Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah salah satu dokumen penting yang harus ada jika kamu memiliki kendaraan pribadi. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa kendaraan pribadimu berstatus legal dan terdaftar di pihak berwajib. Itulah sebabnya kamu tidak boleh lupa melakukan perpanjangan STNK setiap 5 tahun sekali yang dibarengi dengan ganti plat nomor kendaraan ya, OtoFriends. 

Persyaratan dan langkah perpanjang STNK sebenarnya mudah sehingga kamu lakukan secara mandiri tanpa bantuan biro jasa. Apalagi saat ini ada sistem online yang mendukung proses perpanjangan dokumen tersebut. Yuk, cermati beberapa hal penting berikut ini supaya proses perpanjang STNK berlangsung lancar: 

STNK Wajib Diperpanjang Setiap Tahun dan 5 Tahun Sekali 

Waktu perpanjangan STNK dibagi menjadi dua, yaitu setiap tahun dan 5 tahun sekali. Perpanjangan yang dilakukan setiap tahun bertujuan untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Sementara itu, penggantian STNK juga wajib dilakukan bersamaan setiap 5 tahun beserta penggantian plat nomor kendaraan.  

Syarat yang Wajib Dipenuhi untuk Perpanjangan STNK 

Beberapa syarat perpanjangan STNK yang harus kamu penuhi meliputi: 

  • STNK asli dan fotokopi. 
  • Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan fotokopi. Jika BPKB masih berada di perusahaan leasing, kamu harus meminta surat keterangan kepemilikan kendaraan terlebih dahulu. 
  • KTP asli pemilik kendaraan sesuai STNK dan BPKB serta fotokopi. 
  • Surat keterangan buka blokir bila STNK dalam kondisi terblokir. 
  • Surat kuasa jika perpanjangan STNK diurus orang lain yang identitasnya berbeda dari keterangan pada STNK dan BPKB. 
  • Formulir permohonan perpanjang STNK yang telah diisi secara lengkap. Untuk memenuhi persyaratan ini, kamu bisa mendapatkan formulir permohonan bila perpanjang STNK secara offline di kantor Samsat. 
  • Fotokopi dokumen domisili perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bila kepemilikan kendaraan dibuat atas nama perusahaan. 
  • Biaya untuk perpanjangan STNK serta denda keterlambatan (jika ada). Bujet yang harus kamu siapkan untuk perpanjangan STNK setiap tahun tergolong terjangkau. Sebaliknya, biaya perpanjang 5 tahunan lebih besar karena terdiri dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), biaya cek fisik kendaraan, biaya pengesahan STNK, dan biaya plat putih (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TKNB).  

Beberapa Cara Perpanjang STNK Secara Mandiri 

Proses perpanjangan STNK secara mandiri bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa cara berikut ini: 

Cara Perpanjang STNK Tahunan dengan Metode Offline 

Langkah-langkah perpanjangan STNK tahunan dengan metode offline adalah sebagai berikut: 

  • Kunjungi kantor Samsat Induk, Samsat Keliling, atau kantor Samsat Pembantu terdekat sesuai domisili kendaraan. 
  • Selanjutnya, datangi loket perpanjangan STNK lalu segeralah mengisi formulir yang diberikan petugas. 
  • Jika formulir sudah diisi secara lengkap, serahkan formulir tersebut bersamaan dengan dokumen lainnya. Petugas Samsat akan segera memeriksa kelengkapan tersebut. Tunggu sejenak hingga proses verifikasi data selesai. 
  • Bila seluruh data yang kamu serahkan sudah lengkap, petugas Samsat akan memberikan lembar pembayaran. 
  • Selesaikan proses pembayaran di loket. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga proses pengesahan STNK rampung. 

Cara Perpanjang STNK Tahunan dengan Metode Online 

Jika kamu tak sempat mendatangi kantor Samsat untuk perpanjang STNK tahunan, kamu bisa melakukannya secara online dengan mengikuti tahapan sebagai berikut: 

  • Mulailah dengan mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di App Store atau Play Store. 
  • Buka aplikasi tersebut kemudian lakukan pendaftaran. 
  • Cantumkan identitasmu sebagai pemilik kendaraan serta info penting yang dibutuhkan, seperti nomor plat kendaraan, lima digit terakhir nomor rangka kendaraan, serta identitas kendaraan lainnya. 
  • Bila informasi yang kamu berikan sudah lengkap dan valid, kamu akan segera mendapat kode pembayaran. 
  • Lakukan proses pembayaran dengan nominal sesuai yang tertera di aplikasi. 
  • Bila kamu sudah melakukan pembayaran, selanjutnya kamu akan menerima email pemberitahuan tentang pengesahan STNK elektronik dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektronik (e-TBPKP). Dokumen tersebut berlaku selama 30 hari pasca email dikirim. 
  • Bentuk fisik TBPKP dan stiker STNK akan dikirim ke alamat yang kamu masukkan ke aplikasi dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu. 

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan 

Secara garis besar, tahapan perpanjangan STNK 5 tahunan sebenarnya hampir sama dengan proses perpanjang tahunan. Namun, perpanjangan dalam kurun waktu 5 tahun sekali hanya bisa dilakukan secara offline di kantor Samsat Induk atau Samsat Pembantu terdekat karena kendaraan wajib melalui uji fisik. Selain itu, biaya perpanjang STNK 5 tahunan juga lebih mahal daripada perpanjang tahunan sebab disertai biaya penerbitan TNKB yang baru.  

Risiko yang Rentan Terjadi Jika Tidak atau Belum Perpanjang STNK  

Perpanjangan STNK harus dilakukan secara rutin agar kamu terhindar dari beberapa risiko berikut ini: 

  • Pengemudi kendaraan bermotor yang STNK-nya tidak sah akibat belum membayar pajak kendaraan dapat mengalami sanksi tilang. 
  • Status kendaraan bermotor dianggap bersifat ilegal sebab identitasnya akan dihapus bila tidak ada perpanjangan STNK lebih dari 2 tahun. 
  • Ada denda yang harus dibayar ketika hendak memperpanjang STNK dengan besaran sesuai durasi keterlambatan perpanjangan. Semakin panjang durasi keterlambatan perpanjangan STNK, maka semakin besar pula biaya dendanya. 
  • Nilai jual kendaraan bermotor bekas cenderung menurun sebab calon penjual mesti mengeluarkan biaya lebih untuk memperpanjang STNK dan membayar dendanya. 

  

Mulai sekarang, jangan sampai OtoFriends lalai memperhatikan masa berlaku STNK kendaraanmu, ya. Untuk urusan STNK, kamu memang harus mengurusnya secara mandiri. Namun, tidak demikian halnya dengan masalah performa mobil.  

Otoklix selalu sigap membantumu mengidentifikasi dan menangani masalah mobil. Gangguan mesin mobil sekecil apa pun harus segera ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius. Mari unduh dulu aplikasi Otoklix supaya kamu leluasa menentukan waktu booking servis sesuai jadwal pribadimu! 

  

Pertanyaan Seputar Perpanjang STNK 

Apakah harus pakai surat kuasa untuk perpanjang STNK?   

Surat kuasa bermeterai dibutuhkan jika perpanjangan STNK diurus orang lain yang identitasnya berbeda dari keterangan pada STNK dan BPKB, termasuk bila kendaraan bermotor berstatus sebagai kepunyaan perusahaan. 

Perpanjang STNK apakah bisa diwakilkan?   

Bisa, asalkan pihak perwakilan membawa surat kuasa bermeterai dari pemilik kendaraan bermotor serta sudah melengkapi berbagai syarat perpanjangan STNK lainnya. 

Apa itu surat kuasa bayar pajak motor?   

Surat kuasa bayar pajak motor adalah dokumen tertulis bermeterai dari pemilik motor. Isinya adalah limpahan kewenangan terhadap pihak perwakilan untuk mengurus proses pembayaran pajak kendaraan tersebut. 

Apakah bayar pajak bisa pakai surat kuasa?  

Bisa, karena surat kuasa bermeterai menunjukkan bahwa pemilik kendaraan bermotor telah memberikan kewenangan sepenuhnya kepada pihak perwakilan untuk mengurus pembayaran pajak.