Bagi kamu pengguna aktif kendaraan, kemungkinan kamu pernah mengalami ketidaknyamanan atau kerusakan pada mobil. Apalagi jika mobilmu sudah dipakai bertahun-tahun. Hal ini karena biasanya pintu mobil yang bermasalah adalah karena sudah mencapai usia pakai.

Mobil yang sudah berumur di atas lima tahun dan sering parkir di tempat panas biasanya akan mengalami masalah pada karet kaca mobil. Ini bisa menjadikan kaca mobil menjadi berat untuk membuka dan menutup.

    Kerusakan Pada Pintu Mobil

    Kita simak dulu kerusakan apa saja yang bisa diperbaiki di bengkel pintu mobil, yuk.

    1. Door trim

    Pintu mobil pabrikan Jepang pada umumnya menggunakan bahan plastik. Bahan plastik memang tidak terlihat mewah, tetapi bisa dibilang lebih kuat. Berbeda dengan door trim pada mobil pabrikan Eropa. Beberapa model Eropa menambahkan lapisan berbahan fabric atau leather pada pintu mobilnya.

    Perbedaan suhu di Indonesia dan Eropa membuat lapisan itu mudah rusak. Apalagi bahan original sulit didapatkan di sini. Biasanya bengkel pintu mobil akan menawarkan bahan serupa yang dijual di pasaran.

    2. Karet kaca

    Semakin mendekati usia pakai yang umumnya lima tahun dan mobil yang sering dijemur bisa membuat elastisitas karet kaca mobil berkurang. Karet akan mengeras dan menyebabkan kaca sulit dan berat untuk digerakkan, ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada power window  karena kerja motor dan regulator menjadi lebih berat. 

    Perawatan rutin agar karet kaca tidak cepat mengeras adalah melakukan pelumasan rutin di bagian karet-karet kaca. Namun jika sudah terlanjur mengeras, kamu bisa melakukan penggantian karet-karet kaca di bengkel pintu mobil terdekat. 

    3. Power window

    Sudah disinggung sebelumnya, karet kaca dapat menyebabkan kerusakan pada power window, juga bisa menyebabkan kerusakan pada regulator kaca. Power window yang sudah rusak biasanya disarankan untuk diganti.

    Berbeda dengan regulator power window. Regulator yang menggunakan gigi akan bekerja keras, semakin lama gigi akan aus dan tidak menurunkan kaca. Sedangkan masalah yang sering terjadi pada regulator dengan sistem tali adalah tali bajanya putus.

    4. Pengait pintu mobil aus

    Kesalahan dalam menutup pintu mobil adalah sering membanting atau menutup pintu mobil dengan keras. Hal ini bisa menyebabkan door lock menjadi aus. Tak hanya menutup pintu dengan keras, air juga dapat menjadi masalah utama pengait pintu mobil cepat rusak. 

    Maka berhati-hatilah jika kita sering mencuci mobil. Karena jika pintu mobil tidak tertutup maka bisa menyebabkan air masuk dan mengganggu daun pintu ketika ditutup. Kamu bisa rutin menggunakan pelumas untuk menghindari hal ini.

    5. Kekuatan engsel pintu mobil menurun

    Usia pintu mobil dan perlakuan terhadap pintu mobil yang sembarang bisa membuat engsel pintu mobil turun. Misalnya membiarkan pintu mobil terbuka terlalu lama sehingga pintu mobil menggantung.

    Maka, hindarilah hal-hal yang bisa membuat kekuatan engsel pintu menurun dan juga rutin memberikan pelumas pada engsel pintu. 

    Biaya Service di Bengkel Pintu Mobil

    Pintu mobil menjadi komponen penting karena menjaga keselamatan kita saat sedang dalam perjalanan. Bayangkan jika pintu mobil rusak, tidak bisa dikunci, kemudian pintu terbuka saat mobil sedang melaju kencang. Tentunya menyeramkan, ya. Maka dari itu, mari kita cek biaya service di bengkel pintu mobil berikut ini.

    Masalah-masalah di atas bisa diatasi di bengkel pintu mobil. Untuk service akibat pintu mobil yang oblak atau kurang presisi, kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp200 ribuan. Perlu dilakukan penggantian as engsel dan bosh-nya.

    Perbaikan karet mobil juga bisa dilakukan di bengkel pintu mobil. Jika karet tidak ada yang robek, getas, dan masih kenyal, biaya perbaikannya tidak mahal, hanya Rp25 ribuan untuk perbaikan engsel, Rp50 ribuan untuk mengganti karet pintu, dan Rp80 ribuan untuk karet pintu bagasi. Harga di atas adalah harga per pintu.

    Kerusakan central lock juga bisa dilakukan perbaikan di bengkel pintu mobil. Harganya bisa mencapai Rp100 – 200 ribuan untuk kerusakan mekanikal dan macet akibat kotoran. 

    Biaya perbaikan untuk komponen mekanikal yang sudah patah adalah sekitar Rp150 – 250 ribu. Jika komponen motor sudah rusak, maka komponen harus diganti dengan biaya Rp500 ribu tergantung jenis mobilnya.

    Nah, itu tadi adalah jenis kerusakan pada pintu mobil dan biaya service di bengkel pintu mobil. Untuk menjaga pintu mobil kamu agar tetap prima, kamu bisa sering-sering melakukan pengecekan dan pemberian pelumas.

    Jika kamu mencari bengkel pintu mobil, kamu bisa menginstal Otoklix untuk mendapatkan bengkel terbaik dengan harga transparan.

    Otoklix sendiri adalah aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan bengkel umum terbaik se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu lewat Otoklix!