Mobil pintu geser atau sliding door cukup menarik perhatian konsumen di Indonesia. Pasalnya hanya kaum-kaum elit yang memiliki cukup banyak duit untuk memiliki mobil berpintu geser tersebut. Salah satu mobil yang menggunakan jenis pintu seperti ini adalah mobil MPV mewah Toyota Alphard.

Dikarenakan hanya orang-orang kalangan atas yang dapat membeli mobil tersebut, maka mobil pintu geser sering dikaitkan sebagai jenis mobil mewah. Kendati demikian, saat ini ada banyak mobil pintu geser yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau untuk konsumen yang berada di kelas ekonomi menengah.

Dengan begitu, kita tak perlu mencari mobil pintu geser bekas murah dan membeli mobil pintu geser baru yang sudah diproduksi oleh beberapa produsen mobil. Yuk, intip spesifikasi dan harga mobil pintu geser berikut ini.

Baca juga: 7 Tips Merawat Mobil Pintu Geser

Toyota Sienta

Rekomendasi mobil pintu geser dengan harga murah yang pertama adalah mobil Sienta yang dijual dengan harga berkisar antara Rp250 jutaan sampai Rp260 jutaan. 

Mobil MPV ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), vehicle stability control (VSC), electronic brake distribution (EBD), hill start assist control (HSA), hingga fitur arm rest dan head unit layar touchscreen berukuran 6.8 inci.

Honda Freed

Produsen mobil asal Jepang, Honda, tak mau kalah dengan tren mobil pintu geser ini dengan memproduksi Honda Freed yang dijual mulai dari Rp150 jutaan sampai Rp290 jutaan. 

Selain dibekali sliding door yang mampu terbuka selebar 600 mm, Honda juga membekali fitur Forward Tilting Hinge Front Door sistem 3-Step Door Checker dan peredam panas di baris kedua dan ketiga.

Adapun spesifikasi mobil Freed ini dimulai dari kapasitas mesin sebesar 1.5L dengan kode mesin L15A SOHC i-VTEC + DBW + TBR 4 in-line cylinder, 16 valve PGM-FI yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 5 percepatan.

Toyota Alphard

Mobil MPV Toyota Alphard menjadi mobil pintu geser primadona yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Harga mobil Alphard berkisar antara Rp1 miliaran sampai Rp1,2 miliaran. 

Ada dua jenis kapasitas mesin yang ditawarkan yakni kapasitas mesin 2500 cc hybrid dan 3500 cc non hybrid. Perihal fitur keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, mobil Alphard tak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan kita sebagai penumpang akan merasakan sangat nyaman karena kabin yang begitu luas.

Nissan Serena

Nissan ikut memproduksi mobil pintu geser melalui produk Nissan Serena yang dijual mulai dari Rp350 jutaan sampai Rp470 jutaan. Desain eksterior Nissan Serena tak kalah mewah dengan mobil Alphard. Mobil Serena dibekali kapasitas mesin 2.5 L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 145 dk.

Selain fitur sliding door, fitur lainnya yang disematkan pada mobil Serena di antaranya sistem touchless sliding door, adaptive shift control (ASC), teknologi LED di bagian lampu hingga adaptor  USB charger sebanyak 7 USB.

Baca juga: Murah tapi Boros? Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Nissan Serena

Hyundai H-1

Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai, turut memproduksi mobil pintu geser melalui mobil Hyundai H-1 yang dijual dengan harga mulai dari Rp500 jutaan. Mobil Hyundai H-1 memiliki kapasitas penumpang maksimal sebanyak 8 penumpang tetapi tetap nyaman karena fitur handling.

Hyundai H-1 memiliki dua jenis mesin yakni Theta II kapasitas mesin 2.4 L dengan mesin bensin dan mesin diesel A2 2.5 L. Di bagian sistem kemudinya terdapat telescopic.

Daihatsu Luxio

Mobil pintu geser termurah yang dijual di Indonesia adalah Daihatsu Luxio. Harga Daihatsu Luxio mulai dari Rp190 jutaan sampai Rp200 jutaan. Daihatsu Luxio memiliki 3 tipe yakni 1.5 L X M/T, 1.5 L X A/T, dan 1.5 L D M/T.

Mobil Luxio mampu menampung penumpang maksimal sebanyak 6 penumpang. Tak heran bila mobil Daihatsu Luxio cocok dijadikan mobil keluarga.

Baca juga: Daihatsu Luxio Bekas, Spesifikasi dan Harga Lengkap

Mazda Biante

Rekomendasi mobil pintu geser murah yang terakhir adalah mobil Mazda Biante yang dijual mulai dari harga Rp180 jutaan sampai Rp250 jutaan. Terdapat dua varian mobil Biante, yakni Mazda Biante dan Mazda Biante Skyactiv.

Selain disematkan fitur electric sliding door, Mazda juga membekali Biante dengan layar wide screen monitor, Xenon HID headlamp, mirror turning signal with LED, sistem navigasi di bagian dasbor, hingga fitur ultra-seat pada kursi penumpang di baris kedua dan ketiga.

Setelah mengetahui mobil-mobil yang memiliki fitur electric sliding door, harga mobil tersebut, dan spesifikasi masing-masing mobil, adakah mobil yang OtoFriends dambakan?

Apapun itu mobil yang ingin dibeli oleh OtoFriends, hal utama yang perlu diketahui adalah bagaimana cara merawat mobil tersebut supaya mobil tetap memiliki performa maksimal untuk jangka waktu panjang. Beberapa di antaranya adalah waktu yang tepat ganti oli mobil dan melakukan servis ban mobil untuk menjaga daya cengkram ban mobil.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mobil Pintu Geser


Mobil pintu geser atau sliding door adalah salah satu fitur yang disematkan pada pintu mobil yang dapat memudahkan pengguna mobil saat membuka pintu secara otomatis dengan cara digeser ke samping.


Daftar rekomendasi mobil pintu geser termurah saat ini adalah Mazda Biante, Daihatsu Luxio, Toyota Sienta, Hyundai H-1, Nissan Serena, Honda Freed hingga Toyota Alphard.


Harga mobil honda pintu geser mulai dari Rp150 jutaan sampai Rp290 jutaan untuk Honda Freed, harga Daihatsu Luxio Rp200 jutaan, harga Mazda Biante Rp250 jutaan, harga Nissan Serena Rp350 jutaan, hingga harga mobil Alphard sebesar Rp1 miliar.