Mobil BMW 320i merupakan salah satu mobil sport dengan tampilan mewah dan menawan. Karenanya, mobil ini termasuk premium sehingga tidak banyak orang yang bisa memiliki mobil tersebut.

Walaupun demikian, bukan berarti OtoFriends tidak bisa memiliki mobil mewah satu ini. Tentu saja dibutuhkan usaha keras dan berbagai hal lain untuk memperoleh mobil tersebut.

Spesifikasi Lengkap BMW 320i

Jika OtoFriends berminat memiliki mobil mewah ini maka ketahuilah spesifikasi lengkap BMW 320i secara lengkap, seperti:

Dimensi

BMW 320i baru memiliki dimensi yang cukup besar dengan spesifikasi lengkapnya berupa:

  • Tinggi 1.429 mm
  • Panjang 4.633 mm
  • Lebar 1.811 mm
  • Jarak terendah 140 mm
  • Jarak sumbu roda 2.810 mm

Mesin

Hal lain yang cukup penting dan wajib OtoFriends ketahui adalah detail mesin yang dipakai pada mobil ini. Mobil ini menggunakan mesin dengan 1.998 cc. 

Tipe drive yang digunakan adalah rear wheel drive (RWD) dan konfigurasi mesin berupa 2.0 liter BMW TwinPower Turbo dengan twin scroll turbocharger, valvetronic, double VANOS dan high precision injection.

Kemudian, mesin mobil ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya dengan kapasitas tangki maksimal sebanyak 59 liter. Jumlah silinder mesin sebanyak 4 dengan konfigurasi transmisi automatic dengan 8-speed steptronic sport transmission.

Baca juga: 13 Mobil Sedan Terbaik di Kelasnya, Mewah dan Berkelas

Performa

Detail mesin di atas ternyata menghasilkan performa yang sangat baik. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 135 kw (184 PS) atau setara dengan 5.000-6.500 rpm. Sedangkan dari sisi torsi mesin yang ada menghasilkan 300 Nm yang setara dengan 1.350-4.000 rpm.

Mobil ini menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. Sedangkan kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 235 km/jam. Jadi, tidak heran jika mobil satu ini juga masuk dalam kategori sport yang stylish namun memiliki tenaga yang besar.

Eksterior

Selain tampilan yang memukau, BMW 320i ini juga dilengkapi dengan fitur eksterior yang baik. Contohnya saja pada lampu depan telah menggunakan lampu kabut LED dengan lampu utama memakai fitur laser light yang dapat menerangi jalan dengan baik. Lampu belakang mobil tersebut menggunakan LED dengan kualitas tinggi.

Kaca spion pada mobil mewah ini memakai teknologi electric retractable mirror yang beroperasi sesuai dengan pengaturan yang ada di interior mobil. Anda bisa mengaturnya dengan mudah sehingga berkendara menjadi lebih aman.

Velg dan Ban

Velg yang digunakan pada mobil berukuran 19 inch yang terbuat dari alloy wheel. Kemudian ukuran ban depan 225/40 sedangkan ban belakang berukuran 255/35.

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Safety

Baik BMW 320i bekas ataupun baru telah menggunakan teknologi keamanan yang canggih. Untuk mencegah maling, mobil satu ini disematkan anti theft system berupa alarm serta engine immobilizer yang akan mematikan mesin ketika kunci yang masuk bukan yang original atau sesuai dengan galur pada kunci aslinya.

Kemudian, dari sisi keselamatan aktif BMW 320i menyediakan berbagai fitur menarik, seperti:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Vehicle stability control system

Lalu, dari sisi keamanan pasif, mobil ini menyediakan berbagai fitur utama yang canggih, seperti:

  • ISOFIX
  • Child safety locks
  • Airbag system yang tersedia pada 6 bangku dan terletak pada sisi depan, samping kursi.

Kelebihan BMW 320i

BMW 320i lama maupun yang baru memiliki segudang kelebihan yang harus Anda pertimbangkan, seperti:

  • Tampilan mobil yang sporty namun tetap elegan. Bahkan orang awam yang melihat mobil ini akan menyadari bahwa BMW 320i merupakan salah satu mobil mewah yang tidak bisa dimiliki oleh banyak orang.
  • Interior yang digunakan pada mobil memiliki kualitas yang tinggi serta dilengkapi dengan fitur dan teknologi yang mutakhir.
  • Fitur keselamatan yang tersedia cukup mumpuni dan bekerja baik menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya.
  • Mesin bandel dengan tarikan yang sangat kuat.
  • Fitur yang tersedia sangat melimpah baik itu pada eksterior, mesin maupun interiornya.
  • Transmisi ringan sehingga penggunaannya menjadi lebih mudah.
  • Bagasi yang tersedia cukup luas dan cocok digunakan untuk bepergian jika dibutuhkan.

Kekurangan BMW 320i

Walaupun demikian, mobil canggih ini tetaplah memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membelinya nanti. Adapun beberapa kekurangan tersebut seperti:

  • Biaya perawatan mobil cukup mahal terutama spare part-nya.
  • Ground clearance mobil ini agak rendah.
  • Terkadang suara bising pada ban sering terdengar ketika berkendara.
  • Mobil ini memiliki fitur menarik namun bagian atas cluster instrumennya justru menjadi penghambat karena bisa membuat pengemudi silau.
  • Terkadang pengoperasian fitur yang banyak justru membuat pengemudi dan penumpang menjadi bingung.

Baca juga: Ban Mobil Sedan: Tekanan Angin Ideal, Ukuran, dan Pilihannya

Harga BMW 320i

BMW 320i harga memang cukup mahal. Karena bagaimanapun juga seri BMW memang tergolong mobil mewah yang berkelas, menawan dan elegan. Mobil ini dibanderol antara Rp837 juta hingga Rp1,15 milyar.

Versi BMW 320i biasa dibanderol sebesar Rp837 jutaan. Namun, untuk BMW 3 Series Sedan 320i M Sport dihargai sebesar Rp1,04 milyar. Kemudian ,untuk versi BMW 3 Series Sedan 330i M Sport Pro dibanderol sebesar Rp1,15 milyar.

Mobil mewah dengan performa menawan haruslah terawat dengan baik. Pastikan OtoFriends menggunakan bengkel yang bekerjasama dengan Otoklix.com. Karena, bengkel yang masuk list di situs ini memiliki kualitas pekerjaan, pekerja dan harga yang sesuai. Jadi, performa mobil dapat terjaga sebaik mungkin.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW 320i

Mobil ini merupakan series BMW 3 Series sedan 320i yang memiliki 5 kursi.

Berbeda dengan mobil sport kebanyakan, mobil BMW 320i cukup hemat BBM karena penggunaan 1 liter BBM setara dengan perjalanan sejauh 15,9 km.

BMW 320i harga memang cukup mahal dan dibanderol antara Rp837 juta hingga Rp1,15 milyar. Versi BMW 320i biasa dibanderol sebesar Rp837 jutaan. Namun, untuk BMW 3 Series Sedan 320i M Sport dihargai sebesar Rp1,04 milyar. Kemudian ,untuk versi BMW 3 Series Sedan 330i M Sport Pro dibanderol sebesar Rp1,15 milyar.