Mobil paling irit BBM yang cukup populer saat ini All New Ertiga Hybrid. Berapa konsumsi BBM Ertiga Hybrid? Berdasarkan uji coba yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada bulan Juni 2022, mobil Ertiga Hybrid terbukti hemat konsumsi BBM di kelasnya.

Pasalnya, Suzuki membekali berbagai teknologi khusus untuk mendukung mobil hybrid ini agar hemat konsumsi bahan bakar. Teknologi Smart Hybrid tersebut yang menjadi pelopor teknologi hibrida untuk mobil LMPV.

Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang konsumsi BBM Ertiga Hybrid dan teknologi dibalik konsumsi BBM mobil All New Ertiga Hybrid yang irit.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Suzuki Ertiga Hybrid, Harga Mulai Rp270 Jutaan!

Konsumsi BBM Ertiga Hybrid

Uji coba yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di bulan Juni 2022 lalu berhasil membuktikan keiritan konsumsi bahan bakar mobil hybrid Suzuki Ertiga.

Adapun skema tes yang dilakukan dengan berkendara sepanjang kurang lebih 140 kilometer dari Bekasi menuju Surabaya dan berakhir di Malang.

Mobil Suzuki Ertiga Hybrid melintasi berbagai jenis medan mulai dari ruas jalan ibu kota yang padat seperti ruas jalan Kalimalang dan Sudirman. Kemudian menggunakan jalan arteri tanpa masuk ke jalan tol, lalu melintasi medan jalan yang mulus, gravel, berbelok hingga medan jalan pegunungan.

Mobil yang digunakan untuk uji coba menggunakan bensin dengan nilai oktan RON 98 yang diisi sebelum mulai berkendara dan disegel bagian tangki pengisian bahan bakarnya.

Selama tes berlangsung, AC mobil tetap dinyalakan untuk merepresentasikan gaya berkendara kebanyakan orang. Sementara itu, kecepatan berkendara sesuai dengan kecepatan kendaraan pada umumnya, tidak terlalu pelan ataupun kencang.

Hasil uji coba tersebut menghasilkan rata-rata konsumsi BBM untuk transmisi manual sebesar 22,11 km/liter sedangkan transmisi otomatisnya 19,66 km/liter.

Secara terperinci disebutkan pula konsumsi BBM saat berada di ruas tol dengan kecepatan 90 km/jam menghabiskan bahan bakar sebesar 17 km/liter, sedangkan di ruas jalan lainnya konsumsi BBM sebesar 14,4 km/liter.

Berdasarkan hasil tes tersebut mobil LMPV ini terbukti irit konsumsi BBM Ertiga Hybrid dalam kota daripada pesaing lainnya seperti Mitsubishi Xpander.

Untuk menciptakan mobil hybrid hemat BBM ini, Suzuki membekali Ertiga dengan teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 6Ah 12V yang dikawinkan dengan mesin K15B untuk membantu proses efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Masih Jadi Raja LMPV? Segini Konsumsi BBM Suzuki Ertiga!

Kenapa All New Ertiga Hybrid Irit BBM?

Terlepas dari istilah “hybrid” yang menempel pada kendaraan yang mengombinasikan motor penggerak listrik dan bensin dalam satu mobil, sebenarnya 2 motor penggerak saja belum cukup untuk mengefisienkan konsumsi bahan bakar.

Produsen mobil harus membekali berbagai teknologi hibrida terkini untuk mengefisiensikan perkawinan 2 jenis motor penggerak tersebut. 

Karenanya, Suzuki membekali berbagai fitur agar konsumsi BBM Ertiga Hybrid semakin hemat. Beberapa di antaranya yakni ISG yang menggunakan baterai lithium-ion, fitur Auto Start-Stop, hingga sistem rekuperasi energi.

1. Sistem Hybrid

Penggunaan sistem hybrid memiliki peran krusial dalam mengontrol penggunaan konsumsi BBM supaya lebih irit. Sebab sistem hybrid mengawinkan 2 motor penggerak untuk menggerakan kendaraan bermotor yakni mesin bensin dan motor penggerak listrik sehingga cukup efektif dalam mengurangi penggunaan bahan bakar.

2. Teknologi Integrated Starter Generator (ISG)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan teknologi ISG berbaterai lithium-ion dengan kapasitas 6 Ah 12 V.

Teknologi ISG ini berperan sebagai motor penggerak untuk mengamankan energi listrik yang akan disimpan di baterai lithium tersebut saat mobil melakukan deselerasi atau prosrs pengereman.

3. Teknologi Start-Stop

Salah satu fitur unggulan Suzuki All New Ertiga Hybrid yakni fitur start-stop otomatis di mana teknologi tersebut memungkinkan mesin mobil secara otomatis akan mati saat kendaraan berhenti saat berada di tengah kondisi lalu lintas.

Untuk menyalakan mesinnya kembali, kita hanya perlu menginjak pedal gas sehingga mesin akan menyala dengan cepat dan mulus. Teknologi tersebut cukup efisien untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

4. Teknologi Electric Vehicle (Mode EV)

Mode EV merupakan teknologi mengontrol mesin bensin agar saat motor penggerak listrik sedang beroperasi maka mesin bensin sepenuhnya berhenti sehingga gak ada bahan bakar yang terbuang. Mode EV pada Ertiga Hybrid mengabulkan penggunaan tenaga listrik walaupun kendaraan berada pada kecepatan rendah.

5. Rancangan Transmisi dan Sistem Penggerak Lebih Optimal

Trik Suzuki untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil hibridanya dengan mengoptimalkan rancangan transmisi dan sistem penggeraknya. Saat sistem transmisi lebih responsif maka pengiriman tenaga ke roda akan lebih optimal dan efisien.

Begitu pula sistem penggerak yang optimal dapat mengefisiensikan penggunaan bahan bakar. Kedua komponen ini membentuk kerja putaran mesin yang lebih optimal.

6. Bobot Kendaraan

Gak dipungkiri bobot kendaraan dapat mempengaruhi akselerasi mobil. Oleh karena itu, Suzuki menggunakan platform HEARTECT untuk All New Suzuki Ertiga Hybrid yang diklaim memiliki bobot lebih ringan hingga 15%. Dengan begitu, total bobot desain mobil Ertiga terbaru bisa reduce hingga 10-15% dari bobot generasi sebelumnya.

7. Penerapan Sistem Rekuperasi Energi

Sistem rekuperasi energi merupakan sistem khusus yang dapat mengubah energi kinetik hasil pengereman mobil menjadi energi listrik yang akan tersimpan di dalam baterai.

Nantinya energi listrik yang tersimpan itu dapat membantu mobil untuk lebih bertenaga saat melakukan akselerasi sehingga dapat mengurangi beban mesin.

8. Struktur Mesin Bensin Lebih Optimal

Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.5 L. Terdapat sistem injeksi bahan bakar dengan aturan yang presisi dan tepat sehingga sistem perapian bekerja lebih efisien lagi untuk menggunakan bahan bakar.

Teknologi di dalamnya dapat mengurangi gesekan internal yang sering terjadi di dalam mesin cukup mempengaruhi penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat.

Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Ertiga Hybrid. Tips untuk mempertahankan performa mesin mobil adalah dengan menggunakan bahan bakar bernilai oktan yang sesuai dan rutin melakukan servis secara berkala.

Melalui servis berkala tersebut, kita dapat mendeteksi bila terjadi kerusakan atau keausan komponen mobil. Dengan begitu, kerusakan komponen lainnya bisa terhinda.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Meski kegiatan pekerjaan begitu padat, kita tetap dapat melakukan servis mobil dengan mengandalkan layanan-layanan khusus Otoklix.

Mulai dari menemukan bengkel mobil terdekat, estimasi harga dan biaya servis yang transparan dan terjangkau, kemudahan booking service dan pilihan metode pembayaran secara online, hingga notifikasi reminder jadwal servis mobil.

Terlalu mudah bukan perawatan mobil zaman sekarang? Mari download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Ertiga Hybrid :


Hasil uji coba tersebut menghasilkan rata-rata konsumsi BBM untuk transmisi manual sebesar 22,11 km/liter sedangkan transmisi otomatisnya 19,66 km/liter.


Secara terperinci disebutkan pula konsumsi BBM saat berada di ruas tol dengan kecepatan 90 km/jam menghabiskan bahan bakar sebesar 17 km/liter, sedangkan di ruas jalan lainnya konsumsi BBM sebesar 14,4 km/liter.


Suzuki membekali berbagai fitur agar konsumsi BBM Ertiga Hybrid semakin hemat. Beberapa di antaranya yakni ISG yang menggunakan baterai lithium-ion, fitur Auto Start-Stop, hingga sistem rekuperasi energi.