Konsumsi BBM Alphard tentu saja harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil Alphard itu sendiri. Pemilihan jenis BBM tidak bisa sembarangan, sebab pabrikan sudah memberikan rekomendasi jenis BBM apa yang harus digunakan sesuai dengan spesifikasi mobil tersebut. Tidak hanya pada mobil Toyota Alphard, ini juga berlaku untuk kendaraan lain, baik mobil maupun motor.

Mengapa kendaraan bermotor tidak disarankan menggunakan bahan bakar di bawah saran dari pabrikan? Sebab, hal ini memiliki dampak buruk seperti proses pembakaran menjadi tidak sempurna, hingga membuat komponen sistem pembakaran seperti piston dan yang lainnya rusak. Performa mesin mobil pun jadi kurang optimal sebab konsumsi BBM bisa lebih boros.

Untuk OtoFriends yang tertarik dengan mobil Alphard dari Toyota, alangkah baiknya mengetahui dahulu seperti apa spesifikasi dan harga jualnya sebelum membelinya agar bisa mempersiapkan semuanya setelah mobil tersebut dimiliki termasuk jenis BBM yang perlu digunakan. Tidak hanya untuk calon pembeli, pemilik Alphard juga perlu mengetahui penjelasan mengenai spesifikasi mobil ini.

Berikut Otoklix berikan penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi, harga, dll. dari Toyota Alphard.

Harga Toyota Alphard

Toyota Alphard merupakan mobil buatan Jepang yang sudah hadir sejak tahun 2002. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2008, Toyota mulai memasukkan seri ini dalam generasi pertamanya. Kedatangan Toyota Alphard ke Indonesia membuat antusias para kalangan atas terutama karena spesifikasi dan berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Toyota Alphard sendiri memiliki 3 varian yang masing-masing memiliki harga yang berbeda. Pertama Toyota Alphard 2,5 X A/T Type harganya mulai dari Rp1,1 Miliar. Kedua, Toyota Alphard 2,5 G A/T Type dengan harga mulai dari Rp1,3 Miliar. Ketiga Alphard 3,5 Q A/T Type yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,5 Miliar.

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

Spesifikasi Toyota Alphard

Sejak kemunculannya, Toyota Alphard telah mengalami perkembangan model sebanyak 3 kali. Tampilan terbarunya menunjukkan bahwa mobil seri ini menjadi lebih mewah dan elegan bagi penggunanya.

Yang menjadi keunggulan dari Toyota Alphard adalah memiliki sistem transmisi CVT. Sistem pada kemudinya menggunakan Rack and Pinion with EPS. Sementara itu, di bagian suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Torsion Bar, sedangkan suspensi belakang bernama Double Wishbone with Torsion Bar. 

Di bagian keamanan rem, terdapat Ventilated Disc disematkan pada bagian depan dan belakang. Untuk roda, Toyota Alphard menggunakan ukuran roda yang cukup besar, yaitu 135/50 R18 dan memiliki ketahanan yang cukup kuat.

Spesifikasi mesin yang diusung juga bukan “kaleng-kaleng”. Dari segmentasinya, Toyota Alphard dibekali dengan mesin berkapasitas besar agar mampu memberikan performa berkendara yang nyaman. 

Namun, berkat tenaganya yang besar pula lah, konsumsi BBM Alphard menjadi lebih boros. Walaupun begitu, baik dari kalangan pebisnis, pejabat, hingga artis, masih menjadikan Toyota Alphard sebagai mobil primadona untuk digunakan sebagai mobil keluarga.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 Harga Rp100 Jutaan Irit BBM

Mesin Toyota Alphard

Sejak kemunculannya, Toyota Alphard memiliki 3 varian yang memiliki perbedaan spesifikasi pada bagian mesin. Alphard Q misalnya, menggunakan mesin 2 GR-FE dengan teknologi DOHC V-type 6 silinder dan kapasitas 3.456 cc,24 valve, dan Chain Drive Dual VVT-i.

Sementara itu, untuk versi G dan X memiliki kode mesin 2AR-FE dengan teknologi DOHC 4 silinder in-line dengan kapasitas 2.494 cc, 16 valve, dan Dual VVT-i. 

Berdasarkan spesifikasi tersebut, tenaga yang dihasilkan pun memiliki perbedaan. Tipe Q mampu menghasilkan 300 PS per 6.200 rpm, sedangkan tipe G dan X mampu menghasilkan 180 PS per 6.000 rpm.

Di bagian dimensi, Toyota Alphard memiliki dimensi yang sama untuk ketiga variannya, yaitu panjangnya 4.945 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm, serta jarak poros rodanya adalah 3.000 mm.

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Konsumsi BBM Alphard

Toyota Alphard terkenal dengan konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi alias boros. Pabrikan mengklaim bahwa Alphard menghabiskan 1 liter bahan bakar hanya untuk jarak 10 km. Namun, kenyataannya jarak yang dapat ditempuh dengan 1 liter bahan bakar pada mobil ini hanya sampai jarak 6-8 kilometer.

Hal ini besar kemungkinan karena mobil ini selalu melewati jalur lalu lintas yang padat. Namun, melihat ukuran mobil yang besar dan bongsor, angka jarak tempuh dengan 1 liter bahan bakar tersebut diklaim baik untuk mobil di kelasnya, termasuk pengguna Alphard yang sangat memperhatikan penyesuaian akselerasi ketika mengemudikannya.

Dalam konsumsi normal, Alphard menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak antara 10 hingga 12 kilometer per liter. Itu artinya, dalam kondisi bensin penuh, Toyota Alphard mampu menempuh jarak sekurang-kurangnya 750 hingga 900 kilometer.

Baca juga: 15 Mobil MPV Terbaik Lengkap dengan Harganya

Jenis BBM untuk Toyota Alphard

Penentuan jenis BBM yang bisa digunakan ditentukan berdasarkan nilai rasio kompresi mesin. Adapun untuk Toyota Alphard, nilai rasio kompresi mesinnya adalah 10,4:1 untuk varian 2,5L dan 11,8:1 untuk versi 3,5L. Artinya, jenis BBM yang bisa digunakan Toyota Alphard adalah bahan bakar dengan nilai RON 92 atau bahan bakar sejenis Pertamax dari Pertamina atau Shell Super. Pemilik Toyota Alphard tidak bisa menggunakan BBM di bawah nilai RON 92 seperti Pertalite dan sejenisnya.

Tentu saja, penggunaan bahan bakar berkualitas sesuai standar dari pabrikan akan membuat kinerja mobil menjadi sangat baik. Hal ini disebabkan karena performa, akselerasi, kekuatan menanjak, dan keawetan mesin bergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Baca juga: Harga Mobil Alphard Baru dan Bekas, Berikut Spesifikasinya

Fitur Toyota Alphard

Toyota Alphard memiliki berbagai fitur yang menjadi kelebihan, dua di antaranya adalah fitur keselamatan dan keamanan.

Pada fitur keselamatan, terdapat 7 seat dengan seat belt tiga titik, dua buah pretensioner, dan force limiter. Di bagian bangku baris kedua dan pada kanan kiri terdapat ELR 3 titik berjumlah 2 buah dan 2 titik ELR berjumlah 1 buah.

Fitur keselamatan juga dilengkapi dengan SRS Airbag dengan jumlah hingga 7 buah. Distribusinya, di bagian depan terdapat 2 buah, pada pengemudi 1 buah, pada curtain terdapat 1, dan side samping ada 2 buah. Tentu saja ini meningkatkan keselamatan pengemudi maupun penumpang Toyota Alphard.

Tidak hanya itu, fitur keamanan juga patut diacungi jempol. Sebab, mobil ini sudah didukung dengan pintu sliding door anti jam protection, radius 100mm open backwards, panoramic view, auto lock speed sensor dengan pedestrian protection. Kemudian, keyless entry, security alarm system yang cukup membantu pengemudi.

Di bagian keamanan juga sudah menggunakan anti lock brake system atau ABS, electronic brake distribution atau EBD, brake assist, hingga vehicle stability control.

OtoFriends pun tidak perlu khawatir ketika ingin memarkirkan mobil ini, sebab terdapat parking brake dengan sistem elektronik, emergency brake signal, hill start assist, sensor parking clearance & back sonars, hingga camera parking.

Dengan begitu, pengemudi dapat dengan mudah memarkirkan mobil dipandu suara dari sistem. Sungguh teknologi canggih yang sangat membantu, bukan? 

Baca juga: 12 Mobil Mewah Keluarga, Harga Rp400 juta sampai Rp3 miliar!

Eksterior dan Interior Toyota Alphard

Tidak hanya fitur yang sudah disebutkan saja, di bagian eksterior dan interior Toyota Alphard juga menarik perhatian. Berikut penjelasan eksterior dan interior Toyota Alphard yang perlu OtoFriends pahami.

Eksterior Toyota Alphard

Pada bagian eksterior, hadir headlamp yang sangat berguna untuk penerangan jalan. Headlamp pun dibantu oleh fitur corner lamp untuk menyuplai cahaya sehingga lebih luas. Sementara itu di bagian samping corner lamp membantu untuk meningkatkan keamanan berkendara ketika malam hari.

Lalu terdapat Auto High Beam yang menjadi fitur untuk mengondisikan pencahayaan lampu depan secara otomatis. Terdapat juga Day Running Lights yang menggunakan bohlam LED dan Fog Lamp dengan turn signal lamp power foldable juga memory.

Bagian eksterior juga terdapat power back door yang membuat pintu mobil dapat terbuka dan tertutup secara otomatis dan manual dengan menekan tombol. Tentu saja penumpang tidak perlu kesulitan lagi membuka pintu ketika ingin masuk ke dalam mobil. Canggih, bukan?

Baca juga: Spesifikasi Toyota Sienta dan Daftar Harga Terbaru!

Interior Toyota Alphard

Di bagian interior juga tidak kalah lengkap dan canggih. Toyota Alphard memiliki interior berwarna krem dengan kombinasi motif kayu berwarna coklat. Terlihat sangat kalem pada bagian dasbor, handle transmisi, bodi samping kanan kiri bahkan tepi bangku baris kedua, sebab seperti menggunakan tema rustic.

Terdapat fitur hiburan yaitu audio berupa Roof Monitor dengan ukuran 9 inci agar perjalanan keluarga menjadi lebih menyenangkan dan antibosan. Tambahan rear seat entertainment system juga menambah kenyamanan penumpang. Selain itu, fitur terbaru berupa LED Ceiling Illumination berjumlah 16 warna juga menjadi fitur yang bisa dinikmati ketika perjalanan terasa bosan.

Tidak perlu takut terkena sinar matahari,sebab terdapat tirai atau sunshade di kursi baris dua dan tiga yang siap menghalau cahaya matahari yang silau. Sungguh lengkap sekali bahkan bagian interior juga sangat dipikirkan demi kenyamanan.

Toyota Alphard memiliki beberapa varian warna yang bisa dipilih, yaitu hitam, putih, silver, dan dark silver. Kira-kira OtoFriends tertarik dengan warna Toyota Alphard yang mana?

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota New Vellfire Variant

Itulah penjelasan mengenai harga dan spesifikasi Toyota Alphard. Dengan fitur dan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tidak heran jika mobil ini menjadi mobil primadona keluarga. Bahkan kekurangan konsumsi BBM Alphard yang boros tidak menjadi hal yang terlalu dipikirkan, sebab pemilik mobil ini biasanya berasal dari kalangan yang tidak terlalu memikirkan biaya konsumsi bahan bakar. 

Bagaimana, siap menjadi salah satu pemilik mobil mewah nan lengkap ini? Apabila mobil mengalami kendala dan butuh servis, OtoFriends bisa mendatangi bengkel tepercaya dan dapat diandalkan dari Otoklix. 

Jika artikel ini bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, seperti harga, spesifikasi kendaraan, tips, dll. hanya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Alphard

Ketiga varian Toyota Alphard dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,1 Miliar hingga Rp1,5 Miliar.

Dalam konsumsi normal, Alphard menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak antara 10 hingga 12 kilometer per liter. Dalam kondisi bensin penuh, Toyota Alphard mampu menempuh jarak sekurang-kurangnya 750 hingga 900 kilometer.

Alphard Q menggunakan mesin 2 GR-FE dengan teknologi DOHC V-type 6 silinder dan kapasitas 3.456 cc,24 valve, dan Chain Drive Dual VVT-i. Sementara itu, untuk versi G dan X memiliki kode mesin 2AR-FE dengan teknologi DOHC 4 silinder in-line dengan kapasitas 2.494 cc, 16 valve, dan Dual VVT-i.