Toyota Avanza bisa dibilang mobil sejuta umat, sebab banyak orang telah memilikinya. Namun, ada beberapa kalangan memodifikasi mobil Avanza miliknya.

Hak itu dilakukan dengan berbagai alasan. Mulai dari ingin membuat mobilnya berbeda dengan avanza lainnya hingga ingin kendaraannya memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

Tak heran modifikasi mobil Avanza kerap dilakukan oleh para petrolhead di Indonesia. Terutama penggemar mobil-mobil Toyota.

Di sisi lain, sebagai salah satu kendaraan terlaris di Indonesia, tentulah tidak sulit untuk menemukan hal-hal terkait modifikasi kendaraan tersebut. Termasuk dalam pemilihan part aftermarket pendukungnya.

Satu diantaranya seperti velg dan body kit. Mengenai aliran modifikasi mobil Toyota Avanza kebanyakan, biasanya didominasi konsep elegan dan sporty.

Akan tetapi, semua  tentu kembali lagi pada selera sang pemilik serta dana yang sudah disiapkan untuk memodifikasi mobil tersebut. Kalau dananya memang tidak terbatas, tentunya apapun bisa dilakukan agar Toyota Avanza Anda tampil kece di jalanan.

Namun, kalau dananya terbatas, maka perlu memperhatikan beberapa hal supaya modifikasi mobil Avanza tetap terlihat keren. Nah ini beberapa tips dari Otoklix untuk kalian yang ingin memodifikasi mobil Avanzanya.

Maksimalkan Performa Mesin

Hal pertama yang bisa dilakukan bagi pengguna Avanza adalah dengan memaksimalkan tenaga mesin yang dimiliki. Cara yang paling simple adalah memperlancar aliran udara masuk dan keluar dari mesin, sehingga kinerja mesin jadi lebih ringan.

Teknik yang bisa Anda lakukan adalah mengganti filter udara standar dengan filter udara replacement atau jenis open air filter. Selanjutnya Anda mengganti sistem knalpot mulai dari header, resonator, sampai muffler.

Opsi modifikasi pada bagian mesin ini tidak terlalu menekan biaya yang banyak kok. Tapi setimpal dengan hasil yang didapat, yaitu mesin jadi terasa lebih ringan sejak putaran bawah.

Baca Juga: Jangan Takut, Segini Biaya Turun Mesin Mobil Avanza

Percantik Interior dengan Cover Jok

Setelah meningkat performa mesin, untuk menunjang kenyaman penumpang kalian bisa mempercantik tampilan interior. Salah satunya adalah dengan memasang cover jok.

Karena modifikasi interior ini tidak melulu untuk keperluan kontes namun untuk harian yang membuat tampilan interior lebih nyaman kadang juga diperlukan. 

Pada tahap ini kalian bisa memilih cover jok tipe semi permanen atau jok permanen alias jok paten. Untuk kepresisian hasil pemasangan pada jok mobil, jelas jok paten adalah yang paling baik. 

Tapi tentu saja ada harga yang lebih mahal untuk hasil tersebut. Untuk pasang cover jok Avanza, maka ongkos pembuatannya masuk kategori mobil dengan jok 3 baris. 

Sementara pilihan bahan pelapis joknya sangat bervariasi. Mulai dari merk Oscar, Ferrari, Total, MBTech, sampai kulit asli.

Semakin berkualitas material yang digunakan maka semakin mahal biaya pembuatan sarung jok ini. Kemudian tentukan juga motif warna berikut pola jahitannya.

Kombinasi warna bisa kalian sesuaikan dengan cat eksterior atau dibuat senada dengan warna panel lainnya di dalam kabin. Sedangkan untuk motif jahitan bisa bertema futuristik, wajik, atau dibuat model sofa.

Pilih Velg yang Tepat

Saat melakukan modifikasi mobil Avanza, pelek merupakan komponen paling mudah untuk dilakukan substitusi. Terlebih untuk Toyota Avanza, pilihan pelek aftermarketnya berlimpah-limpah di pasaran.

Kendati demikian, Otofriends tidak bisa sembarangan dalam memilih velg.  Jangan sampai penyesuaian ukuran pada pelek ini mengorbankan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Sebaiknya jangan mengorbankan kenyamanan hanya karena tampilan mobil terlihat lebih keren. Harus diperhitungkan fungsionalitas kendaraan tetap terjaga, pilihan pelek untuk Avanza banyak, pasti banyak model yang memenuhi kriteria ini.

Untuk ukuran ideal, disarankan mengganti pelek dengan diameter maksimal berjarak 2 inci dari ukuran standar. Misalnya kalau pelek standar pakai ring 14, biasanya di Avanza lama. 

Bisa kalian ganti dengan menggunakan velg ukuran R15, atau maksimal R16. Jika Avanza standar telah menggunakan pelek ukuran standar ring 15, maka bisa menggunakan velg dengan ukuran maksimal ring 17 inci.

Body Kit yang Beragam

Tersedianya pilihan body kit Avanza menjadi pilihan modifikasi selanjutnya. Produk body kit untuk Toyota Avanza pun tersedia berlimpah di pasaran. Harga mulai Rp 1-2 jutaan.

OtoFriends bisa mengubah tampilan Avanza keluaran pertama sakali pun jadi bergaya modern dengan sentuhan body kit luxury yang tersedia di pasaran. Cara pemasangannya pun mudah dengan cara plug and play alias tanpa mengubah dudukan bumper standar atau tanpa merusak.

Baca Juga: Segini Harga Ban Dalam Mobil Avanza Terbaru

Modifikasi Audio

Modifikasi mobil Avanza simple selanjutnya yang juga bisa meningkatkan kenyamanan saat mobil tersebut dikendarai adalah melakukan upgrade pada sistem tata suara di mobil tersebut.

Kalian akan mendapatkan sistem hiburan yang lebih berkualitas untuk menemani perjalanan. Cara modifikasi audio Toyota Avanza yang simple bisa cukup dengan mengganti speaker depan dan belakang.

Kemudian memasang tweeter tambahan, serta memasang subwoofer aktif ukuran 10 inci untuk diletakkan di kolong jok penumpang depan. Dengan empat komponen ini, kalian sudah mampu mendapatkan sistem tata suara yang berkelas di mobil.

Memaksimalkan Lampu-Lampu

Modifikasi mobil Avanza yang terakhir adalah dengan memasang lampu Led pada pencahayaan utama. Banyak pilihan lampu led di pasaran yang bisa didapatkan.

Mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semua itu tergantung dari kebutuhan kalian semua.

Selain itu, OtoFriends juga bisa membeli variasi lampu belakang. Hal itu guna mempercantik stop lamp dari Avanza mili kalian loh OtoFriends.

Nah itu dia beberapa modifikasi mobil Avanza yang dapat kalian pilih. Jika OtoFriends ingin melakukan perawatan rutin mobil kesayangannya bisa mencari bengkel terpercaya pada website dan aplikasi Otoklix ya, dijamin harga bersaing dengan yang lain.