Hal yang tidak menyenangkan saat mendapati mobil mendadak macet bahkan tidak bisa jalan samma sekali pada indikator bensin masih menunjukkan full di huruf F. Kejadian seperti itu adalah kondisi di mana indikator bensin mobil mati.

Bukan berarti ada kerusakan pada mesin mobil, melainkan mobil mengalami kehabisan bensin tetapi sulit diprediksi karena indikator bensin mobil berkedip terus atau bahkan mati.

Banyak pengguna kendaraan yang menyepelekan kerusakan pada indikator bensin ini. Padahal, indikator bensin memiliki peran untuk memberi tahu informasi tentang keadaan bensin kendaraan, apakah penuh atau kosong.

Baca juga: Apa Saja Arti Lampu Indikator Pada Mobil? Ini Penjelasannya

Mengenal peran indikator bensin mobil

Indikator bensin menjadi salah satu komponen penting pada mobil untuk mengetahui informasi tentang volume bensin mobil, apakah penuh atau malah sudah kosong.

Untuk mengetahuinya kita bisa membaca skema indikator bensin mobil yang tertera di bagian speedometer. Cara membacanya adalah inisial huruf F untuk fuel yang artinya adalah tangki bensin mobil dalam keadaan penuh. Sedangkan huruf E untuk empty yang artinya tangki bensin sudah kosong.

Adapun jarum yang berada di antara huruf E dan F adalah tolok ukur seberapa banyak volume bensin. Saat melihat jarum pada bar otomatis tersebut mengarah ke jarum yang ada di dekat huruf E maka kita harus segera mencari pom bensin terdekat.

Begitu juga saat setelah mengisi bensin, jarum pada bar otomatis tersebut akan berada di huruf F atau berada di dekat huruf F tanda volume bensin telah penuh. 

Dengan begitu, kita akan merasa lega saat berkendara karena bensin telah terisi penuh sehingga terhindar dari mobil mati mendadak atau mogok di tengah jalan karena kehabisan bensin.

Bagaimana bila indikator bensin mobil naik turun, tidak bergerak bahkan mati? Kita akan sulit mengetahui seberapa banyak volume bensin pada tangkinya. BIsa jadi jarum berada di huruf F padahal bensin sudah habis sehingga kamu harus mendorong mobil yang mogok karena kehabisan bensin.

Jika hal ini terus-menerus dibiarkan maka akan merembet merusak komponen dan spare part mobil lainnya.

Baca juga: Ketahui Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Menyala

Penyebab indikator bensin mati

Tak perlu terlalu panik saat melihat indikator bensin tidak bergerak, karena bisa jadi memang kita lupa untuk mengisi bensin kembali. Sebelum memeriksanya, OtoFriends bisa menyiasatinya dengan mengingat kapan kali terakhir mengisi bensin mobil.

Bila memang bensin sudah habis, maka segera mengisi tangki bensin dan lihat apakah indikator bensin mobil masih mati. Jika masih mati, maka kita bisa melakukan beberapa pengecekan berdasarkan faktor penyebab indikator bensin mati.

1. Usia pemakaian indikator bensin

Penyebab utama indikator bensin mobil mati adalah karena usia pemakaian yang cukup lama sehingga OtoFriends harus segera menggantinya dengan indikator bensin yang baru.

Segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan servis indikator bensin mobil atau memanggil bengkel panggilan yang bisa datang ke rumah.

2. Kabel indikator bensin mobil

Penyebab indikator bensin mati lainnya adalah kondisi kabel indikator bensin mobil yang putus. Untuk memastikannya segera hubungi bengkel mobil terpercaya dan berkonsultasi atau segera datang ke bengkelnya.

Akar masalah dari indikator bensin mobil naik turun harus segera diatasi agar tidak merembet merusak komponen mobil lainnya.

3. Pelampung bensin mobil

Di dalam tangki bensin mobil terdapat pelampung yang beroperasi mengandalkan kumparan di dalam pelampung tersebut. Apabila mobil sudah berusia lebih dari 5 tahun biasanya kinerja kumparan pada pelampung mulai berkurang sehingga peran pelampung semakin melemah.

Untuk diketahui bahwa kumparan di dalam pelampung ini berperan memberikan sinyal kepada indikator bensin mobil yang berada di dashboard. 

Saat kumparan tersebut melemah bahkan rusak maka sulit untuk mengirimkan sinyal kepada indikator bensin yang berada di dashboard.

Atau, bisa jadi sinyal yang dikirimkan jadi tidak akurat sehingga kita menemui indikator bensin mobil naik turun atau bahkan indikator bensin mobil mati. 

OtoFriends bisa memeriksanya dengan mencabut kabel pada pelampung bahan bakar dan menyambungkannya kembali. Lihat alat pengukur apakah masih bergerak atau tidak. Bila masih bergerak maka sumber kerusakan bukan dari pelampung bensin.

4. Kumparan di indikator bensin mobil

Selain pada pelampung bensin, ada juga kumparan yang letaknya di indikator bensin mobil. Sama halnya dengan kumparan yang berada di pelampung, kumparan pada indikator bensin mobil yang melemah juga sulit untuk menangkap sinyal dari pelampung bensin mobil dan memberikan data akurat tentang volume bensin mobil. 

Pada beberapa kasus, jarum di kumparan juga mungkin saja putus sehingga tidak dapat bergerak sama sekali.

5. Parkir di medan jalan menanjak

Penyebab indikator bensin mati yang terakhir adalah memarkirkan mobil di medan jalan menanjak saat pelampung dalam tangki bensin rusak atau usia pemakaian yang sudah lama lebih dari 5 tahun.

Pasalnya, pada kondisi seperti ini pelampung akan sulit kembali ke posisi semula sehingga jarum indikator berada di kode E atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

Sementara itu, untuk indikator bensin digital, permasalahan yang terjadi adalah sistem yang kurang responsif yang membuat jarum indikator akan kembali ke posisi semula saat mobil sudah berjalan selama beberapa meter.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begi Cara Parkir Mobil yang Benar

Cara memperbaiki indikator bensin digital

Cara untuk memperbaiki indikator bensin digital yang mati, di antaranya sebagai berikut.

1. Periksa aki mobil

Aki mobil sebagai sumber arus listrik pada mobil memiliki peran penting untuk menyuplai listrik pada indikator bensin mobil. Periksa aki mobil saat mendapati indikator bensin mobil berkedip terus-menerus. Apakah aki mobil perlu diganti atau tidak.

Aki yang soak harus segera diganti di bengkel aki mobil terdekat agar tidak merembet merusak komponen mobil lainnya.

2. Periksa pelampung pada tangki bensin

Cara memperbaiki indikator bensin digital mati yang dikarenakan kerusakan pada pelampung tangki bensin mobil, maka OtoFriends harus mempercayakan pada mekanika di bengkel mobil terpercaya.

Akan tetapi, bila indikator bensinnya masih analog maka bisa dilakukan secara mandiri dengan mencabut kabel yang menghubungkan pelampung pada posisi kontak ON, lalu menyambungkan kembali.

3. Periksa sistem kelistrikan mobil

Sistem kelistrikan yang harus diperiksa adalah bagian aki, sekring mobil, kunci kontak, jarum atau indikator bensin, dan pelampung.

4. Periksa Speedometer

Apabila tidak ada masalah pada sistem kelistrikan yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa jadi sumber masalah terletak pada speedometer. Beberapa persoalan seperti kabel putus atau mekanis yang lengket karena air masuk menjadi penyebab indikator bensin mati.

5. Periksa PCB

Periksa bagian PCB dengan membuka sensornya dan lihat apakah garis PCB sudah berkarat atau tidak. Garis PCB yang berkarat bisa menurunkan fungsi indikator bensin mobil. Faktor utama yang membuat PCB berkarat adalah mobil terendam air banjir.

6. Periksa bagian sambungan kabel

Cara memperbaiki indikator bensin mobil mati yang terakhir adalah dengan memeriksa bagian sambungan kabel yang terhubung ke tangki bahan bakar. Periksa apakah ada masalah perkabelan di sana atau tidak.

Itulah penyebab indikator bensin mobil mati dan cara memperbaikinya. Agar mobil selalu memiliki performa mesin mobil yang prima, OtoFriends harus rutin melakukan servis berkala di bengkel mobil terdekat.

Pertanyaan Seputar Indikator Bensin Mobil Mati

Penyebab indikator bensin mobil mati di antaranya karena kabel yang putus, kerusakan pada pelampung bensin, kerusakan pada kumparan indikator bensin mobil, sampai sudah saatnya ganti indikator bensin mobil.

Cara memperbaiki indikator bensin digital mobil mati di antaranya memeriksa aki mobil, pelampung pada tangkin bensin, sistem kelistrikan, memeriksa speedometer, PCB dan sambungan kabel.

OtoFriends bisa mengetahuinya dengan melihat apakah indikator bensin mobil naik turun, indikator bensin mobil berkedip terus, atau indikator bensin tidak bergerak.