. Berangkat dari sejarahnya, tidak heran banyak orang yang menggunakan velg Rays untuk membuat mobil kesayangannya agar tampil lebih racing look.

Soal harga, velg mobil Volk Rays TE37 dijual dengan harga sekitar Rp 6 jutaan.

Velg Enkei

Velg Enkei merupakan salah satu merek yang telah diakui oleh dunia. Mereka dikenal dengan kualitas dan desain yang sangat bagus.

Selain itu, velg Enkei juga dapat digunakan dalam berbagai keadaan dan medan. Desain dan bentuk yang bagus, kokoh, nyaman dan minim akan jamur membuat kualitas dari Enkei sendiri tidak perlu diragukan lagi.

Karena ia dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang dengan kualitas kualitas warna yang tetap terjaga.

Velg Enkei juga kerap dipercaya sebagai produsen untuk velg mobil bawaan pabrik untuk mobil-mobil ternama, salah satunya Toyota.

Untuk masalah harga, Velg Enkei dijual mulai harga Rp 12,5 jutaan aja. Tentunya harga tersebut sebanding dengan apa yang akan didapatkan para pembelinya.

Velg Konig

Dibanderol dengan harga satuan mulai dari Rp3 jutaan, merk velg Konig cukup populer digunakan di Asia dan Eropa, termasuk Indonesia. Merk yang berasal dari Jerman ini banyak digunakan oleh para pecinta otomotif yang ingin menampilkan gaya Street Racing dan Racing Look.

salah satu jenis velg Konig yang terkenal yaitu Konig Ampli Form yang masuk dalam kategori velg racing import terbaik dari Amerika. Jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ring 15 hingga 22.  

Velg HSR

Velg HSR merupakan velg lokal yang cukup dikenal para penggemar otomotif. Velg ini tidak kalah tenar dengan merek-merek velg luar negeri lainnya.

Velg ini memiliki kualitas dan model yang tidak kalah saing loh. Jadi apapun model velg yang diinginkan, biasanya disediakan oleh HSR.

Baca Juga: Tips Mengganti Velg Mobil Agar Nyaman dan Tampak Indah

Menariknya lagi, velg HSR juga punya banderol yang terbilang ramah kantong dan bisa digunakan oleh hampir semua mobil di Indonesia. Velg HSR ditawarkan dengan harga mulai dari Rp4 jutaan.  

Velg Vossen

Velg mobil yang terakhir ada dari Miami, Amerika Serikat. Velg ini bisa dikenal dengan nama Vossen. 

Velg dari brand Vossen ini terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan kuat, sehingga lebih tahan lama. Ini karena Vossen memproduksi velgnya tersebut menggunakan material aluminium yang berkualitas tinggi.

Tidak hanya kuat, velg Vossen tersebut juga cukup ringan sehingga membuat akselerasi mobil lebih nyaman. Velg Vossen sendiri tersedia dalam beberapa tipe, lebih cocok velg tersebut dipasangkan pada mobil tipe SUV dan MPV.

Ada banyak series velg yang sudah dijual bebas di pasaran, mulai dari seri M, HF, CV, S17, VFS, hingga VWS. Sementara untuk ukuran ringnya sendiri juga bervariasi, mulai dari ukuran 19 inci hingga 24 inci.

Soal harga, velg Vossen memang terbilang mahal mengingat ia adalah brand velg mobil kelas atas. Namun, kamu bisa memilikinya dengan harga lebih terjangkau untuk produk second yang punya kondisi masih bagus dan prima.

Velg ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 18,5 jutaan untuk harga bekasnya. Harga tersebut tergantung dari kondisinya ya OtoFriends.

Itu dia tujuh merek velg racing yang dapat OtoFriends aplikasikan pada mobil kalian. Selain itu jika ingin melakukan perawatan berkala mobil kesayangan kalian, bisa melalui bengkel rekanan yang ada di website Otoklix.