Penyematan mesin baru pada Innova Zenix membuat konsumsi BBM Innova Zenix lebih irit dari Toyota Innova generasi sebelumnya yang berkapasitas mesin bensin 2.0 L dan bermesin diesel 2.4 L.

Bukan hanya facelift di bagian mesinnya saja, Toyota juga mengganti platform body mobil Innova Zenix menggunakan platform TNGA: GA-C untuk mengurangi bobot mobil Zenix tipe Hybrid EV sehingga rigiditas body semakin meningkat dan menciptakan ruang kedap suara di dalam kabin. 

Selain itu struktur ladder on-frame di generasi sebelumnya juga digantikan dengan struktur monocoque. Apa saja fakta-fakta lain dibalik hematnya konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova Zenix? Berikut ini penjelasan selengkapnya dan perbandingkan antara konsumsi BBM Zenix Hybrid vs non hybrid.

Baca juga: Inden Capai Satu Tahun, Toyota Innova Zenix Banyak Peminat

Konsumsi BBM Zenix Hybrid vs Non Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan uji coba internal untuk mencari tahu seberapa hemat konsumsi bahan bakar mobil Toyota Kijang Innova Zenix untuk varian hybrid dan non hybrid. Untuk diketahui bahwa mobil tipe hybrid Zenix adalah Innova Zenix Q TSS Hybrid dan tipe non hybrid yakni Innova Zenix V Modellista. 

Berikut ini rincian masing-masing mesin Innova Zenix.

1. Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid

Uji coba dilakukan dengan berkendara menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid dari Rest Area di KM379A di area Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menuju Hotel Padma Semarang. Perjalanan pertama ini ditempuh dengan jarak kurang lebih 51,3 km dengan gaya berkendara normal.

Rute dan jarak tempuh yang pendek ini membuktikan konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid dalam kota cukup irit yakni sebesar 14,4 km/liter.

Kemudian perjalanan dilakukan keesokan harinya menuju Yogyakarta melalui Salatiga dan Magelang. Perjalanan tersebut ditempuh dengan jarak 131 km. 

Perjalanan menuju Yogyakarta tersebut gak menggunakan mode Eco Driving karena konstruksi jalan yang cukup bervariasi, jalanan menanjak dan kemacetan yang padat sehingga tim penguji berkendara secara ugal-ugalan.

Menariknya justru konsumsi bahan bakar Innova Hybrid ini berkisar di angka 1:11 km/liter hingga 14,3 km/liter. Kendati demikian, Toyota mengklaim Kijang Innova Zenix Hybrid mampu irit hingga 21 km/liter.

Baca juga: Intip Biaya Servis Mobil Hybrid, Lebih Mahal atau Murah?

2. Konsumsi BBM Innova Zenix Non Hybrid

Sementara itu, untuk jenis non hybrid dari Innova Zenix, banyak yang mengatakan konsumsi bensinnya gak kalah irit dengan tipe hybrid.

Media Test Drive dilakukan dengan berkendara sejauh 220 km, mulai dari Cilandak Town Square menuju salah satu restonran di Cirebon via Tol Layang MBZ dan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Rute yang dilakukan rute kombinasi antara ruas jalan tol dan jalan biasa.

Tim penguji berkendara tanpa mengaktifkan fitur Eco Mode untuk mengetahui seboros apa mobil Zenix bermesin bensin ini. 

Gaya berkendara cukup serampangan, kecepatan kendaraan mencapai 160 km/jam akan tetapi konsumsi BBM Innova Zenix non hybrid sebesar 9,2 km/liter berdasarkan informasi pada Multi Information Display (MID).

Perjalanan dilanjutkan kembali dari Cirebon menuju Rest Area KM379A di wilayah Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Perjalanan menempuh jarak sebesar 179 km dengan gaya berkendara menggunakan fitur Eco Mode.

Konsumsi bahan bakar mobil Zenix bermesin bensin ini jauh lebih efisien yakni sebesar 14,4 km/liter. Bahkan, menurut tim internal Toyota, bahan bakar Innova Zenix masih bisa irit lagi hingga 15 km/liter.

Konsumsi BBM Innova Reborn Diesel vs Innova Zenix Non Hybrid, Irit Mana?

Toyota Kijang Innova generasi ketujuh ini juga dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni Toyota Kijang Innova Reborn Diesel yang diklaim paling irit saat itu. Digadang-gadang, Innova Zenix lebih baik dari Innova Reborn Diesel karena dari sisi tenaga lebih besar dan efisiensi bahan bakar lebih baik. Memangnya benar?

PT. Toyota Astra Motor (TAM) melakukan uji coba internal untuk membuktikan bahwa mesin TNGA 2.0 L kode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang disematkan pada mobil Innova Zenix bensin memang efisien untuk menghemat konsumsi bensin dibandingkan Reborn Diesel.

Uji coba dilakukan dengan berkendara sejauh 47 km. Hasilnya cukup memuaskan, konsumsi BBM Innova Zenix sebesar 16,2 km/liter sedangkan konsumsi BBM Innova Reborn Diesel sebesar 14,9 km/liter. Perbedaan konsumsi bensin tersebut cukup signifikan. 

Meskipun begitu, hasil uji coba tersebut gak bisa sepenuhnya dijadikan patokan sebab hemat atau borosnya konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor juga dipengaruhi faktor lain.

Faktor yang mempengaruhi konsumsi bensin antara lain gaya berkendara, kecepatan statis selama berkendara, jenis BBM yang digunakan hingga perawatan mobil yang rutin juga dapat mempengaruhi hemat atau boros konsumsi BBM kendaraan bermotor.

Baca juga: 10 Mobil Solar Paling Irit di Indonesia Beserta Harganya

Oleh karena itu, penting untuk tepat waktu dalam melakukan servis mobil berkala. Pilih bengkel mobil terbaik yang bisa kita andalkan untuk merawat dan memelihara mobil.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Autoclix. Servis mobil di Bengkel Oto Klik bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Salah satunya adalah Bengkel Otoklix yang menjamin keandalan tim mekaniknya, kelengkapan peralatan bengkel hingga jaminan keaslian spare part yang digunakan setara OEM.

Menariknya, Otoklix menawarkan harga dan biaya servis yang transparan dan terjangkau yang bisa kita lihat di aplikasi Otoklix. Segera download aplikasinya dan lakukan booking service sebelum terlambat.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Innova Zenix

Rute dan jarak tempuh yang pendek ini membuktikan konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid dalam kota cukup irit yakni sebesar 14,4 km/liter. Adapun berkendara secara ugal-ugalan dan boros, Zenix Hybrid masih irit yakni berkisar di angka 1:11 km/liter hingga 14,3 km/liter.

Konsumsi bahan bakar mobil Zenix bermesin bensin ini jauh lebih efisien yakni sebesar 14,4 km/liter. Bahkan, menurut tim internal Toyota, bahan bakar Innova Zenix masih bisa irit lagi hingga 15 km/liter.

Uji coba dilakukan dengan berkendara sejauh 47 km. Hasilnya cukup memuaskan, konsumsi BBM Innova Zenix sebesar 16,2 km/liter sedangkan konsumsi BBM Innova Reborn Diesel sebesar 14,9 km/liter.