Berdasarkan bahan penyusunnya, oli dibagi menjadi 3, yaitu oli mineral, oli semi sintetis, dan oli full sintetis. Oli mobil 10W 40 Fully Synthetic biasanya digunakan pada mobil-mobil dengan usia 5-10 tahun. Mengapa demikian?

Mari kita bahas tentang sifat oli fully synthetic dan rekomendasi merek terbaik untuk oli mobil 10W 40 fully synthetic.

Apa Itu Oli Fully Synthetic?

Oli jenis fully synthetic adalah oli yang melalui proses penyulingan yang lebih kompleks dibandingkan dengan oli mineral. Hasil olinya lebih bersih dan memiliki beberapa keunggulan. Pertama, tingkat kekentalan oli fully synthetic lebih baik, jadi bisa menyesuaikan dengan celah antar komponen pada mobil-mobil keluaran baru yang sempit. 

Kemudian, oli fully synthetic juga cenderung stabil ketika temperatur mesin tinggi, jadi dapat berfungsi maksimal sebagai pendingin mesin. Selain itu, oli fully synthetic juga tidak mudah menguap, sehingga volume oli lebih terjaga dan tidak perlu sering-sering ditambahkan.

Masih ada lagi keunggulan dari oli fully synthetic, yaitu dapat ditambahkan zat aditif sehingga memiliki fungsi sebagai pembersih ruang mesin. Karena keunggulan-keunggulan tersebut, oli fully synthetic memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan oli mineral maupun semi sintetis.

Merek Oli Mobil 10W 40 Fully Synthetic

Selanjutnya, mari kita bahas tentang rekomendasi oli fully synthetic dengan kekentalan 10W-40 untuk mobil-mobil berusia 5-10 tahun.

Mengapa mobil berusia 5-10 tahun cocok menggunakan oli 10W-40? Kekentalan oli 10W-40 tidak terlalu tinggi, sehingga komponen tidak terlalu berat ketika bergerak. Celah antar komponen pada mobil berusia 5-10 tahun cocok dengan kekentalan yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Contohnya, oli 0W-20 memiliki kekentalan yang sangat rendah atau dapat dikatakan oli encer, Oli ini lebih cocok digunakan pada mobil baru sampai dengan 3 tahun. Jika mobil usia 5-10 tahun menggunakan oli yang terlalu encer, maka fungsi oli tidak dapat bekerja maksimal.

Selain itu, arti kode 10W-40 adalah oli ini  Kode oli 10W-40 artinya oli dapat mempertahankan kekentalannya  pada suhu -20 derajat celcius sampai dengan 150 derajat celcius.

Lantas, apa saja rekomendasi mereknya? Simak 4 merek di bawah ini ya.

Baca Juga: Mengenal Oli Fuchs, Kualitas Jerman Harga Terjangkau

1. Castrol Magnatec SAE 10W 40

Rekomendasi oli mobil 10W 40 fully synthetic yang pertama adalah Castrol Magnatec. Merek oli yang sudah terkenal di Indonesia ini memang memiliki pelumas mesin yang baik. Pada varian Castrol Magnatec 10W-40, terdapat kandungan molekul pintas yang dapat membersihkan mesin secara menyeluruh.

Selain itu terdapat pula teknologi yang mampu membentuk lapisan kuat dan dapat menempel pada permukaan mesin sehingga dapat meminimalisasi gesekan ketika mesin bekerja keras. Berbicara mengenai harga, Castrol Magnatec bisa didapat dengan harga sekitar Rp310-360 ribuan. Harga yang relatif standar untuk hasil yang maksimal.

2. Repsol Elite Injection 10W-40

Oli mobil 10W 40 fully synthetic berikutnya adalah Repsol Elite Injection. Oli ini cocok digunakan pada mobil-mobil modern dengan aktivitas tinggi. Mobil seperti Mercedes-Benz dan VW direkomendasikan menggunakan oli ini.

Repsol Elite Injection memiliki teknologi yang mampu melindungi mesin dari keausan dan karat. Selain itu, oli ini juga mengandung detergent dan dispersant yang dapat membersihkan secara maksimal dan mesin mobil terasa halus ketika pertama kali dinyalakan.

Oli Repsol Elite ini telah mengantongi standar SL CF-4. Pelumas ini memiliki stabilitas yang baik pada temperatur tinggi dan rendah sehingga tahan terhadap oksidasi. Terdiri dalam kemasan 1 dan 4 liter.

3. Fastron Techno SAE 10W-40

Oli dengan harga mulai dari Rp60 ribuan ini juga merupakan salah satu oli mobil 10W 40 fully synthetic terbaik. Terdapat kandungan nano guard yang dapat melindungi mesin agar kinerjanya optimal. Oli produksi Pertamina ini adalah salah satu produk lokal dengan kualitas premium, tetapi memiliki harga yang terjangkau.

Selain itu, mobil-mobil yang mensyaratkan oli dengan kadar SAPS yang rendah cocok menggunakan oli Fastron Techno (SAPS: Sulfated ash, Phosphorus, and Sulphur). Oli ini juga sudah melampaui standar API SN. Fastron Techno memiliki kemasan berukuran 1 dan 4 liter.

4. Shell Helix HX6

Oli berikutnya adalah dari Shell dengan varian Shell Helix HX6. Pelumas ini memiliki teknologi aktif yang dapat melindungi dari terbentuknya deposit kerak. Selain itu, melindungi mesin sejak pertama kali dinyalakan. 

Oli Shell Helix HX6 juga tahan terhadap penguapan, sehingga volume oli tetap terjaga. Oli ini dapat menjaga usia pakai komponen mesin. Dapat digunakan pada mobil berbahan bakar bensin, diesel, biodiesel, maupun gas. Cocok digunakan pada mobil injeksi turbocharger. Selain itu, oli ini juga telah mengantongi sertifikasi API SN Plus.

5. ENEOS Molybdenum

Rekomendasi terakhir oli mobil 10W 40 fully synthetic adalah oli Eneos Molybdenum. Oli ini cocok digunakan pada mobil dengan kapasitas mesin 1.000 – 3.000 cc dengan usia pakai di atas 3 tahun. Oli Eneos ini dapat menyesuaikan dengan iklim tropis dan kondisi jalanan Indonesia.

Menggunakan oli Eneos Molybdenum ini dapat menghemat bahan bakar dan membuat emisi gas buang menjadi lebih bersih karena proses pelumasannya optimal meskipun mobil bekerja berat setiap hari. Kemudian, meskipun mobil jarang digunakan juga oli ini tetap dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

6. Titan Formula SN SAE 10W-40

Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Itu dia artikel tentang oli mobil 10W 40 fully synthetic beserta rekomendasi terbaiknya untuk mobil kamu. Selalu gunakan oli yang spesifikasinya sesuai dengan mobil kamu ya. Agar performa mesin kendaraan tetap terjaga optimal, mobil juga perlu melakukan penggantian oli secara rutin.

Yuk, jadwalkan dan booking service untuk ganti oli di bengkel terdekat sekarang melalui aplikasi Otoklix. Harga bersaing, dapat garansi, dan bisa kumpulkan reward OtoPoints-nya!

Pertanyaan Seputar Oli 10W-40

Oli jenis fully synthetic adalah oli yang melalui proses penyulingan yang lebih kompleks dibandingkan dengan oli mineral. Hasil olinya lebih bersih dan memiliki beberapa keunggulan.

Kekentalan oli 10W-40 tidak terlalu tinggi, sehingga komponen tidak terlalu berat ketika bergerak.

Oli Fuchs memiliki beberapa produk, misalnya Titan (oli untuk kendaraan bermotor), Renolin dan Renolit (oli untuk industri), anticorit (oli anti karat), Econut (oli untuk pemotongan), Ecocool (pendingin), Renoform (pelumas hot and cold forming), Thermisol (Quenchants), dan lainnya.