Pintu mobil adalah fitur keamanan dalam mobil. Berbahaya sekali jika pintu tidak menutup dengan benar dan tidak bisa dikunci ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Apalagi anak kecil sering memainkan pintu.

Nah, artikel ini akan memberikan informasi kepada kamu tentang kerusakan apa saja yang bisa terjadi pada pintu mobil sehingga perlu dilakukan service pintu mobil.

1. Central Lock Rusak

Fungsi central lock adalah mengunci seluruh pintu kendaraan dari satu saklar atau satu titik. Tombol ini biasanya berada di pintu pengemudi atau bisa juga di bagian tengah antara jok pengemudi dan penumpang depan.

Ada beberapa penyebab central lock tidak bekerja, yaitu motor penggeraknya rusak, macet karena kotoran atau patah dan aus, terputuskan suplai arus listrik akibat kabel yang putus, dan modul alarm untuk membuka dan menutup kunci rusak.

Jika motor penggerak yang rusak, biaya servicenya berkisar Rp100 – 200 ribuan, tetapi jika sudah tidak bisa diservice, kamu harus mengganti motor penggeraknya. Biaya mulai dari Rp500 ribu, tergantung jenis mobil kamu.

Apabila komponen mekanikalnya patah atau macet, biaya service pintu mobil ini bisa mencapai Rp150 – 250 ribuan. Kalau central lock pintu mobil rusak karena suplai arus listrik akibat kabel yang putus, maka cara perbaikannya adalah dengan reset ulang kabel. Kabel-kabel yang tidak mempunyai setrum diganti dan jika sudah parah harus diganti seluruh kabelnya.

Biaya service pintu mobil untuk perbaikan arus listrik ini berkisar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Terakhir, biaya service pintu mobil untuk kerusakan pada modul alarm adalah sekitar Rp150 –200 ribu. Tetapi kalau kamu mau mengganti satu set, biayanya Rp400 ribu sampai Rp600 ribuan. 

2. Karet Pintu Mobil Bunyi dan Rusak

Meskipun bukan komponen yang besar, tetapi karet pintu mobil juga memegang peranan besar loh. Pertama, karet pintu mobil dapat mencegah masuknya air dari luar menuju kabin. Kedua, karet-karet ini mampu meminimalisasi masuknya debu. Terakhir, karet ini mampu meredam getaran pada pintu. 

Bagaimana jika karet pintu mobil rusak, keras, bahkan hingga menimbulkan bunyi?

Karet pintu mobil bisa berubah bentuk menjadi tak lagi padat, dan pipih, tipis atau bahkan gepeng. Biasanya akan terdengar bunyi seperti besi beradu jika karet sudah tidak lagi empuk. Bisa juga terdengar desingan angin ketika kamu sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Karet yang tidak rapat ini bisa membuat masuknya debu ke dalam kabin mobil. Mobil juga tidak lagi kedap suara.

Biaya service pintu mobil untuk penggantian karet ini tidak mahal, Rp50 ribu untuk satu pintu. Untuk karet pintu bagasi lebih mahal, yaitu Rp80 ribu karena membutuhkan karet dengan panjang 3,5 meter.

3. Pintu Tidak Bisa Dibuka dari Dalam

Pintu mobil yang rusak kuncinya akan menyebabkan pintu tidak bisa dibuka dari dalam maupun dari luar. Tetapi jika hanya tidak bisa dibuka dari dalam, berarti ada kerusakan lain selain rusaknya kunci mobil.

Penyebab pertama pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam adalah kawat penghubung yang terputus. Penyebab kedua adalah karena motor penggerak yang berkarat.

Beberapa komponen mobil memang akan berkarat jika sudah mencapai masa pakainya. Salah satu bagian yang bisa berkarat adalah motor penggerak. Motor penggerak yang berkarat akan membuatnya menjadi seret. Akhirnya pintu mobil sulit dibuka dari dalam.

Penyebab lainya adalah handel pintu yang bertumpuk kotoran atau juga berkarat. Kotoran dan karat ini juga pasti menimbulkan handel menjadi seret. Penyebab terakhir pintu tidak bisa dibuka dari dalam adalah pintu pernah terkena benturan.

Jika pernah terjadi kecelakaan yang membuat pintu membentur bahkan sampai penyok, pasti akan menimbulkan kerusakan pada pintu. Meskipun kerusakan awalnya tidak parah, ada baiknya kamu langsung membawa ke bengkel service pintu mobil.

4. Pintu Mobil Tidak Mengunci

Ada beberapa penyebab pintu mobil tidak mau mengunci dari dalam maupun dari luar. Beberapa penyebab ini ada yang berasal dari komponen-komponen kecil yang mengalami kerusakan.

Penyebab pertama adalah sekring (fuse) yang putus atau selenoid yang tidak berfungsi. Penyebab ini memang umum membuat pintu mobil tidak mengunci, biasanya hanya salah satu pintu yang tidak mengunci. Kamu bisa mengganti sekeringnya sendiri dengan membaca pada buku manual mobil. Biayanya juga tidak mahal. Tetapi jika kamu ragu, kamu bisa membawanya ke bengkel service pintu mobil agar ditangani oleh montir yang ahli.

Masalah mekanis lainnya yang menjadi penyebab pintu mobil tidak mengunci adalah kawat seling yang putus. Masalah ini biasanya terjadi di pintu pengemudi karena sering dibuka-tutup. Masalah ini akan berulang jika kawat pengganti tidak diganti.

5. Patahnya Bagian Kunci Pintu Mobil Atau Bagian Handle Pintu Mobil

Jika kunci mobil atau handle pintu mobil patah, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Berbeda halnya jika hanya terlepas. Kamu bisa melakukan service pintu mobil dengan cara mengencangkan kembali bagian yang terlepas.

Kamu perlu melakukan pembukaan pada bagian door trim karena masalah ini disebabkan karena bagian pengikat besi yang menjadi penghubung di dalam pintu terlepas.

Itu tadi beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada pintu mobil sehingga perlu dibawa ke bengkel service pintu mobil

Jika kamu mencari bengkel terdekat untuk service pintu mobil kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!