Toyota Sienta merupakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Multi Activity Vehicle (MAV) yang memiliki banyak fitur canggih. Mobil yang irit bahan bakar ini tersedia dalam lima tipe, yakni tipe Sienta Q, V, G, E, dan Welcab. Simak spesifikasi lengkap Toyota Sienta berikut ini!

Spesifikasi Toyota Sienta

1. Eksterior

Toyota Sienta memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm, dan jarak poros roda (wheelbase) 2.750 mm. Tampilan luar Toyota Sienta tampak stylish karena terdapat desain grille, bumper, serta Bi-Beam LED Projector Headlamp dengan LED Clearance yang disematkan pada lampu bagian depan (tipe Q). Di bagian belakang juga terdapat LED Rear Combination Lamp dengan LED Line Guide (tipe Q), serta New Rear Spoiler Design.

    Mobil ini juga kian tampak mewah dilengkapi fitur Power Sliding Door. Namun, fitur tersebut hanya ada pada pintu bagian kiri pada Toyota Sienta tipe Q, tipe, V dan tipe G. Selain itu, Toyota Sienta juga menggunakan velg alloy 16 inci dengan model two tone yang menimbulkan kesan modis dan dinamis.

    2. Interior

    Toyota Sienta memiliki tujuh kursi penumpang yang fleksibel dengan sandaran tangan di baris pertama (tipe Q dan V CVT) dan baris kedua (tipe Q dan V). Bagasi juga lebih lega karena terdapat ruang penyimpanan di bawah kursi baris kedua.

    Bagi OtoFriends yang menyukai hiburan bisa memanfaatkan fitur New Premium AVX Touch Screen Head Unit berukuran 6.8 inch. Fitur tersebut memiliki menu multimedia seperti T-Link (USB Mirroring), Emergency Call, Dual Zone Output Setting, DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, dan Bluetooth. Kemudian, terdapat enam speakers yang dilengkapi fitur pengaturan Auto AC dengan Digital Display (tipe Q dan V) yang lebih modern.

    Toyota Sienta juga dilengkapi setir kemudi berlapis kulit dengan fitur Steering Switch (tipe Q dan V). Fitur tersebut dapat memudahkan OtoFriends saat mengatur audio tanpa menghilangkan konsentrasi berkendara. Selain itu, terdapat tombol Start/Stop (tipe Q dan V) untuk menyalakan atau mematikan mesin mobil, serta Optitron Combination Meter dengan layar TFT Mid sebesar 4,2 inci.

    Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

    3. Performa mesin

    Performa Toyota Sienta sangat mumpuni karena dilengkapi mesin 2NR-FE 4 silinder in-line dengan 16 katup dan teknologi DOHC Dual VVT-i. Mobil ini juga memiliki transmisi 6 percepatan manual (M/T) pada tipe G, V, dan Welcab, serta  transmisi 7 percepatan otomatis CVT pada tipe V, Q, dan Welcab.

    Toyota Sienta dapat menghasilkan tenaga 107 PS per 6.000 RPM dengan torsi maksimal 14.3 Kgm per 4.200 RPM. Mobil ini juga irit bahan bakar karena memiliki kapasitas tangki hingga 42 liter dengan fuel injection.

    Selain itu, suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer, serta suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer. Kemudian, terdapat rem Ventilated Disc dan Solid Disc.

    4. Fitur keselamatan

    Fitur keamanan yang dimiliki Toyota Sienta terbilang canggih. Untuk meminimalisir cedera akibat kecelakaan, mobil ini dilengkapi dual SRS Airbags dan Knee Airbag. Selain itu, terdapat fitur ISOFIX dengan standar internasional yang bisa memudahkan dalam memasang kursi tambahan khusus anak balita.

    Bagian rem Toyota Sienta tipe Q juga dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

    Baca juga: Beli Mobil Besar Buat Mudik Keluarga? Ini Rekomendasinya!

    Harga Toyota Sienta

    Berikut estimasi harga Toyota Sienta terbaru. Harga yang tertera di bawah ini dapat berubah sewaktu-waktu.

    Tipe mobilHarga
    Sienta 1.5 V CVTRp325,4 juta
    Sienta 1.5 Q CVTRp347 juta
    Sienta 1.5 V CVT Welcab DisabilityRp419,9 juta

    Kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta

    Kelebihan

    Memiliki beberapa pilihan transmisi

    Toyota Sienta dibekali beberapa pilihan transmisi yang dapat memanjakan pengendara. Hadir dalam lima tipe, semua tipe tersebut dibekali pilihan transmisi otomatis dan manual. Dengan demikian, pengguna bisa lebih leluasa memilih transmisi.

    Kabin lebih lapang

    Ketersediaan ruang yang lapang pada Toyota Sienta membuat mobil ini cocok dijadikan mobil keluarga. Mobil ini bisa menampung sekitar tujuh penumpang tanpa berdesak-desakan. Apabila membawa barang cukup banyak, Toyota Sienta juga menyediakan bagasi yang luas.

    Irit konsumsi bahan bakar

    Toyota Sienta menggunakan mesin dengan kode 2NR-FE yang irit bahan bakar. Mesin tersebut berupa empat silinder segaris yang memiliki kapasitas mesin 1.5 liter. Selain itu, mesin Toyota Sienta adalah 16 katup dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Dari mesin tersebut, Toyota Sienta bisa menghasilkan tenaga 105 dengan torsi 140 Nm.

    Baca juga: Harga Mobil Toyota Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

    Kekurangan

    Radius putar kurang maksimal

    Radius putar menjadi salah satu sorotan konsumen. Sebab, radius putar Toyota Sienta kurang maksimal. Ruang fender yang sempit dinilai menghambat radius putar.

    Leg room pada baris ketiga kurang memadai

    Walaupun berkapasitas tujuh penumpang, namun akan terasa sempit apabila tidak diatur penempatannya. Misalnya, pada baris ketiga kurang cocok ditempati orang dewasa karena desain legroom yang sempit. Namun, baris ketiga cocok ditempati anak-anak yang postur tubuhnya lebih kecil daripada orang dewasa.

    Memilih mobil memang bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, perhatikan betul seluruh spesifikasi, estimasi harga, serta kelebihan dan kekurangan mobil. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Tidak kalah penting, lakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel terdekat. Agar tidak memakan waktu lama, OtoFriends dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking online. Dengan demikian, OtoFriends tidak perlu mengantri di bengkel.

    Pertanyaan seputar Toyota Sienta

    Toyota Sienta cukup sepi peminat karena tarikan mesinnya yang lemah. Apalagi, mobil ini memang didesain khusus untuk menghemat bahan bakar sehingga tarikan mesin kurang kuat.

    Toyota Sienta 2022 dibanderol dengan harga Rp325,4 juta hingga Rp419,9 juta.

    Pihak Toyota mengklaim konsumsi Sienta lebih irit 10 persen dibandingkan kompetitor. Konsumsi BBM Toyota Sienta berkisar 1:14 km/liter untuk varian matik.