Ada dua jenis cairan aki yang beredar di pasaran, yaitu air aki zuur dan air accu. Apa bedanya air accu dan air zuur?

Nah, di bawah ini akan dibahas informasi tentang air aki jenis zuur dan sekilas tentang air accu. Mulai dari cara mengisi air aki, harga air zuur, sampai dengan bahaya air aki ini. Mari simak info selengkapnya.

    Apa Itu Air Aki Zuur?

    Air aki jenis zuur adalah cairan elektrolit yang bersifat asam. Kandungan air aki adalah larutan asam sulfat H2SO4. Air ini biasanya dikemas dalam botol dengan tutup berwarna merah atau diberi label berwarna merah. Maka dari itu sering juga disebut air aki merah. Air ini yang digunakan untuk menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

    Apakah air aki ini berbahaya? Bahaya air aki jenis ini karena air aki zuur bersifat asam, maka air zuur ini juga bersifat korosif. Sehingga jika terkena kulit bisa mengakibatkan iritasi dan terasa gatal dan jika terkena logam bisa menimbulkan karat. Maka dari itu kamu perlu berhati-hati saat menggunakan air zuur agar tidak tumpah mengenai kulit dan rangka mobil.

    Bagaimana Cara Mengisi Air Aki Zuur?

    Pengisian aki menggunakan air zuur hanya untuk pertama kali pengisian atau ketika aki dalam keadaan kosong. Tetapi tidak sepenuhnya menggunakan air zuur. Air aki juga dicampur dengan air accu dengan perbandingan air zuur 70% dan air accu 30%.

    Air aki yang menguap adalah air accu yang bersifat sebagai peredam panas ketika aki bekerja. Aki yang sedang bekerja akan bersifat panas sampai cairannya bisa menguap. Maka dari itu ketika air aki berkurang, kamu perlu menambahkan air accu yang bersifat murni. 

    Jangan gunakan air aki zuur karena konsentrasi asam sulfat dalam aki bisa menjadi sangat pekat dan air aki bisa tumpah saat terjadi panas.

    Bagaimana mekanisme berkurangnya air pada aki? Saat digunakan, aki akan mengalami elektrolisa air. Pada saat itu air akan menguap, sedangkan sulfatnya tetap ada. Ketika air menguap, maka konsentrasi aki akan menjadi semakin asam karena kadar asam sulfat yang pekat. Konsentrasi asam sulfat yang tinggi bisa menyebabkan baterai menjadi rusak dan memperpendek usia pakai aki.

    Itu dia salah satu perbedaan air aki dan air zuur.

    Berapa Botol yang Dibutuhkan untuk Mengisi Air Aki Zuur?

    Jika hanya untuk menambah volume air aki sampai batas yang diizinkan, kamu hanya membutuhkan satu botol air accu. Ingat, bukan air zuur. Tetapi jika kamu mengisi aki yang kosong, maka dibutuhkan sekitar 2-3 botol air zuur. 

    Kamu bisa mengisinya sedikit demi sedikit agar tidak melebihi batas maksimal mengisi air aki.

    Harga Air Aki Zuur

    Berikut ini adalah harga air aki jenis zuur atau air aki merah yang beredar di pasaran. Rata-rata harga air aki ini sekitar Rp10 ribuan untuk kemasan 1 liter. Sedangkan untuk kemasan jeriken dibanderol dengan harga Rp130 ribuan.

    Air AkiHarga
    Yuasa Air Zuur 1 LiterRp11-15 ribu
    Cap Singa Air Zuur 1 LiterRp10 ribu
    RCA Air Zuur 1 LiterRp6 ribu
    NS Air Zuur 1 LiterRp8 ribu
    PUMA Air Zuur 20 Liter (Jeriken)Rp130 ribu
    PUMA Air Zuur 1 LiterRp8 ribu
    Pasific Zuur 1 Liter (6 botol)Rp21-27 ribu
    Hikari 400 mlRp5 ribu

    Apa Bahaya Air Aki Zuur?

    Seperti yang sudah disinggung di atas, air zuur adalah cairan asam sulfat. Kandungan asam yang cukup pekat ini bisa menimbulkan iritasi jika terkena kulit. Rasa iritasi ini biasanya berupa gatal-gatal. 

    Sementara itu, jika rangka mobil yang terbuat dari logam terkena air zuur, logam bisa berkarat. Lama-kelamaan bisa rapuh dan rusak.

    Mengingat sifatnya yang cukup keras, maka dari itu jauhkan botol cairan aki ini dari jangkauan anak-anak. Anak-anak yang tidak tahu akan mengira air zuur ini hanya air mineral biasa karena warnanya yang bening. 

    Bagaimana Jika Terlanjur Terkena Tumpahan?

    Sebelum mengisi air aki, kamu bisa menggunakan sarung tangan jika tersedia. Kamu juga bisa menggunakan corong atau tinta suntik printer saat mengisi cairan aki ke dalam akumulator. Cara mengatasi tangan, kaki, dan permukaan kulit lainnya yang terkena air aki merah ini adalah dengan segera mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir.

    Sementara itu, cara mengurangi risiko air aki terkena bodi mobil adalah dengan melapisi rangka mobil dan komponen lainnya di sekitar aki dengan kain. Jika terkena tumpahan, segera lap tumpahan tersebut menggunakan kain atau lap.

    Bagaimana? Sudah jelas informasi tentang air zuur? Hati-hati saat mengisi air zuur ya.

    Kamu bisa mendapatkan air aki zuur dengan harga yang bersaing di bengkel-bengkel se-Jabodetabek yang bekerja sama dengan Otoklix. Jangan lupa juga ganti aki jika memang sudah waktunya, Otoklix menyediakan paket ganti aki orisinal dengan harga terjangkau