Terkadang, ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat kita sedang lengah. Contohnya adalah mobil yang tiba-tiba terkunci dari dalam dan kunci mobil tertinggal di dalam. OtoFriends pasti bakal kebingungan mencari cara membuka pintu mobil yang terkunci. Jangan dulu panik ketika mobil terkunci dari dalam.

Cara Urgen untuk Membuka Pintu Mobil Terkunci

Cara-cara ini bisa kita lakukan. Apalagi, alatnya mudah kita temukan di rumah. Mari simak informasi dari Otoklix.com tentang cara membuka pintu mobil yang terkunci.

1. Menggunakan penggaris

Penggaris mudah ditemui di rumah, apalagi kalau kita punya anak, adik, atau keponakan yang masih sekolah. Akan tetapi, penggaris yang digunakan adalah penggaris besi karena bahannya kuat dan tidak mudah patah.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris adalah menyelipkan penggaris ke celah antara jendela dan karet pada kaca mobil. Perlu diketahui bahwa karet pada kaca mobil mudah untuk dilepas pasang. Jadi, tidak perlu khawatir karet bakal rusak.

Langkah pertama adalah dengan memasukkan penggaris ke dalam celah kaca pintu mobil, sekitar 60 cm sampai 80 cm. Kemudian, cari di bagian handle pintu untuk menemukan bagian yang kalau ditekan penggaris bakal naik turun elastis seperti pegas. Kalau sudah menemukannya, tekan bagian itu sambil menarik pegangan pintu. OtoFriends bisa mengulangi langkah itu kalau belum berhasil.

2. Tangkai besi

OtoFriends mungkin tidak memiliki penggaris besi. Barang lain yang bisa kita gunakan adalah tangkai besi. Caranya sama seperti menggunakan penggaris, yaitu memasukkan tangkai besi ke celah bagian atas pintu pada bagian karetnya. 

Kita bisa membuka sedikit celah pada bagian atas pintu kemudian memasukkan besi. Kemudian, ganjal menggunakan benda apa saja, lalu masukkan tongkat untuk menekan tombol kunci.

Baca juga: Bengkel Pintu Mobil: Biaya Servis Bila Terjadi Kerusakan

3. Gantungan baju

Kalau di sekitar kita ada gantungan baju aluminium, kita juga bisa menggunakannya alat itu. Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan gantungan baju cocok digunakan untuk mobil kunci manual.

Pertama, luruskan dulu gantungan baju dan buat lekukan di salah satu ujungnya. Tekukan ini berfungsi untuk pengait. Tekuk sekitar 3 sampai 5 cm. Kemudian, masukkan ke celah pintu dan karet. Dorong hingga beberapa sentimeter sampai kamu merasakan ujung pengait masuk melalui jendela.

Posisi pengait perlu dibalik mengarah ke dalam mobil. Pengait ini digunakan untuk menangkap tuas kunci. Posisi tuas ini mungkin berbeda-beda antara mobil satu dengan yang lainnya. Namun, umumnya terletak sedikit di belakang lubang kunci.

Setelah tuas bisa ditangkap oleh pengait, maka cobalah menarik tuas ke atas hingga pintu mobil terbuka. Kita bisa melakukannya beberapa kali sampai berhasil.

4. Menggunakan tali

Kita perlu menggunakan tali yang kuat dan tidak mudah putus, salah satunya adalah tali sepatu. Pertama, buatlah simpul kecil yang kuat, lalu masukkan ke celah pintu. Jika sudah masuk, geser-geser tali tersebut sampai mencapai bagian dalam mobil.

Kemudian, cobalah melekatkan simpul ke kunci mobil dan tarik perlahan. Jangan menariknya terlalu cepat karena bisa membuat tuas pintu mobil rusak.

5. Bola tenis

Bola tenis? Bagaimana cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan bola tenis? Memang tidak banyak yang tahu dan menggunakan cara ini. Pertama, lubangi bola tenis terlebih dahulu menggunakan obeng yang dipanaskan atau benda lain yang kira-kira bisa melubangi bola. Tidak perlu melubangi terlalu lebar, tetapi pastikan lubangnya cukup dalam. 

Kemudian, arahkan bagian yang telah berlubang tepat di depan lubang kunci pada pintu mobil. Selanjutnya, tekan bola tenis dengan menggunakan tangan hingga gepeng. Udara dari bola tenis diharapkan mampu menekan lubang kunci sampai terbuka.

Baca juga: 5 Jenis Kerusakan yang Butuh Service Pintu Mobil

6. Menggunakan obeng

Obeng adalah alat pertukangan yang sangat lazim dimiliki di rumah tangga. Namun, hati-hati ketika menggunakan obeng sebagai cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam karena dapat merusak interior dan eksterior mobil.

Langkahnya adalah dengan membuat ruang dengan obeng, kemudian masukkan pencungkil. Pencungkil ini bisa menggunakan barang-barang di atas untuk menarik kunci dari dalam.

Cara-cara di atas bisa jadi cara membuka pintu mobil yang terkunci dari luar atau dari dalam. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak pintu mobil. Memangnya apa saja penyebab pintu mobil terkunci?

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Pintu mobil yang sulit dibuka atau terkunci tidak hanya disebabkan oleh kunci mobil. Ada beberapa masalah yang membuat pintu mobil sulit dibuka. Ini beberapa penyebab pintu mobil terkunci dan sulit dibuka.

1. Kotoran menumpuk pada handle mobil

Kotoran yang menumpuk pada handle pintu mobil akan membuat handle pintu menjadi seret. Kondisi ini diperparah apabila kotoran itu terkena udara dan menyebabkan handle pintu berkarat. Maka dari itu, pintu mobil menjadi sulit terbuka. 

2. Motor penggerak berkarat

Selain kotoran, penyebab pintu mobil terkunci bisa jadi karena motor penggeraknya berkarat. Motor penggerak bisa berkarat akibat kurang perawatan atau jika sudah mencapai usia pakai. Hal ini membuat tenaga yang digunakan akan menjadi lebih besar daripada saat penutup, sehingga pintu mobil sulit dibuka.

3. Pintu penyok

Penyebab lainnya adalah kemungkinan pintu mobil kamu penyok atau pernah terbentur cukup keras sehingga membuat komponen pintu berubah posisi. Komponen yang rawan berpindah posisi adalah handle pintu atau gigi penggerak. 

Baca juga: 7 Tips Merawat Mobil Pintu Geser

4. Terkunci karena ketidaksengajaan

Terkadang kelalaian kita sebagai pengemudi juga menjadi penyebab pintu mobil terkunci dari dalam. Misalnya tidak sengaja meninggalkan kunci di dalam, tetapi mengunci seluruh pintu mobil. Cara mengatasi pintu yang terkunci dari dalam karena ketidaksengajaan mungkin berbeda antara mobil satu dengan lainnya. Misalnya untuk mobil Avanza atau Xenia bisa diatasi dengan membuka pintu tengah.

Cara lainnya adalah membuka karet pintu bagian kanan belakang. Kemudian, intip celah kaca dan bodi mobil dan temukan besi yang terkait dengan plastik. Biasanya letaknya ada di bawah pengait kunci. Setelah itu, kita bisa mencongkelnya dengan obeng kecil atau penggaris.

Nah, itu tadi beberapa cara membuka pintu mobil yang terkunci dan juga penyebab pintu mobil terkunci. Pastikan mengecek kondisi pintu mobil dan berhati-hati saat akan meninggalkan mobil dengan kunci masih di dalam. Selain cara-cara di atas, bisa juga mencari bengkel panggilan yang bisa kita temukan melalui aplikasi Otoklix.

Kalau bodi mobil terlanjur rusak, kita bisa mendatangi bengkel body repair dan servis lainnya yang tersedia di aplikasi Otoklix. Install sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Membuka pintu mobil yang terkunci bisa menggunakan beberapa cara. Di antaranya adalah memasukkan penggaris besi, tangkai besi, atau gantungan baju yang terbuat dari alumunium atau besi. Selain itu bisa juga mencongkelnya memakai obeng sebelum menyelipkan alat-alat di atas. Cara lainnya bisa memanfaatkan tekanan dari bola tenis.

Mobil bisa terkunci sendiri karena sejumlah penyebab. Bisa karena kotoran yang menumpuk di handle mobil, motor penggerak yang berkarat, pintu penyok, atau karena faktor ketidaksengajaan.

Tetap tenang dan usahakan tidak panik. Cobalah untuk melakukan cara membuka pintu mobil yang terkunci secara mandiri. Namun, kalau cara-cara tidak berhasil dilakukan, bawalah ke bengkel terdekat yang punya alat lebih lengkap.