Mercedes kembali mengeluarkan seri mobil yakni Mercedes Benz GLS Class untuk melengkapi koleksi mobil SUV (di Indonesia. Dengan didukung mesin yang kuat serta performa baik, mobil ini bisa diajak berkendara dengan nyaman baik itu perjalanan dekat hingga jauh. Bahkan jika melintasi bagian trotoar yang kasar, pengemudi dan penumpang di dalam mobil masih bisa merasa nyaman.

Mobil besutan Mercedes ini termasuk SUV yang tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1 opsi transmisi, dan 11 warna. Masing-masing dari spesifikasi mobil ini akan dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan berikut. Mari simak pembahasan di bawah ini untuk memuaskan rasa ingin tahu terkait SUV Mercedes ini.

Baca juga: Menggoda! Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap BMW 520i

Info Detail Mengenai Mercedes Benz GLS Class

SUV GLS Class ini mempunyai tampilan bodi yang besar dan meninggalkan kesan mewah bagi penggunanya. Terlebih lagi, mobil ini telah dilengkapi berbagai fitur canggih yang membuatnya menjadi unggul daripada pesaingnya. Pada awalnya, generasi pertama dari Mercedes-Benz GLS Class dikeluarkan pada tahun 2012. Namun, kemudian mengalami perkembangan hingga digantikan generasi terbaru model X166.

Generasi baru yang beredar di Indonesia saat ini adalah generasi ketiga dari GLS Class. Varian dari SUV GLS Class antara lain 450 AMG 3.0 AT CBU, 400 dengan Exclusive Line, GLS 63, 400 4MATIC AMG Line, 450 4Matic AMG Line, serta AMG GLS 63. Namun, pembahasan kali ini tidak membahas semua varian dari GLS Class, melainkan hanya tertentu saja.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai spesifikasi Mercedes Benz GLS Class, kita bisa membongkar terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari SUV ini. Membicarakan kelebihan tentunya bagian menarik dari mobil yang membuatnya disukai banyak orang. Nah, SUV GLS Class ini memiliki beberapa keunggulan yakni dimensinya yang cukup besar sehingga kabin mobil terasa lebih leluasa.

Bukan hanya itu saja, mobil ini telah dilengkapi dengan mesin yang mumpuni sehingga performanya bertenaga. OtoFriends juga bisa menikmati nuansa interior yang cantik didukung kabin mewah dengan kursi empuk. Apalagi berkat bantuan fitur-fitur canggih yang tersemat pada mobil membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Namun, tidak hanya kelebihan saja yang bisa dirasakan. Tetapi, mobil SUV ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tak bisa dihindari. Misalnya harganya yang terlalu mahal, dimensinya yang besar bisa membuat manuver menjadi agak sulit, dan bagian lampu depannya masih halogen.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak Mobil dengan Tepat dan Mudah

Spesifikasi Mobil Mercedes Benz GLS Class

Spesifikasi dari SUV GLS Class ini dapat dilihat dari segi mesin, performa, dimensi, hingga varian warna yang tersedia. Dengan begitu, kita bisa lebih mengenal dekat tentang mobil ini baik luar dan dalam.

1.    Mesin dan performa

Tipe mesin dari Mercedes-Benz GLS menggunakan mesin 3.0L inline-6 turbo dengan EQ Boost. Jenis transmisi yang digunakan adalah otomatis 9G-Tronic, penggerak AWD. Mesin ini mempunyai jumlah silinder sebanyak 6 dengan kapasitas 2999 cc. Jenis bahan bakar bensin dengan kapasitas tangki sebesar 90.

Performa mesin mampu menghasilkan tenaga maksimum 367 HP pada putaran 5500 rpm sampai dengan 6100 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan yaitu 500 Nm pada putaran 1600 rpm sampai dengan 4500 rpm.

2.    Dimensi

Beralih pada dimensi mobil, SUV GLS Class ini mempunyai panjang 5213 mm, lebar 2157 mm, dan tinggi 1823 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 3135 mm. Dengan besaran dimensi yang tertera, membuat SUV ini menjadi salah satu SUV yang mempunyai kapasitas besar.

3.    Warna mobil

Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya, mobil ini tersedia dalam 11 varian warna. Warna-warna itu terdiri dari black, carnelian red metallic, iridium silver metallic, obsidian black metallic, blue metallic, selenite grey metallic, emerald green metallic, lunar blue metallic, mojave silver metallic, dan polar white. Banyaknya varian warna tersebut membuat OtoFriends bisa memilih warna sesuka hati.

Desain Mobil Mercedes Benz GLS Class

Usai membahas mengenai spesifikasi mobil, kini kita beralih ke topik Mercedes-Benz GLS-Class interior dan eksterior yang tidak kalah menarik untuk dicermati.

1.    Interior

Pada bagian interior kabin, orang-orang mungkin bisa langsung merasakan nuansa kemewahan yang terdapat dalam mobil. Apalagi sebagian interior dibalut menggunakan bahan kulit kualitas premium. Tersedia tempat untuk menyimpan barang-barang kecil seperti dompet ke dalam arm rest. Melihat ke bagian setir terdapat fitur tilt dan teleskopik untuk memudahkan pengemudi dalam menentukan posisi berkendara yang nyaman.

Kapasitas penumpang yang dapat ditampung Mercedes Benz GLS Class adalah tujuh orang dengan kualitas kursi yang baik sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman. Apalagi, SUV ini mempunyai ruang kabin luas sehingga terasa lega.

2.    Eksterior

Pada bagian eksterior, terdapat lampu depan LED multibeam dan lampu DRL (Day Running Lights). Lampu-lampu tersebut berfungsi untuk menerangi jalanan yang minim cahaya saat berkendara. Tinggi ground clearance yaitu 200 mm dan mobil GLS Class telah dilengkapi pijakan kaki agar penggunanya bisa dengan mudah naik atau turun mobil.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil 24 Jam Terdekat di Jakarta Timur, Bisa Panggilan

Berapa Harga Mobil Mercedes Benz GLS Class?

Harga Mercedes-Benz GLS pada setiap daerah mungkin dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Namun, range mobil ini berkisar di antara Rp 2,3 miliar sampai Rp 5,6 miliar. Hal itu tergantung pula dari varian mobil yang dibeli.  Harga GLS 450 4Matic AMG Line dibanderol kurang lebih Rp 2,3 miliar. Mercedes-Benz GLS 400 4Matic AMG Line dibanderol kurang lebih Rp 2,15 miliar.

Ikuti kabar berita dan tips dunia otomotif secara update hanya di Otoklix. Bagi OtoFriends yang bingung ingin memperbaiki mobil yang bermasalah atau ganti oli dapat menggunakan bengkel terpercaya dari Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mercedes Benz GLS Class

Bobot kotor sekitar 2440 kg.

Dimensi mobil ini yaitu memiliki panjang (mm) 5213, lebar (mm) 2157, dan tinggi (mm) 1823.

500 Nm/1600 – 4500 rpm