Sejak dulu, Mercedes Benz konsisten mempertahankan citra mewah dan mahal. Begitu juga dengan Mercedes Benz Maybach versi terbaru yang diluncurkan pada akhir 2022 yang lalu. Harganya bahkan tembus di atas Rp6,5 miliar! 

Secara umum, Mercedes Benz Maybach 2023 bakal rilis dengan dua tipe, yaitu model sedan S-Class dan SUV GLS Class. Keduanya punya tampilan yang mewah, elegan, dan premium. Fiturnya juga canggih.

Tidak perlu berlama-lama, mari kita simak spesifikasi lengkap dari kedua mobil mewah tersebut.

Spesifikasi Mercedes Benz Maybach S-Class 2023

Mercedes Benz Maybach S-Class memang sudah diluncurkan pada 2015 silam. Kali ini adalah peluncuran generasi keduanya. Baik Mercedes Benz Maybach S560 maupun GLS mengedepankan unsur craftsmanship, innovation, dan comfort. Hanya satu tipe yang diluncurkan untuk S-Class, yaitu tipe FL.

Secara keseluruhan, tipe ini menggunakan mesin yang andal, eksterior dan interior yang mewah dan elegan, serta fitur canggih.

Eksterior menawan, dilengkapi sunroof

Sama seperti mobil Mercy lainnya, Mercedes Benz Maybach S560 juga punya desain yang mewah dan elegan. Ukuran sedan kali ini cukup besar, yaitu panjang 5.462 mm, lebar 1.899, dan tinggi 1.498 mm. Jarak sumbu rodanya 3.365 mm.

Pada bagian depannya terdapat grille dengan banyak garis vertikal. Membuat mobil ini seperti punya deretan gigi tajam. Bumper depannya dilengkapi dengan saluran udara berukuran besar. Selain itu, headlamp mobil ini dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dengan bentuk huruf L.

Mercedes Benz Maybach S560 dibekali dengan velg berukuran diameter 18 inci, membuatnya terlihat gagah. Bagian atap mobil ini juga sudah memiliki sunroof yang menambah kesan premium dan mobil sedan ini.

Baca juga: 8 Mobil Termahal di Dunia, Harganya Ratusan Miliar!

Interior mewah dan elegan

Beralih ke bagian dalam kabin yang tentunya juga sama mewahnya dengan tampilan luar mobil ini. Apalagi interiornya juga dilengkapi dengan fitur yang canggih.

Mulai dari bagian dashboard yang dilengkapi dengan head unit dengan berbagai fitur. Di antaranya adalah navigasi yang memudahkan pengemudi agar tidak tersesat menuju tempat tujuan. Dasbornya ini menggunakan bahan kulit asli dengan kualitas tinggi. 

Fitur hiburannya dilengkapi dengan bluetooth, wireless charging, socket USB, perintah suara, layar sentuh, serta terdapat pula speaker belakang. Tidak tanggung-tanggung, Mercedes Benz Maybach sudah menggunakan speaker Burmaster dengan total 24 speaker yang suaranya menggelegar di kabin mobil.

Bagian setir pada kemudinya menggunakan desain model 3 spoke yang dibalut dengan bahan kulit. Ada juga beberapa tombol yang disematkan untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan mobil.

Sama seperti bagian setir, joknya juga menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi dengan jahitan yang rapi, memberikan kesan premium bagi Mercedes Benz Maybach S-Class ini. Dijamin penumpang bakal merasa nyaman duduk di kursi ini.

Sementara itu kursi di baris kedua juga bisa disesuaikan. Ada juga fitur hiburan pada layar di belakang headrest kursi depan dan lampu ambient yang bisa diatur. Bagian sekat antar penumpangnya juga terdapat kotak konsol yang berisi meja lipat, socket USB, dan cup holder.

Fitur canggih demi keselamatan

Berbagai fitur canggih disematkan pada Mercedes Benz Maybach S560 ini. Sistem pengeremannya menggunakan disc brake pada depan dan belakang. Selain itu, sudah dilengkapi juga dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), BA (Brake Assist), serta EBD (Electronic Brake Distribution). Terdapat pula Hill Start Assist Control.

Fitur keselamatan lain yang disematkan juga adanya airbag depan dan samping, active emergency stop assist, active lane keeping assist, active lane change assist, blind spot assist. Fitur-fitur ini mencegah mobil bertabrakan dengan kendaraan lain.

Masih ada fitur mumpuni lain, yaitu child safety lock, anti theft device, alarm mobil, central locking, power door locks, engine check warning, serta engine immobilizer. Terdapat juga 360 camera, sensor parkir, crash sensor, pengingat pintu terbuka, park assist, pengingat sabuk pengaman, pengukur tekanan ban, dan spion tengah yang bisa dilipat.

Baca juga: Spesifikasi, Desain, dan Harga Mobil Mercedes Benz GLS Class

Performa mesin mumpuni, top speed mencapai 250 km/jam

Setelah membahas hal mengenai tampilan dan kenyamanan, kini kita bakal bahas tentang dapur pacunya. Mobil Mercedes Benz Maybach S560 ini dibekali dengan mesin V8 twin turbo dengan kapasitas 4.000 cc 8 silinder. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 503 tk dan torsi 700 Nm.

Mesin ini ditunjang dengan sistem transmisi otomatis 9G-Tronic. Mobil ini diklaim bisa mencapai kecepatan maksimal 250 km/jam. Kapasitas tangki bahan bakarnya sekitar 76 liter. 

Intip Kemewahan Mercedes Benz Maybach GLS Class 2023

Setelah mengetahui informasi spesifikasi Mercedes Benz Maybach S-Class, kita juga bakal bahas versi SUV dari GLS Class yang tidak kalah mewah, bahkan harganya lebih mahal.

Spesifikasi singkat Mercedes Benz Maybach GLS Class 2023 

Mulai dari membahas dapur pacu Mercedes Benz Maybach GLS Class 2023. Mobil ini hanya hadir dalam satu varian dengan mesin bensin V8 3982 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 557 hp pada torsi puncak 730 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 9 percepatan. Top speed-nya juga diklaim bisa mencapai 250 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 4,9 detik.

Dimensi mobil ini adalah 5205 mm untuk panjangnya, 2157 mm untuk lebar, dan 1838 mm untuk tingginya. Ukuran bannya adalah 295/75 R23, artinya mobil ini menggunakan velg dengan ukuran diameter ring 23. Ukuran velg ini membuat tampilan eksterior mobil terlihat gagah.

Baca juga: Mobil Mercedes Benz E300: Harga, Spesifikasi, dan Kelebihan

Inovasi teknologi dan fitur canggih

Tipe GLS Class ini dibekali dengan banyak fitur-fitur canggih. Inovasi teknologi ini yang membedakan Maybach dengan mobil lainnya. Pertama, sudah ada teknologi terkini bernama First Class Rear Compartment.

Sistem multimedia nya sudah menggunakan MBUX High-End Rear Seat Entertainment plus MBUX Interior Assistant. Speakernya menggunakan Burmaster. Power closing door dan electric sunblind sudah terintegrasi juga dengan sistem MBUX. Penumpang jadi lebih mudah untuk membuka dan menutup pintu serta sunblind.

Fitur keamanannya juga melimpah. Sudah ada alarm mobil dan anti theft device. Ada pula fitur Driving Assistance Package, Digital Light, dan Pre-Safe. Sementara itu, untuk menunjang kenyamanan, suspensi yang dipakai pada SUV Maybach GLS ini terasa sangat halus pada berbagai medan. Suspensi Airmatic digunakan pada E-active Body Control untuk meredakan guncangan.

Ada fitur canggih juga untuk kursi belakang agar makin nyaman. Ketika pintu dibuka, mobil bakal merendah dan running board muncul pada sisi samping. Bagian belakangnya juga terasa luas supaya penumpang merasa lega. Ada juga fitur active road noise compensation untuk mengurangi kebisingan masuk ke dalam kabin.

Harga Mercedes Benz Maybach, Mobil Sultan!

Lantas, berapa harga Mercedes Benz Maybach ini?

Untuk Mercedes Benz Maybach S-Class dibanderol dengan harga Rp6,79 miliar, sedangkan Mercedes Benz SUV GLS Class dibanderol dengan harga Rp7,49 miliar.

Kedua mobil ini sudah disediakan layanan Star Service selama 5 tahun tanpa batasan kilometer dan juga StarTire 2 tahun.

Rupanya spesifikasi Mercedes Benz Maybach memang sebanding dengan harganya. Mobil mewah seperti ini tidak boleh luput dari perawatan demi menjaga performa kendaraan. Temukan bengkel berkualitas dengan montir andal di aplikasi Otoklix. Jaga performa kendaraan dengan rutin mengecek kondisi oli, aki, ban, dan melakukan tune-up secara rutin.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mercedes Benz Maybach :


Untuk Mercedes Benz Maybach S-Class dibanderol dengan harga Rp6,79 miliar, sedangkan Mercedes Benz SUV GLS Class dibanderol dengan harga Rp7,49 miliar.


Salah satu mobil termahal dari Mercedes Benz adalah Mercedes Benz Maybach GLS dengan harga Rp7,49 miliar.


Mercedes Maybach adalah sub brand Mercedes Benz yang berasal dari Jerman. Pada 1909, Maybach Motorenbau GmbH didirikan oleh Wilhelm Maybach bersama anak laki-lakinya, yaitu Karl Maybach.