Kita perlu tahu berapa tekanan ban mobil sedan dan mengisinya dengan tepat, terutama saat akan bepergian jauh. Kemudian, saat akan membeli ban mobil sedan juga kita perlu tahu ukuran serta pilihan yang tepat. Yuk, simak berbagai informasi tentang ban mobil sedan di artikel ini.

Tekanan Angin Ban Mobil Sedan

Standar tekanan angin ban mobil penting untuk kita ketahui demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Tidak hanya ukuran tekanan angin ban mobil sedan, ternyata suhu udara di sekitar kendaraan juga berpengaruh terhadap tekanan anginnya.

    Tekanan angin ban mobil sedan adalah (28 – 31) Psi. Jadi, bagi OtoFriends yang punya mobil Honda City, Honda Civic, Toyota Altis BMW Series 5, BMW Series 3, Mazda 6, Nissan Teana, Hyundai Sonata, Kia Optima, dan sebagainya, perlu mengisi tekanan angin dengan standar yang direkomendasikan pabrikan itu.

    Bagaimana kalau tekanan angin ban mobil sedan berlebih atau malah kurang?

    Dampak tekanan ban mobil berlebih

    Kalau ban mobil diisi dengan tekanan yang terlalu berlebih, ban mobil bisa selip. Selain itu, mobil juga bakal kekurangan stabilitas saat bermanuver. Sebab, saat ukuran tekanan angin ban mobil berlebih, thread ban terasa lebih kaku. Akibatnya, ban tidak bisa mencengkeram dengan sempurna. Di sisi lain, suspensi juga terasa lebih keras.

    Selain itu, ban mobil bisa aus pada bagian tengah karena menonjol akibat tekanan berlebih. Risiko paling fatal saat ukuran tekanan angin ban mobil berlebih adalah ban mobil bisa meledak. Sebaiknya hindari mengisi tekanan angin ban mobil 5 sampai 10 Psi lebih tinggi dari yang disarankan.

    Dampak tekanan ban mobil kurang

    Selain tekanan ban mobil sedan yang berlebih, tekanan ban yang kurang juga tidak direkomendasikan. Sebab bisa mengurangi kenyamanan berkendara. Tarikan mobil terasa lebih berat. Sehingga konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros. Selain itu, ban mobil juga bakal mengalami pengikisan atau keausan yang tidak merata. Selain membuat keausan tidak merata, konstruksi ban juga lama kelamaan bakal rusak.

    Itu dia dampak dari tekanan angin ban mobil sedan yang berlebih atau malah kurang.

    Baca juga: Ukuran Tekanan Ban Mobil Ideal untuk Keamanan Berkendara

    Ukuran Ban Mobil Sedan

    Sebelum membeli ban mobil, kita perlu tahu berapa ukuran ban mobil sedan yang tepat. Sebenarnya tidak ada patokan ukuran. Ukuran ban mobil sedan bervariasi, dari ring 15, 16, 17, bahkan sampai ring 20. Ukuran-ukuran di bawah ini berdasarkan tipe beberapa mobil sedan yang sering berseliweran di jalanan Indonesia.

    • Toyota Vios: 185 / 60 / 15
    • Toyota Camry: 215 / 55 / 17
    • Toyota Altis: 195 / 55 / 16
    • Honda All New City: 185 / 55 / 16
    • Honda New Civic: 205 / 55 / 16
    • Honda New Accord: 205 / 60 / 16
    • Mercedes-Benz seri E230: 245 / 45 /17 
    • Mercedes S300 / S350: 235 / 55 / 17
    • BMW X5: 235 / 65 / 17
    • BMW 545i: 225 / 50 / 17
    • Bmw E87: 205 / 50 / 17

    Lantas, apa saja pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk ganti ban mobil sedan?

    Baca juga: Cek Daftar Harga Ban Mobil Ring 16 Terbaru di 2022

    Pilihan Ban Mobil Sedan

    Merek-merek di bawah ini memang sudah terkenal akan kualitasnya. Mari kita bahas spesifikasi dari merek-merek ban mobil sedan di bawah ini.

    1. ​​Accelera Phi 225/35/R20

    Tipe Phi dari ban Accelera cocok digunakan di jalanan kering. Tingkat stabilitasnya baik saat menikung. Sehingga mobil bisa mempertahankan kontrol saat kehilangan sebagian tekanan udaranya. Sebagai tambahan informasi, selain tipe Phi, ada juga tipe Phi 2, Phi R, Phi R NPM, dan Phi NPM yang stabilitasnya juga sama baiknya. Ini adalah salah satu ban mobil senyap dari Accelera. Harganya sekitar Rp1,2 jutaan. Cocok digunakan untuk Honda Accord dan Toyota Camry.

    2. Continental MC6 205-45 R17

    Ban mobil ini digunakan sebagai ban OEM dari Honda CRZ, MINI Cabrio, MINI Cooper, dan PEUGOT 1007. Karetnya lebih kuat karena memakai compound sport eksklusif. Daya cengkeramnya juga prima serta stabil saat ada perubahan jalan kering ke jalan basah atau kecepatan sedang ke tinggi. Demi meningkatkan keselamatan, pengeremannya juga lebih baik pada suhu rendah. Selain mobil-mobil di atas, ban mobil sedan ini juga banyak dipakai pada Honda City dan Toyota Camry

    Baca juga: 11 Mobil Sedan Murah dengan Harga 100 Jutaan

    3. Achilles ATR Sport 205/55 R16

    Ban mobil dengan ukuran ring 16 dari Achilles ini juga punya performa yang tangguh. Daya penariknya tinggi. Sehingga maksimal saat handling pada jalanan basah, kering, bahkan saat drifting. Ban mobil ini banyak digunakan pada Toyota Altis All New, Honda Civic New, Mazda 5, dan BMW 318.

    4. GOODYEAR ASSURANCE Triplemax 205/55 R16

    Siapa yang tidak kenal merek Goodyear sebagai ban mobil? Tipe yang satu ini dikembangkan untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Pasalnya, daya pengereman dari ban mobil ini sangat baik. Jarak pengeremannya pendek, terutama pada saat hujan. Daya cengkeramnya kuat, masa pakai yang lebih lama, serta konsumsi bahan bakar lebih hemat membuat ban ini banyak digunakan pada mobil sedan. Harga ban mobil Goodyear Assurance Triplemax berukuran 205/55 R16 ini sekitar Rp813 ribuan.

    Itu dia pembahasan tentang ban mobil sedan, mulai dari tekanan angin yang direkomendasikan, ukuran ban, sampai dengan pilihan bannya. Beli ban mobil di bengkel ban mobil terpercaya. Cari bengkelnya di aplikasi Otoklix!