Mobil mini cooper tentu tidak asing lagi bagi para pecinta mobil. Salah satu jenisnya yang cukup populer adalah mini 3-door. Selain mungil, mobil ini juga memiliki bangku yang terbatas yaitu 3 bangku penumpang dan 1 bangku pengemudi.

Walaupun terkesan kecil, ternyata mobil ini merupakan salah satu kendaraan mewah di bumi. Jadi, OtoFriends jangan heran jika melihat harganya yang cukup mahal. Tentu saja ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi menarik yang membuatnya terlihat lebih mewah dan elegan.

Spesifikasi Lengkap Mini 3-Door

Jika Anda tertarik memiliki mobil mini cooper ini, maka alangkah baiknya untuk mengetahui berbagai spesifikasi yang dimiliki oleh mobil mini tersebut, seperti:

Dimensi

Sebagai mobil mini, tentu saja hal yang paling mencolok adalah dimensinya. Karena hal ini akan disesuaikan dengan model tersebut. Namun, ini menjadi keunikan tersendiri sehingga membuatnya lebih mencolok daripada mobil-mobil lainnya. Adapun dimensi lengkap mobil tersebut seperti:

  • Tinggi 1.414 mm
  • Panjang 3.876 mm
  • Lebar 1.727 mm
  • Jarak sumbu roda 2.495 mm

Mesin

Walaupun kecil ternyata mobil satu ini menggunakan mesin yang bandel. Bagaimana tidak, mobil ini menggunakan mesin dengan 1.499 cc dengan konfigurasi transmisi berupa 7-speed dual clutch transmission.

Kemudian, tipe drive yang ada adalah rear wheel drive dengan konfigurasi mesin MINI twinpower turbo technology yang dilengkapi dengan turbocharging, direct injection serta VALVETRONIC. Jadi, kinerja mesinnya menjadi sangat baik.

Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan tangki BBM maksimal sebanyak 44 Liter. Kemudian, jumlah silinder yang tersedia pada mesinnya sebanyak 3 buah.

Baca Juga: Pilihan Mobil Mini, Si Gesit Irit untuk Mobilitas Perkotaan

Performa

Mesin yang kuat tentu saja menjamin performa yang memukau. Melalui detail mesin di atas, OtoFriends akan menyadari bahwa mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 136 hp atau setara dengan 4.500-6.500 rpm. Kemudian, dari sisi torsi setara dengan 220 Nm atau 1.480-4.100 rpm.

Suspensi

Setiap mobil mini 3-door dan yang setipe dengannya menggunakan suspensi MacPherson Strut yang berguna meredam goncangan dan getaran ketika berkendara. Sementara itu, suspensi belakangnya menggunakan multi-link.

Baik pada sisi rem terutama depan dan belakang memakai disc brake yang bekerja dengan baik sehingga berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Eksterior

Tampilan yang unik dan menawan ternyata tetap dilengkapi dengan berbagai fitur eksterior yang mumpuni. Contohnya saja penggunaan lampu depan berupa LED highlights serta lampu belakang berupa LED.

Kemudian, spion memakai teknologi electric mirror & retract serta adanya spoiler yang mendukung mobil untuk tetap tertekan ke bawah. Fitur ini sangat penting karena bisa mencegah mobil terangkat terutama ketika digunakan saat kecepatan tinggi.

Ketika mobil terangkat maka pengendaliannya akan lebih sulit sehingga lebih rawan kecelakaan. Namun, dengan fitur tersebut maka risiko yang ada dapat dihindari.

Baca Juga: Harga Mobil MINI dan Modelnya, Antik, Elegan, dan Mewah

Velg dan Ban

Layaknya pada mini 5-door, mobil ini juga memakai material vel dengan 17 inch scissor spoke 2-tone. Sedangkan ukuran yang biasa digunakan adalah 205/45 R17.

Safety

Mobil ini memiliki sistem keamanan anti maling yang cukup baik. Karena dilengkapi dengan alarm system serta engine immobilizer yang akan mematikan mesin kendaraan ketika kunci yang masuk tidak sesuai dengan yang aslinya.

Kemudian, dari sisi keselamatan juga sangat lengkap karena memiliki:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Vehicle stability control system seperti dynamic stability control serta automatic stability control

Sedangkan dari keselamatan pasif, mobil mini 3-door dilengkapi dengan:

  • ISOFIX
  • Child safety lock
  • Sabuk pengaman depan yang terbuat dari material yang nyaman dan kuat
  • Airbag system yang tersedia di bagian depan khususnya bagian kepala dan samping. Sedangkan untuk penumpang belakang airbag tersedia di bagian kepalanya.

Kelebihan Mini 3-Door

Mobil mini cooper maupun mini clubman memiliki berbagai kelebihan yang sangat menarik, seperti:

  • Mobil ini memiliki ukuran yang mungil namun tampilannya tetap mewah, elegan dan berkelas.
  • Fitur keamanan yang lengkap dan mutakhir, sehingga pengendara merasa lebih aman dan nyaman.
  • Walaupun lampu depan memakai LED highlights biasa ternyata lampu tersebut telah dilengkapi dengan fog lamp yang membuatnya bisa menerangi jalanan yang berkabut sekalipun. Mengingat hampir semua jalanan di Indonesia mudah sekali berkabut terutama di malam dan dini hari.
  • Interior mobil ini cukup baik dari sisi desain maupun fungsinya. Hal ini dibuat sedemikian rupa sehingga pengguna merasa lebih nyaman. Kemudian, terdapat teknologi mini standar radio, layar berukuran 6,5 inchi, LED ring pada head unit yang membuat interiornya memiliki kesan retro yang menarik.

Kekurangan Mini 3-Door

Walaupun memiliki sejuta kelebihan, mobil mini 3-door bekas maupun yang baru tetap saja memiliki kekurangan, seperti:

  • Harga yang cukup mahal
  • Kapasitas kabin mini 3-door yang kecil dan sempit
  • Penggunaan bahan bakar haruslah beroktan tinggi. Direkomendasikan minimalnya memakai Pertamax Plus agar mesin dapat bekerja dengan optimal. Namun, di sisi berbeda pengeluaran OtoFriends pada BBM akan melonjak tinggi.

Baca Juga: Daftar Harga Mini Cooper Bekas, Mulai 400 Jutaan

Harga Mobil Mini 3-Door

Mini cooper harga sebenarnya cukup mahal karena berkisar antara Rp885 juta hingga Rp1,15 milyar. Untuk mini 3-door cooper dibanderol sebesar Rp885 juta, mini 3-door cooper S seharga Rp999 juta.

Mobil mini 3-door resolute edition dihargai sebesar Rp1,05 milyar, dan mini 3-door john cooper works dibanderol sebesar Rp1,15 milyar.

Mobil mini 3-door ini memang keren, berkelas dan mewah. Tentunya OtoFriends harus merawat mobil tersebut sebaik mungkin. Cara paling mudah adalah membawanya ke bengkel yang terdaftar di Otoklix.com. Karena bengkel yang terdaftar di website tersebut memiliki kualitas terbaik dengan harga yang ramah di kantong.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Mini 3 Door

Mini cooper harga sebenarnya cukup mahal karena berkisar antara Rp885 juta hingga Rp1,15 milyar. Untuk mini 3-door cooper dibanderol sebesar Rp885 juta, mini 3-door cooper S seharga Rp999 juta.

Terdapat beberapa pendapat untuk hal ini. Beberapa pihak merasa suspensi mobil ini cukup keras daripada mobil lain yang sejenis. Namun, pada sisi yang berbeda suspensi tersebut membuat mobil menjadi lebih stabil dan tidak mudah limbung ketika berada di tikungan.

Mini 3-Door John Cooper Works.