Mulanya, Vellfire bagian dari mobil Alphard dengan nama Toyota Alphard Vellfire. Toyota Vellfire direncanakan akan mengganti Toyota Alphard tipe V dengan rancangan power atau tenaga dan inovasi dengan segmentasi pasar konsumen tingkat menengah ke atas tetapi usia yang lebih muda dibandingkan segmentasi pasar Alphard.

Kendati demikian, pada akhirnya Toyota Vellfire menjadi produk mobil Toyota sendiri di kelas MPV Luxury. Banyak yang bertanya, mengapa Toyota membuat dua mobil yang hampir sama pada kelas MPV Luxury. Akan tetapi, langkah ini ternyata tak sia-sia karena Alphard dan Vellfire berhasil menduduki posisi tertinggi penjualan mobil MPV Luxury.

Bila ditelaah lebih lanjut, ada perbedaan yang cukup signifikan dari kedua mobil ini. Untuk mengetahui informasinya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 24 Mobil yang Digandrungi Anak Muda, Dari Murah sampai Mewah

Desain Eksterior Toyota New Vellfire Variant

Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard dari segi eksteriornya cukup tipis. Hal ini mungkin karena market kedua mobil ini masih sama yakni kelas ekonomi menengah ke atas namun dengan segmentasi pasar yang berbeda.

Toyota Alphard fokus pada segmentasi pasar dengan usia matang sehingga mempengaruhi konsep eksteriornya yang terlihat lebih dynamic formal. Sedangkan Toyota Vellfire yang menargetkan segmentasi pasar lebih mudah memiliki desain lebih modern dan sporty.

Toyota New Alphard cenderung lebih relatif dengan aksen krom yang mencolok tetapi tetap classy. Grill mobil Alphard lebih besar seperti membelah tampak depan mobil hingga ke bawah dan memenuhi seluruh bagian muka mobil. Logo yang disematkan Alphard adalah logo yang dikhususkan untuk mobil ini saja

Adapun eksterior Vellfire memiliki grill ke arah horizontal, rumah lampu utama dan lampu seinnya terpisah serta logo yang disematkan menggunakan logo Toyota yang lama. Secara spesifik, berikut ini perbandingan dimensi Alphard vs Vellfire.

DimensiToyota New VellfireToyota New Alphard
Panjang4.935 mm4.945 mm
Lebar1.850 mm1.850 mm
Tinggi1.895 mm1.895 mm
Sumbu Roda3.000 mm3.000 mm
Jarak Pijak Depan1.575 mm1.575 mm
Jarak Pijak Belakang1.600 mm1.600 mm
Jarak Terendah160 m160 m

Desain Interior Toyota New Vellfire Variant

Kedua mobil ini sama-sama memiliki kapasitas penumpang maksimal sebanyak 7 penumpang dengan fitur keamanan dan keselamatan tingkat tinggi dibandingkan mobil Toyota lain. Misalnya saja fitur blind spot dan digital rear view mirror.

Kendati demikian, perbedaan secara signifikan dari interior kedua mobil adalah perpaduan warnanya. Toyota Vellfire yang diperuntukkan untuk konsumen yang berada di usia muda menyesuaikan desain interiornya dengan perpaduan warna metalik dan hitam. Bahkan, hingga kayunya saja berwarna hitam.

Berbeda dengan Alphard yang memegang teguh konsep classy sehingga ornamen kayu di dalam mobil ini dibiarkan natural begitu saja.

Baca juga: Intip 10 Interior Mobil Mewah Ini, Dijamin Bikin Ngiler

Performa Mesin Toyota New Vellfire Variant

Dari segi performa mesin Toyota Vellfire menggunakan mesin yang serupa dengan Toyota New Alphard tipe 2.5 G A/T dan 2.5 X A/T. Di mana kapasitas mesinnya 2.500 cc yang disandingkan dengan tipe mesin 4 silinder DOHC dan dual VVT-i. 

Dengan performa mesin tersebut, Vellfire mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 180 ps pada putaran 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 234 Nm pada putaran 4.100 rpm.

Adapun Toyota New Alphard dibekali 4 tipe mesin. Dua diantaranya memiliki spesifikasi mesin sama dengan Vellfire, dua lainnya adalah tipe Hybrid dan 3.5 Q A/T. Untuk tipe mesin 3.5 Q A/T dibekali mesin berkode 2GR-FE yang dikombinasikan dengan 6 silinder DOHC dan VVT-i.

Tipe 3.5 CC ini mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 275 Ps pada putaran 6.200 rpm dengan capaian torsi maksimal sebesar 347 Nm pada putaran 4.700 rpm.

Toyota New Alphard Hybrid memiliki dua mesin yang dikombinasikan yakni mesin bensin dan motor listrik dengan kode mesin 2AR-FXE. Spesifikasi mesin bensinnya yakni DOHC VVT-i 4 silinder dengan kapasitas 2.500 cc yang mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 149 Ps dan torsi maksimal 205 Nm.

Harga Toyota New Vellfire Variant

Bila dibandingkan harga mobil Toyota baru, tentu saja harga Toyota Vellfire 2022 lebih murah dibandingkan harga Toyota New Alphard terbaru. Harga Toyota Vellfire 2022 terbaru untuk kapasitas mesin 2.500 cc ini dijual dengan harga Rp1,36 Miliar untuk OTR Jabodetabek.

Sementara itu, harga New Alphard terbaru 2022, sebagai berikut:

  • New Alphard tipe 2.5 G A/T sebesar Rp1,17 Miliar.
  • New Alphard tipe 2.5 X A/T sebesar Rp1,32 Miliar.
  • New Alphard tipe 3.4 Q A/T sebesar Rp1,6 Miliar.

Apabila OtoFriends ingin membeli mobil Toyota Vellfire bekas, berikut ini daftar harga Toyota Vellfire bekas.

Tipe Mobil Toyota VellfireTahunHarga Toyota Vellfire Bekas
Toyota Vellfire 2.4 Z Van Wagon2008Mulai dari Rp219 juta
Toyota Vellfire 2.4 Z Van Wagon2011Mulai dari Rp295 juta
Toyota Vellfire Z2013Mulai dari Rp379 juta
Toyota Vellfire  ZG2013Mulai dari Rp420 juta
Toyota Vellfire ZG Audio Less A/T2014Mulai dari Rp459 juta
Toyota Vellfire ZG Premium Sound A/T2015Mulai dari Rp819 juta
Toyota Vellfire 2.5 g Limited Van Wagon2016Mulai dari Rp835 juta
Toyota Vellfire 2.5 G A/T2017Mulai dari Rp783 juta
Toyota Vellfire 2.5 G Van Wagon2018Mulai dari Rp988 juta
Toyota Vellfire 2.5 G Van Wagon QS CQJ40002018Mulai dari Rp962 juta
Toyota Vellfire 2.5 G Van Wagon2020Mulai dari Rp1,17 Miliar
Toyota Vellfire 2.5 G Van Wagon2021Mulai dari Rp1,27 Miliar

Baca juga: Harga Mobil Alphard Baru dan Bekas, Berikut Spesifikasinya

Kelebihan Toyota New Vellfire Variant

Kelebihan Toyota New Vellfire adalah interior mobil ini sangat nyaman karena memiliki ruang yang cukup lega dengan kabin yang cukup tinggi dan aksen mewahnya jelas terlihat sekalipun didominasi dengan warna gelap. 

Desain eksterior mobil Toyota Vellfire lebih modern karena mengusung tema futuristik dengan harga yang lebih murah dibandingkan Alphard.

Tak mau kalah, Toyota Alphard juga memiliki interior yang mewah yang disandingkan dengan performa mesin mobil bertenaga maksimal dan fitur lengkap yang telah mengadopsi teknologi paling mutakhir.

Kekurangan Toyota New Vellfire Variant

Namun, seperti mobil pada umumnya, tentu saja kedua mobil ini memiliki kekurangan. Berikut ini kekurangan mobil Toyota Vellfire dan Alphard.

Toyota New VellfireToyota New Alphard
Harga Toyota Vellfire saat naik cukup tinggiHarga Toyota Alphard cukup tinggi
Meter cluster perlu dibaharui agar sedikit modernisasiMemiliki dimensi yang besar sehingga sulit berkendara dengan lincah di perkotaan
Memiliki desain yang cukup segmentif
Spesifikasi mobil belum berubah dari generasi sebelumnya

Setelah mengetahui perbandingan antara Toyota Alphard dan Vellfire, manakah yang menjadi mobil andalan otoFriends?

Mobil apapun sama saja asalkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya OtoFriends memiliki anggota keluarga yang cukup banyak maka mobil MPV Luxury ini sangat cocok sebagai moda transportasi.

Yang paling penting adalah OtoFriends tetap rutin ganti oli mobil, memeriksa kondisi aki mobil, sistem pengereman dan seluruh komponen mobil lainnya di bengkel mobil Toyota.

Pertanyaan Seputar Toyota Vellfire

Perbedaan yang paling signifikan dari Toyota Vellfire dan Alphard adalah desain interior, di mana Vellfire fokus dengan warna metal, hitam dan warna gelap sedangkan Alphard memiliki warna yang lebih classy yakni warna kayu alami.

Harga Toyota Vellfire 2022 sebesar Rp1,36 Miliar untuk kapasitas mesin 2.500 cc. Sedangkan harga Toyota Vellfire bekasnya mulai dari Rp200 jutaan sampai Rp1,2 miliar tergantung tahun produksi.

Harga Toyota Vellfire bekas mulai dari Rp200 jutaan hingga Rp1,2 miliar tergantung tahun produksinya. Untuk tahun produksi 2008, harganya mulai dari Rp219 juta. Sedangkan tahun produksi terbaru yakni 2020 harganya mulai dari Rp1,1 miliar dan tahun produksi 2021 mulai dari Rp1,2 miliar.