Daihatsu melakukan facelift terhadap mobil pick up, Gran Max, sehingga konsumsi BBM Grand Max jauh lebih irit dan facelift di ruang mesin pembakaran agar bekerja lebih optimal.

Berdasarkan catatan Daihatsu, Daihatsu Gran Max mengalami peningkatan angka penjualan di tahun 2021, di mana penjualan di tahun 2021 meningkat sebesar 51,1% menjadi 151 ribu unit dari angka penjualan 100 ribu unit di tahun 2020.

Dari banyaknya penjualan Daihatsu, Gran Max berada di puncak penjualan dengan angka penjualan 39 ribu unit di tahun 2021. Sebagai mobil di kelas perniagaan dan mobil penumpang, seberapa irit konsumsi BBM Grand Max?

Baca juga: Mobil Gran Max: Spesifikasi dan Harga Terbaru 2023

Konsumsi BBM Gran Max

Kapasitas tangki Grand Max 1.5 Pick Up dan kapasitas tangki Grand Max Blind Van sama yakni sebesar 43 L. Adapun rasio kompresi mobil ini sebesar 9,5 : 1, jenis bensin yang digunakan adalah bensin bernilai oktan RON 90 seperti produk Pertalite dari Pertamax.

Namun, bila OtoFriends ingin menggunakan BBM di atas RON 90 juga dipersilakan, misalnya saja seperti Pertamax dengan nilai oktan RON 92.

Konsumsi BBM Grand Max 1 5 L Euro4 sebesar 12,2 km/liter dan konsumsi bbm Grand Max Blind Van sebesar 13,5 km/liter.

Berikut ini daftar konsumsi bahan bakar mobil Daihatsu Gran Max untuk masing-masing varian.

Tipe Gran MaxKonsumsi Bahan Bakar Minyak
Daihatsu Gran Max 1,5 L Euro412,5 km/liter
Daihatsu Gran Max Pick Up13,3 km/liter
Daihatsu Gran Max MB13,5 km/liter
Daihatsu Gran Max Blind Van13,5 km/liter

Walaupun konsumsi BBM-nya sudah irit, namun Daihatsu tetap melakukan facelift pada mesin ruang pembakarannya sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap konsumsi bahan bakar mobil Gran Max jadi lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika Gran Max generasi sebelumnya menggunakan mesin berkode 3SZ, maka dengan teknologi yang sama yakni Euro4 tetapi kode mesin berbeda justru membuat Gran Max generasi terbaru jauh lebih irit hingga 5%.

Konsumsi BBM Grand Max 1.5 L yang menggunakan mesin berkode 2NR-VE hanya mengonsumsi bahan bakar sebesar 13 km/liter.

Secara terperinci lagi disebutkan bahwa Gran Max 1.5 L tipe van bertransmisi manual sebanyak 13,3 km/liter. Kemudian untuk tipe van bertransmisi otomatis sebesar 13,5 km/liter.

Baca juga: 8 Penyebab Bensin Mobil Boros, Hindari Agar Kantong Anti Jebol

Fakta Efisiensi BBM Grand Max

Fakta dibalik hematnya konsumsi bensin mobil pick up dan van Gran Max ini dipengaruhi facelift yang dilakukan Daihatsunya di bagian dapur pacu mobil Gran Max.

Meski sama-sama berkapasitas mesin 1.500 cc, akan tetapi mengganti mesin berkode 3SZ dengan mesin berkode 2NR-VE 4 silinder yang dikawinkan dengan teknologi Dual VVT-i terbukti dapat mengefisiensikan konsumsi bahan bakarnya. Penggantian mesin tersebut juga menghasilkan tingkat emisi NOx dan partikulat Euro4.

Di atas kertas tertulis bahwa Gran Max generasi terbaru dapat menghasilkan daya maksimal sebesar 97 hp dan capaian torsi maksimal sebesar 134 Nm. 

Daihatsu melakukan langkah yang tepat dengan mengganti bagian dapur pacunya. Sebab mesin jadi lebih bertenaga, angka emisi rendah karena CO2 yang keluar berkurang serta hemat BBM.

Konsumsi BBM Grand Max vs Luxio

Dari pabrik yang sama, salah satu kompetitor Gran Max yang patut diperhitungkan kehadirannya adalah Daihatsu Luxio. 

Melihat dari desain mobil hingga spesifikasi mesin mobil antara Daihatsu Gran Max Blind Van dan Daihatsu Luxio, kedua mobil ini memiliki kesamaan yang identik.

Karenanya gak heran bila banyak konsumen yang membandingkan Daihatsu Gran Max Blind Van dengan Luxio saat akan membelinya. Namun, dengan desain dan dapur pacu yang sama, apakah konsumsi bahan bakarnya juga sama?

Berdasarkan hasil uji coba internal yang dilakukan, konsumsi Daihatsu Luxio lebih irit karena hanya membutuhkan bahan bakar sebanyak 13,9 km/liter. 

Sedangkan Gran Max mengonsumsi bahan bakar sebanyak 13,5 km/liter. Kendati Luxio dinilai lebih irit namun perbedaannya pun sangat tipis yakni 0,4 km/liter.

Baca juga: Berapa KM Ganti Oli Mobil Grand Max? Ini Kebutuhannya

Yang perlu digarisbawahi walaupun banyak uji coba telah dilakukan untuk mengetahui konsumsi BBM Grand Max dan mobil-mobil lainnya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi boros atau iritnya konsumsi bensin mobil.

Beberapa di antaranya penggunaan jenis bensin yang sesuai dengan nilai rasio kompresi, gaya berkendara, dan kebiasaan pemilik mobil untuk melakukan servis mobil rutin secara berkala.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Bengkel Otoklix menawarkan pemeliharaan mobil terlengkap mulai dari servis rutin seperti ganti oli mobil, memeriksa kondisi AC mobil atau tekanan ban mobil, hingga melakukan servis tune up.

OtoFriends yang sedang mencari bengkel body repair, bengkel detailing hingga mencari salon cuci mobil juga dapat mencarinya di aplikasi Otoklix. Segera download aplikasi Otoklix sekarang dan lakukan booking service secara online.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Grand Max :


Kapasitas tangki Grand Max 1.5 Pick Up dan kapasitas tangki Grand Max Blind Van sama yakni sebesar 43 L. Bahan bakar Gran Max Pick Up 13 km/liter, Gran Max tipe Van bertransmisi manual sebesar 13,3 km/liter dan Van bertransmisi otomatis sebesar 13,5 km/liter.


Kapasitas tangki Grand Max 1.5 Pick Up dan kapasitas tangki Grand Max Blind Van sama yakni sebesar 43 L. Adapun rasio kompresi mobil ini sebesar 9,5 : 1, jenis bensin yang digunakan adalah bensin bernilai oktan RON 90 seperti produk Pertalite dari Pertamax.


Gran Max direkomendasikan menggunakan bensin bernilai oktan RON 90 seperti Pertalite. Namun bila kita ingin menggunakan nilai oktan di atasnya seperti Pertamax dengan nilai oktan RON 92 maka diperbolehkan.